Membuat Jarak Tanam Yang Ideal Agar Menghasilkan Padi Yang Maksimal | Klik tani

Membuat Jarak Tanam Yang Ideal Agar Menghasilkan Padi Yang Maksimal

jarak tanam, jarak tanam padi, menentukan jarak tanam padi, jarak tanam ideal padi, jarak tanam paling bagus, jarak tanam padi lokal, macam-macam jarak tanam,  keuntungan jarak tanam, pola tanam padi, aneka pola tanam padi
Kebanyakan dari para petani mencari benih padi unggul untuk medapatkan hasil produksi yang meningkat, seperti benih padi dengan jumlah anakan yang banyak atau malai yang panjang dengan bulir-bulir yang banyak. padahal sebagus apapun bibit unggul yang ditanam tanpa adanya aturan jarak tanam tetap tidak akan meningkatkan hasil produktivitas. Perbedaan jarak tanam sering kali tidak mendapat perhatian dari para petani dalam menentukan produktivitas padi.

Seperti yang kami sampaikan diatas, banyak sekali petani yang tidak memperdulikan jarak tanam padi, mereka hanya berfokus pada pupuk dan pestisida dalam membudidayakan dan merawat tanamannya. Masih sering kita jumpai petani yang memakai jarak tanam jarwo 10:1 atau tanpa tanpa sela sama sekali, mereka beralasan terlalu mubazir kalau banyak tanaman padi yang di sela dan akan mengurangi hasil panen padi.

Artikel menarik lainnya:

Padahal dengan membuat jarak tanam akan lebih memudahkan dalam merawat dan membudidayakan padi, dari pada menanami tanpa sela namun hasil yang di dapat kurang maksimal. Berikut beberpa kelebihan dengan mengatur jarak tanam pada tanaman padi.
  1. Penangkapan radiasi surya oleh individu tanaman lebih sempurna, sehingga fotosintesis pada daun padi tidak terhambat, 
  2. Lebih efektivi dalam penyerapan hara oleh akar tanaman, 
  3. Kebutuhan air tanaman lebih tercukupi, 
  4. Memudahkan sirkulasi udara untuk hasil fotosintesis, 
  5. Meratanya kelembaban suhu udara, sehingga bisa mempersempit pertumbuhan jamur dan bakteri pada tanaman padi
Ada beberapa cara dalam menentukan jarak tanam pada padi yang biasa dilakukan oleh para petani dewasa ini, yaitu dengan sistem jajar legowo ganda atau milenium yang mampu meningkatkan hasil produktivitas padi. Bagi yang belum mengetahui jarak tanam jajar legowo ( Jarwo ) Milenium bisa Klik Disini.


Subscribe to receive free email updates: