Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi jitu pengendalian hama kutu kebul pada tanaman

hama kutu kebul, insektisida untuk kutu kebul, racun kutu kebul, obat kutu kebul yang resistansi, racun kutu kebul yang ampuh, insektisida kutu kebul yang sudah kebal, cara membunuh kutu kebul, obat hama kutu kebul,
Peningkatan suhu di bumi karena perubahan iklim global, mendorong berkembangnya populasi hama kutu kebul Bemisia tabaci (Gennadius). Apabila inokulum virus ada di lingkungan pertanaman, maka harus waspada terhadap ancaman serangan kutu kebul yang menyebarkan virus pada tanaman.

Gejala awal tanaman yang terserang kutu kebul, daun tanaman akan menjadi keriting dan apabila serangan sudah parah, gejala kutu kebul akan disertai dengan infeksi virus, virus kutu kebul akan membuat daun menjadi keriting dan berwarna hitam serta pertumbuhan tanaman akan melambat.

Dampak dari hama Kutu kebul selain merusak tanaman secara langsung, juga berperan sebagai serangga vektor virus yang dapat menularkan penyakit Cowpea Mild Mottle Virus (CMMV) pada tanaman kedelai dan kacang-kacangan lain.

Hama Kutu kebul adalah hewan dari kelompok serangga (insekta) yang termasuk dalam famili Aleyrodidae tergolong dalam superfamili Aleyrodidae, sub ordo sternorryccha, ordo homopetra. Famili Aleyrodidae terdiri dari dua subfamili yaitu Aleurodicinae dan Aleyrodidae.

Artikel menarik lainnya:
Jarang di ketahui... Cara membuat bibit sendiri, bisa mencapai 10 ton/ha
Insektisida Ampuh Hadapai Pengg6erek batang
Basmi keong mas dengan bekatul

Kutu kebul merupaka salah satu hewan yang bermetamorfosis, siklus hidup kutu kebul terdiri dari fase telur ,nimfa,pupa dan imago. serangga ini dapat di bedakan dengan mudah dari serangga lainya yaitu dengan adanya lilin yang pada umumnya berwarna putih di ujung atau duri pada dorsal dan terdepat beberapa jenis yang memiliki banyak lilin.

Karena mempunyai kanduangan lilin pada tumbuh kutu kebul ,serangga ini di namakan Whiteflies .kutu kebul betina meletakan telurnya dengan pedicelnya .Nimfa yang memiliki tungkai hanya pada fase instar satu yang di sebut Crawler, setelah ganti kulit, mereka akan menetap dan tungkai tereduksi.

Dalam mengantisifasi serangan hama kutu kebul pada tanaman, sebaiknya untuk penangan awal  janan menggunakan pestisida, tetapi bisa menggunakan bahan-bahan alami agar tidak timbul dampak resistan pada kutu kebul. Berikut di bawah ini adalah gambar bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat racun alami kutu kebul berikut cara pengaplikasiannya.

hama kutu kebul, insektisida untuk kutu kebul, racun kutu kebul, obat kutu kebul yang resistansi, racun kutu kebul yang ampuh, insektisida kutu kebul yang sudah kebal, cara membunuh kutu kebul, obat hama kutu kebul, cara membuat racun alami kutu kebul, bahan alami hama kutu kebul

Namun Jika kutu kebul sudah sulit untuk diatasi dengan bahan alami, maka pengendaliannya gunakanlah insektisida kutu kebul dengan bahan-bahan aktif yang ada di bawah ini.
hama kutu kebul, insektisida untuk kutu kebul, racun kutu kebul, obat kutu kebul yang resistansi, racun kutu kebul yang ampuh, insektisida kutu kebul yang sudah kebal, cara membunuh kutu kebul, obat hama kutu kebul, cara membuat racun alami kutu kebul, bahan alami hama kutu kebul

Untuk mencegah hama kutu kebul mengalami resistansi, rotasilah bahan aktif  pestisidanya. Logikanya, dengan menggunakan insektisida kutu kebul dengan bahan aktif yang sama dalam waktu yang lama, akan membuat kutu kebul mengalami kekebalan, karena kemampuan adaptasinya yang cukup tinggi.

Dengan merotasi bahan aktif insektisida kutu kebul, niscaya kutu kebul tidak akan bisa beradaptasi dengan baik. Misalnya, jika biasanya petani menggunakan insektisida berbahan aktif abamektin, periode berikutnya, petani dianjurkan menggunakan pestisida berbahan aktif acetamiprid, carbosulfan, buprofezin atau diafenthiuron dan lain-lain.

Demikianlah strategi jitu pengendalian hama kutu kebul, silakan bagikan tulisan ini kepada teman anda dengan menekan ikon salah satu media sosial  yang ada di bawah ini, karena kebaikan akan selalu berbuah manis kepada orang - orang ysng suka berbagi.

Baca juga; Cara mencegah tikus membuat onar di sawah klik Go!!