Strategi jitu pengendalian hama kutu kebul pada tanaman | Klik tani

Strategi jitu pengendalian hama kutu kebul pada tanaman

hama kutu kebul, insektisida untuk kutu kebul, racun kutu kebul, obat kutu kebul yang resistansi, racun kutu kebul yang ampuh, insektisida kutu kebul yang sudah kebal, cara membunuh kutu kebul, obat hama kutu kebul,
Peningkatan suhu di bumi karena perubahan iklim global, mendorong berkembangnya populasi hama kutu kebul Bemisia tabaci (Gennadius). Apabila inokulum virus ada di lingkungan pertanaman, maka harus waspada terhadap ancaman serangan kutu kebul yang menyebarkan virus pada tanaman.
Bila terserang kutu kebul, daun tanaman akan menjadi keriting dan apabila serangan parah disertai dengan infeksi virus, daun keriting berwarna hitam dan pertumbuhan tanaman terhambat. Kutu kebul selain merusak tanaman secara langsung, juga sebagai serangga vektor virus yang dapat menularkan penyakit Cowpea Mild Mottle Virus (CMMV) pada tanaman kedelai dan kacang-kacangan lain.

Hama Kutu kebul adalah hewan dari kelompok serangga (insekta) yang termasuk dalam famili Aleyrodidae termasuk dalam superfamili Aleyrodidae ,subrodo sternorryccha ,ordo homopetra.famili Aleyrodidae terdiri dari dua subfamili yaitu Aleurodicinae dan Aleyrodidae.

Artikel menarik lainnya:
Jarang di ketahui... Cara membuat bibit sendiri, bisa mencapai 10 ton/ha
Insektisida Ampuh Hadapai Penggerek batang
Basmi keong mas dengan bekatul

Kutu kebul merupaka salah satu hewan yang bermetamorfosis, siklus hidup kutu kebul terdiri dari fase telur ,nimfa,pupa dan imago. serangga ini dapat di bedakan dengan mudah dari serangga lainya yaitu dengan adanya lilin yang pada umumnya berwarna putih di ujung atau duri pada dorsal dan terdepat beberapa jenis yang memiliki banyak lilin.karena mempunyai kanduangan lilin pada tumbuh kutu kebul ,serangga ini di namakan Whiteflies .kutu kebul betina meletakan telurnya dengan pedicelnya .Nimfa yang memiliki tungkai hanya pada fase instar satu yang di sebut Crawler, setelah ganti kulit, mereka akan menetap dan tungkai tereduksi.
Dalam mengantisifasi serangan hama kutu kebul pada tanaman, sebaiknya untuk penangan awal  janan menggunakan pestisida, tetapi bisa menggunakan bahan-bahan alami agar tidak timbul dampak resistan pada kutu kebul. Berikut di bawah ini adalah gambar bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat racun alami kutu kebul berikut cara pengaplikasiannya.
hama kutu kebul, insektisida untuk kutu kebul, racun kutu kebul, obat kutu kebul yang resistansi, racun kutu kebul yang ampuh, insektisida kutu kebul yang sudah kebal, cara membunuh kutu kebul, obat hama kutu kebul, cara membuat racun alami kutu kebul, bahan alami hama kutu kebul

Jika kutu kebul sudah sulit diatasi dengan bahan alami, gunakanlah insektisida dengan bahan-bahan aktif yang ada di bawah ini.
hama kutu kebul, insektisida untuk kutu kebul, racun kutu kebul, obat kutu kebul yang resistansi, racun kutu kebul yang ampuh, insektisida kutu kebul yang sudah kebal, cara membunuh kutu kebul, obat hama kutu kebul, cara membuat racun alami kutu kebul, bahan alami hama kutu kebul

Untuk mencegah hama kutu kebul mengalami resistansi, rotasilah bahan aktif  pestisidanya. Logikanya, dengan melakukan pengendalian kutu kebul dengan satu jenis pestisida dalam waktu yang lama akan membuat kutu kebul lama-kelamaan terbiasa karena kemampuan adaptasinya. Dengan rotasi pestisida, niscaya kutu kebul tidak akan bisa beradaptasi dengan baik.

Misalnya, jika biasanya petani menggunakan pestisida berbahan aktif abamektin, periode berikutnya, petani dianjurkan menggunakan pestisida berbahan aktif acetamiprid atau carbosulfan, buprofezin atau diafenthiuron dan lain-lain.

Cara mencegah tikus membuat onar di sawah klik Go!!
 

Subscribe to receive free email updates: