Pengendalian hama ulat pelipat daun padi dengan insektisida yang paling ampuh


pengendalian hama pelipat daun padi, insektsida pembasmi hama pelipat daun padi, racun pembunuh pelipat daun, cara pengendalian hama pelipat daun, racun ulat padi, obat pembasmi penggulung padi, obat pembasmi ulat pada tanaman padi
Hama Pelipat Daun
Cnaphalocrosis Medinalis adalah sebutan untuk hama pelipat atau penggulung daun padi, yang kebanyakan petani padi kita menyebutnya sebagai hama putih palsu, padahal hama pelipat daun dengan hama putih palsu itu berbeda.

Pada awalnya hama penggulung daun padi adalah kupu-kupu yang bertelor pada ujung daun dan menetas menjadi ulat yang kecil-kecil. 

Ketika menetas ulat ini akan mengluarkan benang-benang putih untuk melipat daun-daun padi  sebagai tempat tinggalnya dan memakan daun padi sebagai konsumsinya.

Memang serangan hama pelipat daun tidak begitu berbahaya seperti hama-hama padi pada umumnya, namun jika di biarkan akan sangat merugikan dan dapat menurunkan hasil produksi tanaman padi yang kita tanam.
Untuk mencegah hama penggulung daun padi, kita bisa mencegah dengan membersihkan gulma (rumput) di sekitar tanaman padi dan juga dengan memotong ujung-ujung daun padi jika skala serangan masihberskala kecil dan sempit.

Jika serangan hama pelipat daun padi ini sudah pada ambang batas, maka gunakanlah pestisida pembunuh hama pelipat daun padi dalam pengendaliaanya. 

Ada beberapa merk insektisida yang  cocok di gunakan untuk membasmi  hama ini diantaranya adalah Virtako 300SC, Abacel 16 EC, Prevathon 50SC, Trimer, Dan Lain-lain.

Merk insektisida diatas pernah di uji coba oleh para petani padi di daerah Sukatani-Bekasi, dan terbukti cukup efektif meluasnya hama pelipat daun padi.

Dengan 7 Insektisida ini, mampu membuat sundep dan beluk bertekuk lutut, klik disini

Iklan

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan