Cara efektif mencegah padi roboh meski di musim penghujan. | Klik tani

Cara efektif mencegah padi roboh meski di musim penghujan.

Bagi seorang petani padi merupakan suatu kebanggan tersendiri ketika melihat tanaman padinya bagus dan  masih berdiri kokoh ketika memasuki masa panen di musim penghujan (rendeng).  Pohon padi yang rebah (roboh) menjadi momok yang menakutkan bagi para petani di kala musim penghujan datang, karena dengan rebahnya pohon padi akan berakibat dengan merosotnya hasil panen hingga bisa mencapai 50% bahkan bisa lebih dari itu.

cara agar padi tidak roboh, memperkuat batang padi, padi tida rebah di musim hujan, padi rebah
Baca juga : Tekhnik bertani jaman now, bisa bikin hasil panen melimpah.

Faktor yang membuat padi roboh
1.    Terlalu banyak Nitrogen.

Padi yang rebah atau roboh itu biasanya terlalu banyak kandungan nitrogen (N) pada batang pohon padi, sehingga batang pohon padi menjadi lebih lemah dalam menopang bobot padi ini mengakibatkan akan lebih mudah roboh ketika terkena hembusan angin.

2.    Pangkal Batang padi membusuk.

Hal ini bisa terjadi di karenakan tanaman padi terus menerus tergenang air.

Untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya petani jangan terlalu banyak menggunakan pupuk urea, yang banyak sekali mengandung nitrogen ketika menanam padi di musim penghujan.

Membasmi keong dengan bekatul 

Kedua yang bisa dilakukan guna mengantisipasi padi rebah ialah dengan penggunaan Zat pengatur tumbuh (ZPT) pada saat padi memasuki masa generative (bunting), Penggunaan ZPT dapat membuat batang padi lebih kokoh dan kuat, sehingga pohon padi tidak mudah rebah di musim penghujan.

Hal ketiga yang bisa dilakukan agar padi tidak mudah roboh yaitu dengan system pengairan teratur agar batang tidak cepat membusuk, minimal 15 hari menjelang panen tanaman padi sudah di keringkan.

Subscribe to receive free email updates: