6 Varietas Padi Ciherang Yang Banyak Diburu oleh Petani | Klik tani

6 Varietas Padi Ciherang Yang Banyak Diburu oleh Petani

padi ciherang

Di Indonesia siapa petani padi yang tak kenal dengan varietas padi ciherang, Jawabannya pasti semua tahu tentang varietas padi ciherang, Karena memang hampir semua petani mengetahui varietas padi ini, bahkan mungkin juga pernah mencoba menanam padi Ciherang.

Padi ciherang menjadi salah satu varietas padi yang paling banyak di budidayakan oleh para petani, bukan tanpa sebab, cara merawat padi Ciherang memang tergolong mudah dan menguntungkan.

Selain faktor mudahnya dalam menanam padi ciherang, faktor lain yang membuat banyak petani memilih menanam padi ciherang adalah ketangguhan padi ciherang dalam menghadapai segala musim tanam, baik musim hujan maupun musim kemarau.

Jadi tidak heran jika varietas padi Ciherang sampai saat ini masih kuat melawan gempuran padi unggul, ataupun padi galur lokal manapun yang banyak bermunculan akhir - akhir ini.

Untuk deskripsi padi Ciherang anda bisa lihat gambar di bawah ini.
deskripsi padi ciherang

Seiring waktu dan makin banyaknya pemulia padi yang menangkarkan benih padi ciherang, maka banyak bermunculan benih padi Ciherang dengan berbagai macam merk benih padi Ciherang, Seperti padi ciherang Janger, Padi Ciherang SS, Padi Ciherang Jumbo, Padi Ciherang Super, Padi Ciherang Putih, dan Padi Ciherang Dempo.

1. Varietas Padi Ciherang Janger

padi ciherang janger

Salah satu jenis turunan dari padi ciherang adalah varietas padi ciherang janger. Padi Ciherang jenis ini banyak sekali di cari oleh para petani karena desas - desus yang beredar, kemampuannya dalam menghasilkan gabah kering panen rata-rata sebanyak 9 ton/ha.

Varietas padi ciherang Janger termasuk kedalam kelas padi ciherang premium, benih padi ciherang janger dikembangkan dan di produksi oleh penangkaran benih JANGER.

Pemupukan padi ciherang janger dilakukan 3 kali pemupukan dengan 2 jenis pupuk yang berbeda, yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik. Untuk waktu dan Dosis pemupukan padi yang tepat dan ideal anda bisa lihat disini.

Usia tanam padi ciherang janger tergolong genjah, sekitar 95 - 105 Hari Setelah Tanam sudah bisa di panen, dengan catatan selama masa perrumbuhan padi ciherang janger tidak terkena penyakit dan hama.

Jumlah anakan padi ciherang janger menjadi salah satu keunggulan padi ini yang mampu mencapai 35 - 40 / rumpun, selain itu keunggulan lain padi ciherang janger terletak pada malainya yang panjang dan bulir padi yang banyak mencapai 350 - 400 / malai.

Jika perawatan padi ciherang janger ini dilakukan dengan benar, maka tidak menutup kemungkinan mampu menghasilkan 13 ton/ha tiap panennya.

Artikel terkait
Cara menanam berbagai jenis varietas padi ciherang dengan hasil melimpah
Daftar Varietas padi tahan wereng
Perbedaan antara hama putih dengan hama putih palsu

2. Varietas Padi Ciherang SS.

padi ciherang ss

Padi Ciherang SS menjadi salah satu varietas padi ciherang yang termasuk kedalam kelas premium, Benih padi Cihetang sudah banyak di kembangkan oleh penangkar benih di seluruh Indonesia.

Dalam merawat padi ciherang SS tidaklah sulit, bahkan ketahanan padi ini terhadap penyakit jamur padi tergolong unggul, selain cara perawatan yang mudah, cara pemupukan padi Ciherang SS  juga tidak berbeda dengan Padi Ciherang pada umumnya, yang di lakukan 3 kali pemupukan.

Umur tanam padi Ciherang SS sampai panen bisa mencapai 125 HST, meski masa tanam lebih lama dari ciherang janger namun ketahanannya terhadap penyakit bisa menutupi itu.

Potensi hasil padi ciherang SS bisa mencapai 12 ton/ha dengan hasil rata-rata 8 ton/ha gabah kering panen. Namun jika padi ini menggunakan jarak tanam jajar legowo ganda, maka tidak mustahil mampu mencapai 10 ton/ha gabah kering panen.

Maka bagi anda yang menanam padi ini kami rekomendasikan untuk jarak tanam padi ciherang SS adalah dengan menarapkan jarak tanam legowo 2:1, hal ini bertujuan agar pemupukan padi ciherang SS ini tidak terlalu berlebihan, karena bisa menyebabkan padi ini menjadi roboh, karena memang batang pohon padi varietas ciherang SS yang kurang kokoh menahan bobot padi.

3. Varietas Padi Ciherang Super

padi ciherang super c600

Varietas Padi ciherang super atau juga di sebut dengan padi ciherang 600 (C600) oleh sebagian petani, padi C600 ini memiliki keunggulan dalam jumlah bulir tiap malainya yang mencapai 600 bulir, mangkanya varietas padi ciherang ini disebut cuherang super karena jumlah bulirnya yang sangat banyak.

Keunggulan varieyas padi ciherang 600 juga terletak pada daya tahannya terhadap serangan jamur padi yang sering menyerang tanaman padi pada akhir - akhir ini. Selain itu juga masa tanam padi C600 juga tergolong genjah yang hanya memerlukan masa tanam 110 HST.

Jika pada masa pertumbuhan sampai masa panen varietas padi ciherang super tidak mengalami serangan hama dan terkena penyakit, padi Ciherang 600 berpotensi mencapai hasil 11 ton/ha gabah kering panen.

4. Varietas Padi Ciherang Jumbo


Diberi nama padi ciherang jumbo karena salah satu varietas ciherang ini memiliki bulir - bulir yang besar di bandingkan dengan varietas ciherang yang lainnya.

Baik masa tanam, perawatan, ataupun pemupukan padi ciherang jumbo itu sama dengan padi lainnya. Untuk potensi hasil Padi ciherang jumbo memiliki keunggulan yang mencapai 10 ton/ha.

5. Varietas Padi Ciherang Putih

Padi ciherang putih memiliki ciri yang berbeda dari pada padi ciherang lain, yaitu terlihat ketika malai yang baru keluar akan berwarna putih seperti padi terkena beluk.

Ciherang putih memiliki keunggalan terhadap serangan penyakit jamur yang rentan terjadi di saat musim pancaroba, jadi menanam padi ciherang putih cocok dilakukan saat masa tanam pada cuaca tak menentu.

Potensi hasil padi ciherang putih mencapai 10 ton/ha dengan rata-rata hasil 7 ton/ha, dengan masa tanam sekitar 115 hari setelah tanam padi ini tergolong cukup genjah.

6. Varietas Padi Ciherang Dempo


Ciherang Dempo adalah benih padi ciherang yang  berasal dari penangkaran "Dempo", kualitas padi ciherang ini termasuk  kelas premium karena memiliki potensi hasil yang tinggi.

Keunggulan padi ciherang dempo ada pada masa tanam yang genjah dan cocok di tanam disemua musim tanam. Untuk ketahan terhadap penyakit padi ciherang dempo tahan terhadap jamur dan bakteri.

Demikianlah 6 varietas padi ciherang yang banyak di buru oleh para petani, semoga tulisan ini bermanfaat. Jangan sungkan untuk membagikan tulisan ini kepada taman-teman anda dengan menekan salah satu ikon media sosial dibawah ini, Karena kebaikan akan selalu berbuah manis kepada orang - orang yang suka berbagi. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: