Fungisida Yang Baik Untuk Cabe Di Musim penghujan - kliktani.com

Fungisida Yang Baik Untuk Cabe Di Musim penghujan

Fungisida yang baik untuk cabe sangat penting di gunakan ketika cabe terkena jamur (antraknosa), fungisida untuk cabe ini  selain berfungsi mengendalikan jamur juga bisa digunakan sebagai pencegah jamur datang, meskipun dalam musim penghujan

Tanaman Cabai atau cabe merupakan salah satu tanaman yang sangat rentan terkena jamur di saat musim penghujan, oleh sebab itu anda harus mengetahui cara mencegah serangan jamur sebelum tanaman cabe anda terkena penyakit.

Di saat musim penghujan suhu cenderung menurun sehingga terjadi kelembaban di sekitar tanaman, hal inilah yang memicu fungi dapat tumbuh dengan subur, karena fungis/jamur sangat menyukai tempat yang lembab dengan suhu yang rendah. 

Sedikitnya ada 4 jenis penyakit cabe yang disebabkan  oleh jamur ketika musim hujan yaitu; Penyakit Layu Bakteri (Pseudomonas solanacearum), Penyakit Layu Fusarium (Fusarium Oxisporum), Penyakit Antraknosa (C. capsici), dan Penyakit Busuk Phytophthora.

Dan jika salah satu jamur tersebut sudah menyerang tanaman cabe, maka cara yang paling ampuh yang bisa di lakukan adalah dengan menggunakan fungisida yang baik bagi tanaman cabe.

Ada beberapa merk fungisida untuk cabe yang bisa anda gunakan dan tidak berdampak buruk bagi cabai anda. Berikut merk fungisida yg baik untuk cabe rawit ataupun cabai merah berdasarkan penyakitnya.

1. Fungisida Untuk Penyakit Layu Bakteri Pada Cabe

Penyakit layu bakteri pada tanaman cabai atau  (Pseudomonas solanacearum) di sebabkan oleh bakteri parasit yang menyerang pada area perakan tanaman cabai, pangkal batang, tunas dan seluruh bagian tanaman.

Gejala awal penyakit layu bakteri ini adalah, padfa awalnya tanaman cabai terlihat segar dipagi hari, lalu layu disiang hari, dan segar kembali disore hari. Gejala seperti ini akan terus berlangsung dalam beberapa hari, sebelum tanaman cabai akhirnya mengering dan mati. 

Bakteri parasit yang menginfeksi akar, dan pangkal batang cabai menyebabkan aliran air dari akar ke batang dan daun cabai terhambat sehingga tanaman layu. Akar dan pangkal batang tanaman cabai yang sudah terserang bakteri ini akan membusuk hingga akhirnya tanaman mati.

Untuk mengendalikan penyakit yang di sebabkan oleh bakteri parasit ini gunakanlah fungisida yang baik untuk cabe, ada 1 merk fungisida yang kami rekomendasikan untuk anda pakai, yaitu;

Fungisida BASAMID 98 GR

Bahan aktif : dazomet (dazomet) : 98 %. Fungisida Basamid 98 GR merupakan gabungan antara nematisida, fungisida dan insektisida yang bekerja secara racun pernafasan berbentuk butiran.

Dosis fungisida Basamid untuk penyakit layu bakteri Pseudomonas solanacearum adalah 300 g/m2, dengan cara aplikasi di campur ke tanah.

2. Fungisida Untuk Penyakit Layu Fusarium Pada Cabe

Penyakit layu fusariumn pada tanaman cabe disebabkan oleh cendawan atau jamur yang bernama Fusarium oxysporum, Gejala serangan cendawan fusarium oxysporum sekilas mirip sekali dengan penyakit layu bakteri, gejala awalnya yaitu daun-daun tua layu kemudian menyebar keatas ke daun muda hingga pucuk, menguning dan seluruh bagian tanaman layu sebelum akhirnya mati. Dan ketika akar cabe terlihat membusuk dan bewarna kecoklatan.

Untuk mengatasi penyakit ini, baiknya gunakanlah fungisida yang memang khusus untuk mengendalikan penyakit layu fusarium ini, Berikut 2 merk fungisida untuk layu fusarium pada cabai.

Fungisida VANDER 85 WP

Bahan aktif : tembaga oksiklorida (copper oxychloride) : 85 %. Vander 85 WP merupakan Fungisida kontak berbentuk tepung yang dapat disuspensikan. Dosis pemakaiannya 2 g/l dengan cara penyemprotan volume tinggi.
 

Fungisida BENLOX 50 WP

Bahan aktif : benomil (benomyl) : 50 %. Benlox 50 WP merupakan Fungisida sistemik yang bersifat protektif dan kuratif berbentuk tepung yang dapat disuspensikan. Dosis pemakaiannya 2 g/l dengan cara penyemprotan volume tinggi.

3. Fungisida Untuk Penyakit Antraknosa Pada Cabe

Penyakit antraknosa pada tanaman cabai disebabkan oleh jamur Colletrotichum capsici. Biasanya cendawan Colletrotichum capsici menyerang tanaman cabe dengan menginfeksi jaringan buah, dan membentuk bercak coklat kehitaman, yang kemudian meluas menjadi busuk lunak. 

