Padi MSP, Misi swasembada pangan | Klik tani

Padi MSP, Misi swasembada pangan

padi MSP, MSP 1, MSP 13, MSP 14, Sertani modif. penemu sertani, padi sertani, padi sertani cocok, kelebihan padi sertani, kekurangan padi sertani,
Berbicara padi sertani atau MSP memang semakin menarik akhir-akhir ini, karena banyak sekali keunggulan di banding vareiatas padi lainnya yang terseber di Indonesia, sehingga banyak petani di seantero Indonesia yang menyelidiki dan menanam padi sertani ini.

Sang penemu padi sertani adalah sang pemulia padi dari Lampung yaitu Bp. Surono Danu yang pernah di undang diacara Talk Show Kick Andy yang disiarkan di Metro TV. Dia bercerita bahwa dia tidak akan memakan padi sertani sebelum semua rakyat Indonesia memakannya. Salah satu cita-cita Bp Surono Dano adalah ingin mensejahterakan petani Indonesia lewat padi sertani dan mampu menciptakan swasembada beras yang lama di gaungkan oleh pemerintah.
Kehadiran padi MSP memang memberi angin segar bagi pemerintah yang ingin menciptakan swasembada pangan, dengan karakteristik padi sertani yang tahan di segala kondisi lahan (kering ataupun sawah irigasi). Di awal kemunculannya padi sertani ini mampu mencapai 16 ton/ha padi GKP di lahan kering, seperti yang di ungkap oleh situs Oksigen pertanian.

Di banding dengan varietas padi jenis lain padi sertani memang menjadi rajanya varietas padi unggul lainnya. Misalnya kita bandingkan dengan padi varietas Kabir yang hanya cocok di tanam di sekitar Aceh saja sedangkan untuk varietas padi Sertani cocok ditanam di seluruh Nusantara.

Padi sertani sangat di cocok disemua musim tanam, padi ini juga memiliki kelebihan dengan lebih tahan terhadap serangan penyakit padi, dan juga masa tanam yang cukup singkat sekitar 105 hari berbeda dengan  padi umumnya yang mempunyai masa tanam sekita 120n hari.

Klik di sini untuk mengetahui Karakteristik dan spesifikasi padi Sertani.

Subscribe to receive free email updates: