5 Kegunaan Decis Untuk Tanaman Padi - kliktani.com

5 Kegunaan Decis Untuk Tanaman Padi


Manfaat dan Kegunaan Decis untuk tanaman padi, sudah di buktikan oleh para petani, untuk tanaman cabe kegunaan decis mampu membasmi hama kutu daun dan lalat buah, sedangkan untuk tanaman padi kegunaan insektisida decis mampu mengendalikan ulat penggulung batang dan daun.

Insektisida Decis merupakan pestisida yang memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan bagi tanaman seperti cabai, padi, anggrek, dan lainnya.

Insektisida dengan bahan aktif Dektametrin 25 % ini memiliki kinerja yang kuat dan cepat dalam menumpas hama, bukan hanya itu Decis juga bisa berfungsi sebagai penolak hama, sehingga hama tidak dapat kembali menyerangtanaman cabai ataupun padi.

Cara Kerja Insektisida Decis 25 EC.


Bahan aktif dektametrin yang terkandung pada Decis 25 Ec dapat berfungsi mengendalikan hama dengan bekerja membuka saluran natrium secara permanen, yang akan mengakibatkan saraf serangga terangsang secara terus-menerus.

Serangga yang terkena insektisida Decis akan mengalami kejang-kejang yang membuat sistem saraf serangga terganggu dengan memblokir saluran natrium impuls saraf ulat api.

Efek permanen yang ada pada Decis 25 EC, dapat dirasakan oleh serangga tersebut pada titik rangsangan saraf terus menerus, inilah yang akan menyebabkan kematian pada serangga.

5 Kegunaan Decis Untuk Tanaman Padi


Pemahaman hama dan penyakit pada tanaman padi perlu mendapat perhatian untuk mencegah dan menanggulangi adanya serangan pada tanaman padi padi.

Kerugian berupa penurunan produksi, kegagalan  hasil panen diakibatkan oleh adanya serangan hama dan penyakit.  Serangan dapat terjadi berupa infeksi pada benih, pembibitan, masa pertumbuhan, bahkan menjelang panen.

Beberapa hama dan penyakit pada tanaman padi yang umumnya menyerang tanaman padi di Kalimantan Tengah:

Penggerek batang adalah ulat yang hidup dalam batang padi. Hama ini berubah menjadi ngengat berwarna kuning atau coklat; biasanya 1 larva berada dalam 1 anakan.  Ngengat aktif malam hari.

Penggerek batang dapat merusak pertanaman padi sejak persemaian sampai matang. Bila tanaman masih muda, daun-daun tengah anakan yang rusak berwarna coklat dan mati. Bila kerusakan timbul setelah terbentuknya malai, maka malai berwarna putih (pertania.go.id)


 Berikut ini adalah 5 Keunggulan Insektisida Decis 25 EC.

1. Epektif Mengendalikan Hama Ulat


Bahan aktif decis berupa dektametrin 25% merupakan bahan aktif yang sangat ampuh dalam mengendalikan ulat, Baik itu ulat penggerek batang, ulat grayak, ataupun ulat penggulung daun.

Ketiga ulat ini sering menyerang tanaman padi, dan biasanya petani sedikit kesulitan jika menghadapi serangan hama ulat ini.

Insektisida Decis 25 EC mampu mengendalikan segala macam jenis ulat yang meyerang tanaman padi secara konstan, karena decis merupakan insektisida yang bersifat kontan sehingga efektif mengendalikan hama ulat seperti itu.

2. Memiliki Efek Anti Feeding


Insektisida Decis Memiliki keunggulan yang berupa efek anti feeding yang artinya, jikalaupun hama tidak mati meski sudah terkena pestisida ini, hama akan mengalami penurunan nafsu makan.

Sehingga hama menjadi tidak berbahaya bagi tanaman padi meski hama tersebut masih berada di batang, ataupun daun pada tanaman padi.

3. Memeiliki Efek Repellent


Efek Repellent adalah kemampuan sebuah pestisida untuk menghalau hama datang kembali, Efek refellent ini jarang sekali di miliki oleh pestisida lain, Sehingga tidak salah banyak petani mengunggulkan insektisida decis ini.

Efek Repellent juga memberi anti body yang kuat terhadap tanaman padi, yang membuat tanaman padi memiliki daya tahan yang kuat terhadap serangan hama.

4. Harga Decis


Semakin kesini harga sebuah pestisida semakin melambung tinggi, bahkan ada sebuah pestisida yang di bandrol dengan harga Rp. 600.000 untuk kemasan 250 ml. Namun, Harga yang fantastis tidak akan menjamin sebuah pestisida bisa bekerja secara optimal.

Di jual dengan harga Rp. 135.000 untuk ukuran 500 ml, insektisida decis terbilang cukup ekonomis, dengan keunggulan yang di miliki oleh Decis yang jarang dipunyai oleh pestisida lain. Harga decis malah terbilang sangat terjangkau, untuk kantong petani.

5. Dosis Decis


Dosis decis untuk sawah seluas 21 hektar membutuhkan dosis yang cukup rendah yaitu 250-300 ml, dengan jumlah takaran dosis seperti ini akan membuat hama ulat bertekuk lutut jika terken insektisida berbahan aktif dektametrin ini.

Demikianlah 5 keunggulan Decis untuk tanaman padi, semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat bagi orang banyak. Terimakasih.

0 Response to "5 Kegunaan Decis Untuk Tanaman Padi"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan