Hazton, Tekhnik bertani padi jaman now. | Klik tani

Hazton, Tekhnik bertani padi jaman now.

Belum banyak yang mengetahui tehnik bercocok tanam dengan metode hazton, hal ini dapat dilihat dari banyaknya petani yang masih menanam padi dengan  menggunakan tehnik konvensional karena minimnya informasi yang petani dapat.

Tehnik haston merupakan tehnik baru dalam bercocok tanam padi yang ditemukan oleh Ir. H. Hazairin dan Anton Kamarudin, Sp.M.Si, Nama Hazton adalah akronim dari kedua nama penemunya. Dengan penemuan tehnik ini petani padi bisa memaksimalkan hasil tanam hingga 75% lebih banyak.

Tehnik Hazton adalah suatu system tanam padi dengan menggunakan bibit tua yaitu bibit berusia 25-35 hari dan penanamannya dilakukan setiap lubangnya 20-30 batang padi. Tujuannya adalah agar tanaman lebih produktif dengan cara mengurangi anakan padi.


Dengan system tanam 20-30 batang dalam satu lubang bertujuan agar tanaman yang ditengah terjepit sehingga tanaman padi tidak beranak dan membuat tanaman induk menjadi produktif. Selain meningkatkan hasil pertanian tehnik haston juga memiliki beberapa ke untungan diantaranya mempercepat masa panen hingga 15-20 hari, tanaman padi lebih kuat terhadap serangan hama terutama hama keong mas, tanaman tidak mudah stres dan lain-lain.

Selain kelebihan yang kami sebutkan diatas tehnik haston juga memiliki kelemahan karena memang sudah menjadi hukum alam setiap sesuatu yang memiliki kelebihan pasti juga memiliki kekurangan, begitu juga dengan system ini. System ini memiliki beberapa kekurangan diantaranya harus menyediakan bibit lebih banyak dan penggunaan pupuk organik dan Anorganik menjadi bertambah.

Subscribe to receive free email updates: