Memanfaatkan Deterjen (Sunlight) Untuk Perekat Pestisida - kliktani.com

Memanfaatkan Deterjen (Sunlight) Untuk Perekat Pestisida


Memanfaatkan deterjen untuk perekat pestisida bukanlah hal baru yang di lakukan oleh para petani, menggunakan detergen seperti sunlight menjadi perekat sudah lumrah di gunakan sebagai pengganti perekat pestisida, namun apakah hal ini di anjurkan dan tidak memiliki dampak negatif bagi tanaman?.

Dalam menggunakan pestisida baik itu insektisida, fungisida, ataupun bakterisida, biasanya untuk menambah kekuatan daya tempel yang kuat, petani menggunakan sebuah perekat pestisda untuk mengoptimalkan kerja bahan aktif sebuah pestisida.

Penggunaan perekat pestisida biasa di gunakan ketika penyemprotan di musim hujan atau penyemprotan pada pagi hari (subuh), ketika tanaman banyak sekali embunnya.

Karena di kedua waktu ini intensitas sedang banyak-banyaknya, sehingga membuat pestisida mudah terbawa air, hal ini yang menyebabkan daya kerja pestisida menjadi tidak optimal.

Seperti yang kami sampaikan diatas banyak sekali petani yang menggunakan sunlight, mama lemon atau deterjen lain untuk perekat pestisida, hal memang betul, karena deterjen bisa di fungsikanuntuk perekat pestisida.

Namun sebenarnya memanfaatkan atau menggunakan deterjen sebagai perekat pestisida sebenarnya tidak dianjurkan, karena akan berdampak buruk terhadap tanah dan lingkungan sekitar.

Karena sesungguhnya, limbah yang dihasilkan deterjen sangat merusak lingkungan. Karena deterjen merupakan hasil sampingan dari proses penyulingan minyak bumi yang diberi berbagai tambahan bahan kimia, seperti bahan pembersih (surfaktan), alkyl benzene (ABS) yang berfungsi sebagai penghasil busa, abrasif sebagai bahan penggosok, bahan pengurai senyawa organik, oksidan sebagai pemutih dan pengurai senyawa organik, enzim untuk mengurai protein, lemak atau karbohidrat untuk melembutkan bahan, larutan pengencer air, bahan anti karat dan yang lainnya.

Berdasarkan penelitian lebih lanjut, diketahui ABS ternyata mempunyai efek buruk terhadap lingkungan, yaitu sulit diuraikan oleh mikroorganisme. Sehingga sisa limbah deterjen yang dihasilkan setiap hari oleh rumah tangga akan menjadi limbah berbahaya yang mengancam stabilitas lingkungan hidup.

Kesimpulan

Jadi memanfaatkan detergen sebagai perekat pestisida itu dilarang karena dampaknya akan merusak tanah yang notabenenya adalah unsur terpenyimng dalam budidaya tanaman, Namun jika anda ingin tetap menggunakan sunlight untuk perekat pestisida maka, gunakanlah dengan bijak atau sesuaikan dengan dosis.

1 Response to "Memanfaatkan Deterjen (Sunlight) Untuk Perekat Pestisida"

  1. Salam Tani.
    Terimakasih atas info dan ilmu dari blog ini karena sangat bermanfaat bagi kami petani pemula.
    Jgn bosan berkarya dan berbagi ilmu.
    Terimakasih

    ReplyDelete

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan