Membasmi tikus super efektif. | Klik tani

Membasmi tikus super efektif.

Tikus adalah salah satu hama yang paling sulit di tanggulangi para petani padi, berbeda dengan jenis hama lainnya tikus mempunyai kepintaran diatas rata-rata hama pada umumnya. Tapi bukan berarti tikus tidak bisa dikendalikan, karna otak manusia mempunyai tingkat kecerdasan paling tinggi diantara mahluk Allah lainnya.

Dalam mengendalikan hama tikus para petani bisa menggunakan Rodentisida (racun tikus), namun dalam beberapa kasus penggunaan rodentisida tidaklah cukup efektif untuk membasmi tikus sawah, oleh karena itu para petani sebaiknya menggunakan cara tradisonal dalam menangani hama tikus. 

Ada beberapa cara tradisonal yang efekltif dalam mengendalikan serangan hama tikus, berikut ini Kliktani.com kumpulkan beberapa cara dalam mengendalikan hama tikus secara tradisional  yang terbukti efektif.

  1. Sanitasi. Dengan membersihkan gulma dan semak-semak akan membuat tikus tidak betah berada di sarangnya pada siang hari dan membuat tikus pindah untuk mencari tempat baru yang lebih lembab.
  2. Buru serentak, Dengan melakukan perburuan serentak akan menekan populasi tikus. Perburuan bisa menggunakan Fumigasi (pengasapan), ataupun dengan cara di pukul.
  3. Memanfaatkan musuh alami tikus, Memanfaatkan hewan pemangsa tikus seperti, Anjing, Senggarangan, Burung hantu, Burung Elang, Ular, dan lain-lain.
  4. Gunakan benda berbau menyengat. Cara mengusir tikus yang cukup ampuh adalah menggunakan bahan atau benda berbau/wangi menyengat. Tikus adalah hewan yang sangat membenci benda-benda yang beraroma menyengat, ini bisa kita manfaatkan dengan memberi bawang putih, jengkol, cairan parfum atau bangkai hewan pada lahan sawah.
  5. Pasang instalasi listrik, Cara ini adalah cara yang paling efektif menghadcapi serangan tikus namun juga  mempunyai resiko yang cukup tinggi terhadap petani.
  6. TBS dan LTBS, TBS (Trap Barrier System), yaitu menggunakan tanaman sebagai perangkap tikus. TBS berukuran 20x20 meter dapat mengamankan lahan 15 hektar. TBS ini berukuran sebagai berikut. Sedangkan LTBS (Linear Trap Barrier System), adalah sistem melindungi tanaman padi dengan memberikan pagar plastik pada setiap sisi tanaman padi agar tikus tidak bnisa masuk.
    LTBS

Subscribe to receive free email updates: