Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara efektif mencegah padi roboh meski di musim penghujan.

Bagi seorang petani padi merupakan suatu kebanggan tersendiri ketika melihat tanaman padinya bagus dan  masih berdiri kokoh ketika memasuki masa panen di musim penghujan (rendeng).

Pohon padi yang rebah (roboh) menjadi momok yang menakutkan bagi para petani di kala musim penghujan datang.

Karena dengan rebahnya pohon padi akan berakibat dengan merosotnya hasil panen hingga bisa mencapai 50% bahkan bisa lebih dari itu.

cara agar padi tidak roboh, memperkuat batang padi, padi tida rebah di musim hujan, padi rebah
1.    Terlalu banyak Nitrogen.

Padi yang rebah atau roboh itu biasanya terlalu banyak kandungan nitrogen (N) pada batang pohon padi, sehingga batang pohon padi menjadi lebih lemah dalam menopang bobot padi ini mengakibatkan padi tidak tahan roboh ketika terkena hembusan angin.

2.    Pangkal Batang padi membusuk.

Pangkal batang padi membusuk itu penyebab utamanya adalah air yang terus menurus tergenang air.

Untuk itu sirkulasi air harus terus diperhatikan, usahakan 20 hari sebelum padi di potong air sudah tidak ada di area sawah.

Hal ini membuat batang-batang padi menjadi lebih kokoh sehingga mampu menopang bobot padi.


AGAR PADI TAHAN ROBOH

Agar batang padi kuat menahan bobot padi, ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk mencegah agar padi tahan rebah, hal tersebut diantaranya adalah:

1. Gunakan pupuk urea yang sesuai dosis ukurannya. Kita sebagai petani jangan terlalu banyak menggunakan pupuk urea, karena pupuk urea banyak sekali mengandung nitrogen.

Sudah kita bahas diatas bahwa kandungan nitrogen bisa membuat padi tidak tahan roboh.

Membasmi keong dengan bekatul 

2. Hal Kedua yang bisa dilakukan agar padi tahan rebah ialah dengan penggunaan Zat pengatur tumbuh (ZPT) .

Penggunaan ZPT ini di aplikasikan pada saat padi memasuki masa generative (bunting), karena ZPT dapat membuat batang padi lebih kokoh dan kuat, sehingga pohon padi tidak mudah rebah meskipun di musim penghujan.

3. Langkah ketiga yang bisa dilakukan agar padi tidak mudah roboh yaitu dengan system pengairan teratur agar batang tidak cepat membusuk.

4. Menanan padi dengan varietas tahah roboh. Ada beberapa padi varietas padi yang memang tahan roboh seperti, Cilamaya, Way Putih, IR64, IR36, Citanduy, dan lain-lain.

Demikianlah langkah-langkah agar mencegah padi tahan roboh, semoga tulusan ini bermanfaat. terimakasih.