Pengertian Pestisida, Fungisida, Herbisida, Insektisida, dan jenis bahan kimia lainnya. - kliktani.com

Pengertian Pestisida, Fungisida, Herbisida, Insektisida, dan jenis bahan kimia lainnya.

jenis jenis pestisida
Selama ini kita sebagai petani tidak lepas dari berbagai macam bahan kimia dalam proses pertanian kita sehari-hari, namun banyak diantara kita masih belum mengerti tentang jenis racun yang kita gunakan dalam mengantisipasi gangguan hama dan penyakit.

Banyak diantara kita tidak mengetahui tentang perbedaan fungisida dengan herbisida, atau perbedaan insektisida dengan fungisida. Kita hanya beranggapan bahwa semua jenis obat-obat tersebut adalah sama, padahal setiap jenis racun tersebut berbeda target sasarannya.

Pestisida adalah racun kimia yang berfungsi untuk mengendalikan organisme pengganggu tanaman (OPT), Baik itu berupa Hama atau Penyakit yang menyerang tanaman.

Pestisida sendiri dibagi menjadi beberapa golongan antara lain: Insektisida, Fungisida, Herbisida, Rodentisida, Molustisida, Nematosida, dan lain-lain.

Masing-masing racun tersebut mempunyai pengertian yang berbeda-beda, seperti pengertian fungisida yang berfungsi untuk membunuh jenis hama cendawan atau jamur. Namun sebelum kita bahas tentang jenis-jenis pestisida, sebaiknya kita bahas dahulu tentang sifat pestisida.

Secara keseluruhan ada empat  sipat pestisida yang sering digunakan oleh para petani di Indonesia dalam pengendalian hama dan penyakit, Ke empat sipat Pestisida itu adalah: racun kontak, sistemik, racun pernapasan, dan racun lambung.

Baca juga Biar blass cepet bablas gunakan cara ini


  • Racun kontak yaitu  racun yang apabila terkena langsung oleh serengga akan langsung bereaksi pada serangga tersebut, racun ini efektif untuk pengendalian hama yang berpindah-pindah seperti walang sangit dan wereng.
  • Racun Sistemik yaitu  racun yang tidak secara langsung berdampak kepada hama sasaran, jenis racun ini bekerja secara perlahan karena akan masuk dahulu kedalam serat-serat tanaman, sehingga hama yang berada disekitar tanaman lama kelamaan akan terpapar racun tersebut dan kemudian mati.  racun ini cocok untuk hama ulet penggerek batang.
  • Racun Pernapasan yaitu  racun yang apabila terhirup oleh hama tertarget akan merusak sistem penapasan, racun ini cocok di gunakan dalam mengantisifasi hama gudang.
  • Racun Lambung, Racun ini akan menyerang hama apabila hama tersebut memakan daun atau batang yang telah terpapar oleh racun tersebut.
Berdasarkan jenis sasarannya Pestisida dibagi menjadi beberapa jenis, sesuai dengan kelompok atau golongannya.
  1. Insektisida, adalah jenis racun kimia yang diperuntukan khusus mengendalikan  hama jenis serangga. contohnya walang sangit, lembing, wereng, dan lain - lain.
  2. Herbisida, adalah jenis racun kimia yang diperuntukan khusus dalam mengendalikan hama golongan gulma (Jenis rumput)
  3. Fungisida,  adalah jenis racun kimia yang diperuntukan khusus pembasmi jamur, seperti blas pada padi atau panu pada manusia.
  4. Bakterisida, adalah jenis racun kimia khusus pembunuh bakteri seperti hawar daun/kresek pada padi
  5. Rodentisida, adalah jenis racun kimia khusus pembunuh hama pengerat seperti tikus.
  6. Moluskisida, adalah jenis racun kimia khusus pembunuh hama jenis moluska seperti, Keong dan kerang.
  7. Nematisida, adalah jenis racun kimia khusus pembunuh hama jenis cacing-cacingan

Demikianlah artikel tentang pengertian pestisida, fungisida, Herbisida, Insektisida, dan lain - lain. Yang tidak kalah pentingnya adalah mengenali jenis pestisida asli atau palsu, agar anda tidak tertipu saat membelinya.

Untuk mengecek pastisida, fungisida, herbisida, insektisida asli atau palsu silakan cek disini

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

3362