Trik ampuh atasi penggerek batang | Klik tani

Trik ampuh atasi penggerek batang

Hama penggerek batang merupakan salah satu hama utama pada tanaman padi yang dapat mengakibatkan kehilangan hasil yang sangat signifikan, Hama penggerek batang ini sebenarnya bisa di deteksi sebelum kemunculannya, yaitu dengan banyaknya ngengat (kupu-kupu) di area ladang sawah.
cara pengendalian hama penggerek batang

Serangan hama penggerek batang di areal pertanaman padi, sangat mudah diketahui dengan tanda mati/keringnya daun padi, atau munculnya malai yang hampa/mati berwarna putih yang bila ditarik akan mudah terlepas. Hal ini terjadi karena larva masuk kedalam jaringan sistem pembuluh tanam/titik tumbuh tanam.

Baca juga Insektisida paling ampuh hadapi walang sangit

Hama Penggerek batang padi atau dalam istilah ilmiyah disebut Cnaphalocrosis medinalis (Guenee), atau biasa juga disebut sundep bagi masyarakat sunda atau juga disebut lompat pucuk di beberapa daerah di Indonesia.

Ulat-ulat penggerek batang yang baru menetas akan langsung masuk ke dalam batang-batang padi, dan langsung memakan serat batang padi, sehingga batang padi yang ada didalam lipatan akan mengalami kebusukan.  Bila populasi ulat tinggi maka akan terjadi kerusakan yang cukup tinggi sehingga dapat menurunkan produksi padi, Bahkan dalam kasus yang serius bisa menyebabkan gagal panen total.
Cara mengatasi hama penggerek batang.

  • Bersihkan lahan dari rumput/gulma yang menjadi makanan alternatifnya
  • Jika di area tanaman padi terdapat banyak ngengat/kupu-kupu, lakukan penyepraian/semprot menggunakan insektisida bersipat kontak dan sistemik. Pengertian insektisida, herbisida, fungisida dan jenis racunlainnya
  • Gunakan insektisida bersifat sistemik, Karena ulat berada di dalam batang padi sehingga penggunaan insektisida bersifat sistemik lebih efektif dari pada insektisida bersifat kontak.

Subscribe to receive free email updates: