Hama Walang sangit. Hadapi dengan cara ini, pasti K.O. | Klik tani

Hama Walang sangit. Hadapi dengan cara ini, pasti K.O.

Hama Walang Sangit adalah salah satu musuh bagi para petani terutama para petani padi, karena hama walang sangit mampu menghisap bulir-bulir padi muda sehingga padi menjadi hampa tak bersisi (gabug).

Selain itu, gejala serangan walang sangit bisa di tandai dengan kehadiran anak walang sangit yang berupa nimfa tak bersayap yang bentuknya persis seperti walang sangit dewasa.

Jika gejala serangan walang sangit itu sudah muncul di tanaman padi maka bisa mengakibatkan petani merugi bahkan pada kasus lebih serius bisa mengakibatkan kehilangan 50 - 70 % dari rata-rata hasil panen.

Nama ilmiyah Walang sangit adalah Leptcorisa Oratorius,  yang mempunyai ciri khas beraroma tidak sedap, karena aromanya itu jadi tidak heran kalau sering dibilang walang sangit bau.

Di berbagai tempat hama ini memiliki sebutan yang berbeda-beda, seperti Kungkang di daerah Pasundan, Pianggang di Sumatra, Tenang Di Pulau Madura, Dan masih banyak lagi nama lain walang sangit di berbagai tempat berbeda.

cara pengendalian hama walng sangit. racun walang sangit
Walang sangit
Dalam menangani gejala serangan hama walang sangit para petani bisa menggunakan 3 cara ampuh atasi hama walang sangit dengan epektif, yaitu: memanfaatkan musuh alami walang sangit, membuat perangkap walang sangit, dan menggunakan racun untuk membunuh walang sangit.

1. Pengendalian dengan menggunakan musuh alami walang sangit

Jamur Beauveria sp dan Metharizum sp  adalah 2 jenis jamur yang menjadi musuh alami walang sangit.

Sedangkan untuk golongan Parasitoid ada jenis Gryon nixoni Mesner dan O.malayensis Ferr yang menjadi musuh alami walang sangit.

Cara efektif membasmi walang sangit dengan kedua musuh alami tersebut yaitu dengan memperkaya agens hayati.

Namun sayangnya agens hayati yang merupakan cikal bakal musuh alami walang sangit masih jarang diproduksi pada skala besar, sehingga sulit untuk di temukan.

Artikel terkait
Tehnik rahasia pembasmi wereng
membuat Jarak tanam padi yang ideal
Memusnahkan hama penggerek batang dengan cara ini

2. Pengendalian Dengan Cara Membuat Perangkap Walang sangit

Karena hama walang sangit ini adalah  tipe serangga yang menyukai sesuatu yang berbau busuk, maka anda bisa menggunakan bangkai  kepiting (yuyu) atau keong sebagai salah satu sarana membuat perangkap walang sangit.

Dalam membuat perangkap walang sangit anda bisa menggunakan galon air bekas dan untuk umpannya anda bisa gunakan salah satu dari bangkai tadi.

Untuk lebih jelasnya anda bisa tonton vidoe di bawah ini, video tersebut kami sematkan dari chaenel youtube Bp Sulaiman Tanjung.


3. Menggunakan Isektisida Untuk Walang Sangit

Dalam menggunakan Insektisida sebaiknya kita memilih jenis insektisida untuk walang sangit dengan bahan aktif dan sifat insektisida yang tepat.

Dengan menggunakan insektisida berbahan aktif yang tepat kita bisa membunuh walang sangit tanpa harus mengganggu pertumbuhan musuh alaminya, berikut ini adalah nama bahan aktif insektisa yang sesuai seperti; fipronil, metolkarb, propoksur, BPMC dan MIPC

Untuk memilih sifat insektisida sebagai racun untuk membunuh walang sangit, sebaiknya gunakan insektisida bersifat rancun kontak.

Karena walang sangit biasanya berada pada malai-malai padi, sehingga penyemprotan menggunakan insektisida bersifat racun kontak lebih efektif karena langsung mengenai tubuh dari walng sangit. 

Salah satu merk obat hama walang sangit yang menjadi rekomendasi kami adalah dengan merek dagang "Zychate".

Kenapa kami rekomendasika merk obat hama walang sangit tersebut, alasannya karena jenis insektisida walang sangit tersebut sangat epektif dalam membunuh, baik walang sangit yang sudah dewasa maupun masih berupa nimfa.

Satu hal lagi yang menjadikan kliktani.com merekomendasikan merk obat hama walang sangit Zyhate ini yaitu karena harga insektisida ini yang cukup terjangkau.
Insektisida Zychate

Subscribe to receive free email updates: