Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Budidaya Padi Black Madras

cara budidaya padi blak madras, menanam padi blak madras, padi blak madras, padi tahan hama, keunggulan padi black madras, kelemahan padi black madras, jenis padi black madras,
Bagi hampir sebagian para petani kita membudidayakan padi Black Madras memang masih sangat langka, jangankan untuk membudidayakan mendengar namanya pun mereka masih asing, padahal peluang keuntungan dari membudidayakan padi Black Madras sangatlah menggiurkan, kita bandingkan saja harga beras premium yang hanya 15.000/kg sedangkan harga beras Black Madras sampai menyentuh angka 23.000/kg.

Baca juga Mari Sejahterakan Petani (MSP)


Perlu kita ketahui di Indonesia penderita Diabetes dari tahun ke tahun semakin bertambah yang artinya permintaan beras Black Madras juga akan semakin miningkat. Korelasi dari kejadian tersebut adalah karena kandungan beras Black madras yang sangat tinggi akan serat namun rendah kandungan gulanya sehingga sangat cocok untuk di konsumsi bagi penderita diabetas.

Cara membudidayakan padi black madras hampir sama dengan varietas padi lainnya, namun dari beberapa sumber yang kami dapat membudidayakan padi black madras lebih cocok dengan menggunakan bahan-bahan alami atau secara organik.

Basmi keong hanya dengan bekatul

Padi blak madras sangat tahan terhadap serangan hama wereng, burung emprit, bahkan tikus sekalipun tidak suka dengan padi black madras. Padi black madras juga kuat terhadap penyakit-penyakit padi. 

Berikut kriteria padi black madras
  1. Daun dan batang Ungu kehitaman 
  2. Daun bendera tegak Bulir padi hijau dgn beras putih kilap. 
  3. Tumbuh di 20 mdpl - 1.000 mdpl 
  4. Umur panen tanaman 110-115 hst ( 20 mdpl - 500 mdpl ), 125-128 Hst (>500 mdpl).
  5. Terbukti tahan serangan WBC sampai biotip 2.
  6. Tinggi tanaman 75-110 cm
  7. Bulir malai rata2 200-240 bulir
  8. Anakan 18-24
  9. Beras berserat tinggi ( termasuk yg paling tinggi )
  10. Kadar gula buah ( fruktosa ) rendah
  11. Kandungan vit.B1,B2 dan B12, C tinggi
  12. Beras tdk mudah patah
  13. Rasa nasi tawar dan kurang pulen sehingga bila dikonsomsi tahan lama kenyangnya
  14. Sangat dianjurkan sebagai beras Holistik kesehatan
  15. Potensi hasil : 6-7 ton per ha
Sedangkan untuk kelemahan padi black madras ialah masa tanam yang cukup lama (bisa mencapai 5 bulan) dan hasil panen yang cukup rendah dengan rata-rata 4 ton/ha.

Klik  disini Agar padi tahan roboh meski di musim penghujan.