Hama keong mas, bisa punah hanya dengan bekatul | Klik tani

Hama keong mas, bisa punah hanya dengan bekatul

Keong mas menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi para petani padi, ketika memasuki  masa persemaian dan ketika tanaman padi berumur 1 sampai 20 hari setelah tanam. Karena pada masa-masa itu batang-batang tanaman padi masih rapuh, sehingga membuat keong mudah untuk memakannya.

Ketika memasuki musim penghujan hama keong mas akan semakin sulit untuk dikendalikan, karena pada masa itu keong mas lebih cepat bereproduksi karena suhu yang dingin, karena suhu tersebut memang sangat disukai keong mas untuk berkembang biak.

Baca juga : Varietas padi ini bisa mencapai 15 ton/ha

pengendalian hama keong mas, keong mas sawah

Pada masa-masa itu banyak sekali petani yang kuwalahan menghadapi gangguan hama keong mas, karena sulitnya mengontrol air pada area sawahnya, sehingga penggunaan racun keong mas (molustisida) akan menjadi kesia-siaan, dan pada akhirnya padinya akan tetap termakan oleh hama keong mas.

Untuk menanggulangi situasi tersebut ada cara yang efektif dan ampuh dalam mengatasi serangan hama keong mas, yaitu dengan menggunakan bekatul atau dedak. Cara ini selalu di lakukan oleh Obih, salah seorang petani yang berasal dari daerah Pebayuran Bekasi, ketika sawahnya terdapat banyak hama keong mas.

"Dulu sih waktu mau tandur biasnya saya sempretin ke sawah pake racun keong mas, tapinya kalu trus ujan gede trus sawahnya banjir racunnya jadi ga ngaruh, keongnya tetep idup. Tapi setelah saya pake bekatul, biar ujan gede trus sawahnya banjir, keong tetep mati ga nyisa, jangankan yang gede yang kecil ge mati" Ujar Obih.

Baca juga : Cara bertanam padi jaman now, Varietas apapun bisa melimpah

Setelah banyak yang tau, banyak yang mengikuti cara Obih dalam mengantisifasi hama keong mas, salah satunya adalah Heri yang tertarik mengikuti jejak Obih. "Kalu di sempret itu cape tenaga, lagian kalu ujan atau ada yang masukin aer ke sawah obatnya jadi sia-sia. kalu pake bekatul tinggal lempar lempar aja udah beres, ga cape". Ucap Heri.

Lalu bagaimana caranya bekatul/dedak bisa membunuh keong mas?

"Caranya ialah mencapur bekatul dengan racun keong mas seperti Bentan atau Bestroid. Cara ini jauh lebih efektif dari pada mencampur molustisida dengan air. Karena dengan dicampur bekatul zat-zat racun molustisida akan terus menempel pada bekatul, sehinnga ketika ketika mendapat air baru zat racun dalam bekatul akan tetap utuh, berbeda dengan molustisida yang di campur dengan air, memang racunnya akan lebih cepat menyebar tapi akan lebih cepat menghilang apalagi kalau mendapatklan air baru.

Jadi sebenernya bekatul tidak bisa membunuh keong mas, bekatul hanya sebagai media pelarut racun keong mas (molustisida). Lalu bagaimana cara pembuatannya?, cara pembuatannya mudah saja, yaitu dengan mengaduk bekatul dengan  racun keong mas, lalu ber sedikit air agar bekatul mudah untuk di gumpalkan. setelah selesai tinggal lemparkan gumpalan gumpalan adukan bekatul ke area persawahan.


  

Subscribe to receive free email updates: