Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Obat Stimulus Buah Padi Yang Bagus (ZPT) Agar Malai Padi Menjadi Panjang Dengan Bulir Terisi Full dan Berbobot

obat bulir padi
Obat Stimulus (perangs4ng) buah padi  yang bagus menjadi salah satu obat bulir padi yang sangat penting bagi para petani padi, guna membuat bulir - bulir padi menjadi lebih berisi dan cepat panen, Bukan hanya itu saja, dengan menggunakan obat stimulus buah padi yang bagus maka malai akan memanjang, dan terisi full. sedangkan gabah yang dihasilkan menjadi lebih berat (bernas).

Seperti yang kami sampaikan diatas, Agar tanaman padi anda bisa menghasilkan malai yang panjang dengan bulir - bulir padi yang terisi semuanya, maka dibutuhkan 2 jenis obat, yang pertama obat bulir padi yang bagus, dan yang kedua adalah obat perangsang buah padi yang bagus juga.

1. Memperpanjang malai dan pengisian bulir padi yang full


Untuk urusan memperpanjang malai, dan pengisian bulir padi yang full. Obat yang tepat adalah dengan menggunakan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh). ZPT bisa digunakan ketika tanaman padi berada pada fase vegetatif atupun fase generatif.

Ketika tanaman padi berada pada fase vegetatif atau fase anakan padi, penggunaan ZPT akan membantu pertumbuhan akar sehingga akan merangsang tanaman padi untuk menambah dan memperbanyak jumlah anakan padi.

Artikel terkait.
Cara memperbanyak anakan padi yang  jarang di ketahui.
Ssssttt... Varietas Padi ini punya gelar istimewa loh.
6 varietas padi ciherang yang banyak di buru oleh petani

Penggunaan ZPT pada saat padi berada di fase generatif atau masa padi bunting, akan kembali merangsang akar dan menyerap hara lebih cepat, sehinga akan memperkuat batang tanaman (sehingga tanaman tidak mudah roboh), memperpanjang malai, dan pengisian bulir padi menjadi terisi semua.

Dengan demikian penggunaan ZPT pada tanaman padi sangat cocok digunakan sebagai obat padi bunting atau sebagai obat penambah anakan padi.

Zat Pengatur Tumbuh bisa dibeli di toko - toko pertanian di daerah sekitar anda dengan berbagai merk dan harga yang bervareatif, berikut beberapa merk ZPT yang banyak di gunakan oleh para petani seperti, Bigest 40EC, Gibgro 20TB, Betagib, dan Supergib.


a. ZPT Bigest 40EC


zpt bigest

Bigest 40EC adalah Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) berbentuk cairan putih bening dengan bahan aktif Asam Gibberellat, ZPT ini untuk mempercepat pertumbuhan tanaman padi, cabai, tomat, dan lain - lain, Harga obat perangsang bulir padi ini sekitar Rp. 30.000 ukuran 10 ml.

b. ZPT GibGro 20TB

zpt gibgro

GibGro 20 TB adalah zat pengatur tumbuh tanaman berbahan aktif Asam Gibberellat 20 % yang berbentuk tablet berwarna kekuning - kuningan. Fungsi obat perangsang buah padi ini antara lain: Meningkatkan jumlah gabah permalai dan meningkatkan hasil gabah perumpun. harga dari obat bulir padi ini berkisar Rp. 35.000 untuk 1 tiap tablet GibGro 20TB.

c. ZPT Betagib dan ZPT Supergib


Kedua ZPT ini hampir sama dengan GibGro yang berbentuk tablet dan berbahan aktif Gibberallat. Bisa di bilang ZPT Betagib dan ZPT SuperGib ini adalah KW 1 dari ZPT GibGro, Karena obat perangsang tanaman padi ini memiliki harga yang lebih murah sekitar Rp. 20.000 / tablet.

2. Menambah bobot padi dengan obat bulir padi


Obat bulir padi yang bagus agar menambah bobot padi adalah, dengan menggunakan fungisida. Sebagai mana fungsinya, fungsi fungisida adalah membasmi jenis - jenis jamur atau cendawan yang menyerang pada daun, batang, akar, malai, maupun bulir padi.

Anggota tubuh tanaman padi yang terkena jamur akan menghambat proses fotosintesis sehingga pengisian bulir - bulir padi akan melambat, efeknya bulir tidak terisi full, dan lebih parahnya lagi tanaman padi yang terkena jamur akan menurunkan bobot padi meski bulir telah terisi sempurna.

Artikel Terkait
Fungisida Terbaik! Pengendali Gosong Palsu
Sistem Pertanian Organik Berbasis Bio Tekhnologi Mikroba

Fungisida bisa digunakan pada kedua fase  tumbuh tanaman padi, baik itu saat fase anakan atau fase padi bunting, jika fungisida di gunakan pada saat fase generatif maka sama saja fungisida tersebut menjadi obat penambah bobot padi.

Untuk lebih lengkap tentang cara menambah bobot padi silakan anda klik disini. Di artikel tersebut kami menuliskan step by step membuat padi berbobot dengan mudah dan efektif, serta ulasan singkat tentang fungisida yang bagus untuk menambah bobot padi.

Demikianlah tulisan tentang "obat stimulus buah padi (ZPT) agar malai padi menjadi panjang dengan bulir terisi full dan berbobot". Anda juga bisa membaca postingan terbaru kami tentang Daftar Terbaru ZPT Terbaik Untuk Padi. Jangan segan untuk membagikan tulisan ini, dengan menekan salah satu ikon media sosial yang anda ikuti, karena kebaikan akan selalu berbuah manis kepada orang - orang yang suka berbagi.  Terima Kasih