Serangan yang dengan stadium tinggi menyebabkan buah mengering, dan keriput seperti jerami. Pada bagian tengah bercak yang mengering terlihat kumpulan titik-titik hitam. Dikalangan petani cabai yang terkena penyakit antraknosa dikenal dengan berbagai sebutan, seperti patek, api-api, dan lain-lain.

Untuk mengatasi penyakit antraknosa atau busuk buah inii, Maka gunakanlah fungisida yang baik yang memang khusus untuk mengendalikan penyakit patek ini, Berikut 4 merk fungisida untuk antraknosa pada cabai.

Fungisida HEXACAR 100 EC

Bahan aktif : heksakonazol (hexaconazole) : 50 g/l, dan karbendazim (carbendazim) : 50 g/l. Hexacar merupakan fungisida sistemik yang bersifat protektif dan kuratif berbentuk pekatan yang dapat diemulsikan, yang dapat mengendalikan penyakit antraknosa Colletrotichum capsici, dengan menggunakan penyemprotan volume tinggi dengan dosis 0,5 - 1 ml/l.

Fungisida VANDER 85 WP

Bahan aktif : tembaga oksiklorida (copper oxychloride) : 85 %. Vander 85 WP merupakan Fungisida kontak berbentuk tepung yang dapat disuspensikan. Dosis pemakaiannya 2 g/l dengan cara penyemprotan volume tinggi.
 

Fungisida ANZUJIN 70 WP

Bahan aktif : propineb (propineb) : 70 %. Anzujin merupakan fungisida yang bersifat protektif dan kontak berbentuk tepung yang dapat disuspensikan, yang dapat dengan baik mengendalikan penyakit antraknosa Colletrotichum capsici, dengan dosis 1,5 g/l dan cara Penyemprotan volume tinggi.

Fungisida LUNA EXPERIENCE 400 SC

Bahan aktif : fluopiran (fluopyran) : 200 g/l, dan tebukonazol (tebuconazole) : 200 g/l. LUNA EXPERIENCE 400 SC merupakan fungisida sistemik yang bersifat protektif dan kuratif berbentuk pekatan suspensi, untuk mengendalikan penyakit antraknosa Colletrotichum capsici, Menggunakan penyemprotan volume tinggi, dengan dosis 1,5 ml/l
 

4. Fungisida Untuk  Busuk Buah Pada Cabai

Penyakit  busuk buah (Phytophthora capsici) disebabkan oleh jamur Phytophthora capsici dan Phytophthora infestans. Kedua cendawan ini dapat menyerang seluruh bagian tanaman cabai, mulai dari akar, batang, daun dan buah. 

  • Gejala serangan pada akar ; akar membusuk, lembek dan berwarna kecoklatan.
  • Gejala serangan pada batang ; batang membusuk, berwarna kehitaman dan kulit batang mudah terkelupas.
  • Gejala serangan pada daun ; daun membusuk, kehitaman / lonyot. Gejala serangan pada buah cabai ; tangkai buah membusuk berwarna coklat kehitaman dan akhirnya buah cabai gugur.

Untuk mengendalikan penyakit yang di sebabkan oleh Phytophthora capsici dan Phytophthora infestans ini gunakanlah fungisida yang baik untuk cabe, ada 4 merk fungisida yang kami rekomendasikan untuk anda pakai, yaitu;

Fungisida PROCURE 20 WP

Bahan aktif : simoksanil : 20 %. PROCURE 20 WP merupakan Fungisida protektif dan kuratif berbentuk tepung yang dapat disuspensikan. Fungisida ini mampu mengendalikan penyakit busuk buah Phytophthora capsici dengan penyemprotan volume tinggi berdosis1 g/l.
 

Fungisida DEMORF 500 SC

Bahan aktif : dimetomorf (dimetomorph) : 500 g/l. DEMORF 500 SC Fungisida sistemik yang bersifat protektif berbentuk pekatan suspensi. Pestisida ini mampu mengendalikan penyakit busuk buah Phytophthora capsici, dengan Penyemprotan volume tinggi dengan dosis 1 ml /l.

Fungisida VANDER 85 WP

Bahan aktif : tembaga oksiklorida (copper oxychloride) : 85 %. Vander 85 WP merupakan Fungisida kontak berbentuk tepung yang dapat disuspensikan. Dosis pemakaiannya 2 g/l dengan cara penyemprotan volume tinggi.

Fungisida CONSENTO 450 SC

Bahan aktif : fenamidon : 75 g/l, dan propamokarb hidroklorida : 375 g/l. CONSENTO 450 SC merupakan fungisida sistemik yang bersifat protektif dan kuratif berbentuk pekatan suspensi. Obat ini mampu mengatasi penyakit busuk buah denga penyemprotan volume tinggi dengan dosis 1,5 - 2 l/ha.


Demikianlah beberapa merk fungisida yang baik untuk cabe di musim hujan, Sebenarnya fungisida fungisida diatas juga bisa di gunakan ketika musim panas / kemarau, Hanya saja takaran dosis dan volemu penyemprotannya berbeda. Terimaksih

0 Response to "Fungisida Yang Baik Untuk Cabe Di Musim penghujan"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan