Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Padi SERTANI 14, Mari Sejahterakan Petani (MSP)

padi MSP, MSP 1, MSP 13, MSP 14, Sertani modif. penemu sertani, padi sertani, padi sertani cocok, kelebihan padi sertani, kekurangan padi sertani,
Berbicara padi sertani 14 atau MSP memang semakin menarik akhir-akhir ini, karena banyak sekali keunggulan padi sertani 14 di banding vareiatas padi lainnya yang tersebar di Indonesia, sehingga banyak petani di seantero Indonesia yang mencoba menanam padi sertani 14 ini.

Sang penemu padi sertani 14 adalah sang pemulia padi dari Lampung yaitu Bp. Surono Danu yang pernah di undang diacara Talk Show Kick Andy yang disiarkan di Metro TV. Dia bercerita bahwa dia tidak akan memakan padi sertani  14 sebelum semua rakyat Indonesia memakannya. Salah satu cita-cita Bp Surono Dano adalah ingin mensejahterakan petani Indonesia lewat padi sertani dan mampu menciptakan swasembada beras yang lama di gaungkan oleh pemerintah.
Kehadiran padi sertani 14 memang memberi angin segar bagi pemerintah yang ingin menciptakan swasembada pangan, dengan karakteristik padi sertani 14 yang tahan di segala kondisi lahan (kering ataupun sawah irigasi). Di awal kemunculannya padi sertani ini mampu mencapai 16 ton/ha padi GKP di lahan kering, seperti yang di ungkap oleh situs Oksigen pertanian.

Di banding dengan varietas padi jenis lain  varietas padi sertani 14 memang menjadi rajanya padi unggul lainnya. Misalnya kita bandingkan dengan padi varietas Kabir yang hanya cocok di tanam di sekitar Aceh saja sedangkan untuk varietas padi Sertani  14 cocok ditanam di seluruh Nusantara.

Padi sertani 14 sangat di cocok disemua musim tanam, padi ini juga memiliki kelebihan dengan lebih tahan terhadap serangan penyakit padi, dan juga masa tanam yang cukup singkat sekitar 105 hari berbeda dengan  padi umumnya yang mempunyai masa tanam sekita 120n hari.

Klik di sini untuk mengetahui Karakteristik dan spesifikasi padi Sertani.