Fungisida Untuk Gosong Palsu Yang Paling Ampuh! - kliktani.com

Fungisida Untuk Gosong Palsu Yang Paling Ampuh!

fungisida untuk gosong palsu

Penyakit gosong palsu pada tanaman padi sering kali menyerang tanaman padi saat memasuki 10 hari menjelang panen tiba, lalu bagai manakah cara mencegah agara tanaman padi tidak terkena gosong palsu. Untuk Itu kali ini Kliktani.com akan membahas cara mencegah dan mengobati penyakit padi ini dengan obat atau FUNGISIDA UNTUK GOSONG PALSU.

Penyakit Gosong Palsu


Penyakit Gosong Palsu adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh Jamur yang menyerang tanaman padi, Jamur ini tidak hanya menyerang tanaman padi saja tetapi juga bisa menyerang tanaman Jagung.

Pohon padi yang terkena penyakit ini sangat mudah terlihat dan mudah pula untuk dibedakan, tanaman padi yang sudah terkena jamur ini akan meletus dan timbul seperti Oncom pada bulir - bulir padinya.

Makanya sebagian petani menyebut penyakit gosong palsu dengan istilah penyakit oncom padi, karena penyakit ini memang menyerupai Oncom.

Mencegah Gosong Palsu


Agar tanaman padi terhindar dari penyakit gosong palsu, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit gosong palsu menyerang padi kita. 

Berikut ini cara mencegah gosong palsu menyerang tanaman padi.


  • Hindari penggunaan pupuk UREA yang berlebihan karena pupuk urea banyak sekali mengandung unsur Nitrogen yang mampu memicu pertumbuhan jamur penyebab gosong palsu.
  • Menggunakan Jarak Tanam Padi Ideal, Salah satu yang memicu pertumbuhan jamur adalah kelembaban, semakin lembab suatu tempat maka semakin mudah jamur berkembang biak. Jarak tanam yang terlalu rapat akan menyebabkan kelembaban terjadi.  Untuk mencegah gosong palsu terjadi kita bisa menggunakan jarak tanam jajar logowo ganda
  • Menggunakan benih baru, Jamur oncom juga bisa timbul akibat faktor gen, Benih yang dari dasarnya sudah terkena jamur akan dengan mudah menularkan pada turunan - turunan benih tersebut, jadi sebiaknya untuk mencegah gosong palsu gunakanlah benih baru.

Mengobati Gosong Palsu


Jika ditemukan penyakit gosong palsu pada skala yang kecil, cara terbaik mengobati gosong palsu adalah dengan mengambil atau memetik bulir padi yang terkena gosong palsu, agar jamurnya tidak menular ke bulir padi yang tidak terkena.

Namun jika ditemukan penyakit gosong palsu pada skala besar maka cara terbaik mengobati penyakit ini adalah dengan menggunakan FUNGISIDA UNTUK GOSONG PALSU.

Artikel terkait
Perbedaan Racun Kontak, Racun Sistemik, Racun Lambung, dan Racun Pernapasan.
Belajar Sistem Pertanian Organik Dengan Konsep Biotekhnologi Mikroba
Cara Mencampur Pestisida Yang Benar

Fungisida untuk padi sudah banyak diedarkan dengan berbagai macam merk dagang dari berbagai pabrik pembuat pestisida.

Memang banyak sekali fungisida untuk gosong palsu yang bisa kita pilih, namun biar anda tidak salah pilih, kami merekomendasikan fungisida untuk gosong palsu yang paling ampuh.

1. Amistartop 325SC


Fungisida Amistartop 325 SC berbentuk cairan berwarna putih kekuning - kuningan yang mudah larut kedalam air, dan apabila dilarutkan kedalam air Fungisida Amistartop 325 SC akan berubah menjadi berwarna putih susu.

Bahan aktif Fungisida Amistartop 325 SC adalah Difenokonazol dan Azoksistrobin, kedua bahan aktif ini bekerja menumpas cendawan yang tumbuh di daun, akar, batang, maupun bulir atau buah.

Difenokazol yang merupakan bahan aktif Fungisida Amistartop 325 SC yang berkerja dengan cara merusak sterol biosintesis pada membran jamur, sedangkan bahan aktif Fungisida Amistartop 325 SC yang kedua (Azoksistrobin) bekerja dengan cara menghambat proses respirasi cendawan.

Untuk lebih jelas mengenai fungisida untuk gosong palsu ini silakan baca artikel berikut ini "Fungisida Amistartop obat jamur paling mantap"

2. Topsin 500SC

topsin


Fungisida Topsin 500SC adalah salah satu fungisida untuk gosong palsu yang cukup efektif dalam membasmi jamur yang menyebabkan padi terkena jamur oncom.

Fungisida Topsin juga terbilang cukup ekonomis bila dibandingkan dengan fungisida Amistartop, namun tidak mengurang efektivitasnya dalam mengendalikan gosong palsu.

Untuk lebih jelas mengenai fungisida untuk gosong palsu ini silakan baca artikel berikut ini "Fungisida Topsin 500 SC obat jamur paling TOP"

Demikianlah pembahasan tentang FUNGISIDA UNTUK GOSONG PALSU semoga artikel ini bermanfaat. 

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

3362