Inilah dia, 5 Jenis Varietas padi produksi tertinggi yang mampu menghasilkan diatas 10 ton/ha GKP | Klik Tani

Inilah dia, 5 Jenis Varietas padi produksi tertinggi yang mampu menghasilkan diatas 10 ton/ha GKP

varietas padi produksi tertinggi
Varietas Padi Produksi tertinggi - kliktani.com. Banyak sekali kami jumpai para petani menanam padi dengan hanya mengandalkan satu varietas padi saja tanpa mau mencoba varietas lain.

Padahal sudah sangat banyak sekali pilihan varietas padi yang beredar, mulai dari varietas padi tahan wereng, varietas padi tahan rebah, varietas padi tahan potong leher, dan varietas padi produksi tertinggi.

Dan kali ini Kliktani.com mencoba membahas tentang salah satu varietas padi diatas, yaitu "Varietas Padi Produksi Tertinggi".

Berbicara mengenai varietas padi produksi tinggi, masih banyak sekali petani padi yang belum mengetahui tentang adanya jenis varietas padi ini. Varietas padi produksi tertinggi di Indonesia pernah mencapai 25 ton/ha yang di catat oleh varietas padi HMS pada tahun 2012 silam.

Terlepas benar atau tidaknya berita varietas padi produksi tertinggi yang di buat oleh varietas padi HMS tersebut, kini sudah banyak beredar varietas padi dengan tingkat produksi yang cukup tinggi yang di keluarkan oleh BBPADI selaku organisasi pemerintah yang menangani benih - benih padi unggul.

Meski potensi hasil padi unggul ini tidak mampu menyamai perolehan padi HMS, Namun potensi dari varietas padi produksi tinggi yang akan kami bajad ini mampu mencapai diatas 10 ton/ha.

Berikut ini adalah 5 jenis varietas padi produksi tertinggi yang berpotensi mampu menghasilkan diatas 10 ton/ha, baik itu padi unggul ataupun padi galur lokal.

1. Varietas Padi Hibrida

Hampir semua Varietas padi Hibrida memiliki potensi hasil tertinggi diatas 10 ton/ha, karena varietas padi hibrida di hasilkan dari benih yang telah diperlakukan secara khusus, dan hanya bisa di gunakan untuk satu kali tanam.

Padi Hibrida selain menjadi varietas padi produksi tertinggi, juga memiliki kelebihan dengan daya tahannya terhadap penyakit padi seperti jamur dan bekateri.

Padi Hibrida memiliki berbagai macam vatietas seperti, Padi Mapan 05, Padi Sembada, Padi Hipa, Padi Ceva, dan lain-lain.

2. Varietas Padi Sertani 14

Padi Sertani 14 menjadi salah satu varietas padi produksi tertinggi, potensi hasil padi Sertani 14 yang bisa mencapai 15 ton/ha menjadi varietas padi yang paling banyak di cari oleh para petani.

Selain sebagai varietas padi produksi tertinggi, padi Sertani 14 di claim oleh penemunya, mampu mengobati dirinya sendiri ketika terkena serangan penyakit.

3. Varietas Padi Ciherang 600

Varietas padi Ciherang 600 menjadi salah satu dari 6 varietas padi ciherang yang paling banyak di buru oleh para petani padi di Indonesia.

Padi Ciharang 600 atau juga disebut sebagai padi C600 ini, memiliki 600 bulir padi tiap malainya, sehingga tidak heran jika potensi padi Ciherang mencapai 13 ton/ha.

Potensi yang melebihi 10 ton ini menjadikan varietas padi C600, menjadikan padi ini sebagai varietas padi produksi tertinggi diantara jenis varietas padi Ciherang lainnya.

4. Varietas Padi Inpari 32 HDB

BBPADI yang pertama kali mengeluarkan varietas padi Inpari 32 HDB menyebutkan potensi padi ini hanya 9,7 ton tiap hektare sawahnya, namun kliktani.com pernah menanam padi ini pada sawah seluas setengah hektare dan mampu menghasilkan 5,8 ton GKP.

Meski hanya memiliki kurang dari 200 bulir padi pada tiap malainya, namun padi Inpari 32 memiliki bulir padi dengan diameter yang cukup besar, sehingga membuat padi ini memiliki bobot yang berat, dan mentahbiskan padi ini menjadi  golongan varietas padi produksi tertinggi.

5. Varietas Padi Kabir 07

Padi Kabir 07 adalah padi galur lokal dari Kabupaten Bireun Aceh, padi ini banyak mendapat perhatian yang luas dari petani padi Indonesia karena potensi yang mencapai 15 ton/ha.

Karena potensinya yang tinggi menjadikan padi kabir 07 sebagai satu - satunya padi galur yang masuk kedalam varietas padi produksi tertinggi.

Kesimpulan
Potensi hasil yang tinggi dari varietas padi produksi tertinggi pun akan nihil jika tanaman padi tidak dirawat dengan baik. Proses perawatan, pemupukan dan pengendalian hama / penyakit menjadi kunci keberhasilan dari seorang petani padi.

Demikianlah " 5 Jenis Varietas Padi Produksi Tertinggi, Yang mampu menghasilkan diatas 10 ton GKP.  Terima kasih

Subscribe to receive free email updates: