Cara terlengkap dan paling ampuh membasmi hama penggerek batang padi | Klik tani

Cara terlengkap dan paling ampuh membasmi hama penggerek batang padi

Racun penggerek batang, Racun ngengat, obat penggerek batang terbaik, insektisida untuk ngengat, obat ngengat, sundep dan beluk, obat sundep paling ampuh, insektisida ampuh untuk sundep, hama sundep, penyakit sundep, gejala sundep dan beluk, cara mengobati sakit sundep
Hama penggerek batang padi adalah salah satu dari sekian banyak hama utama pertanian padi. Hama penggerek batang padi ini tergolong sulit untuk di tangani. Belum lagi jika serangan penggerek batang padi datang ketika padi berada pada fase generatif, jika salah penangan efeknya padi menjadi hampa.

SIKLUS HIDUP PENGGEREK BATANG PADI

Siklus hidup penggerek batang padi berawal dari hewan ngengat. Ngengat atau yang biasa disebut kupu-kupu sawah adalah induk dari hama ulat penggerek batang padi yang bermetamorphosis dari telur-telur ngengat yang menetas.

Induk penggerek batang padi ini biasa bertelur sebanyak 50-100 butir pada pada ujung-ujung daun padi pada malam hari, Cirinya dari telur Ngengat tersebut memiliki rambut halus berwarna coklat kekuningan.

Ketika menetas ulat-ulat ini berukuran sangat kecil sehingga larva penggerek batang padi tersebut mampu masuk kecelah-celah batang padi yang sempit.

Ketika larva tersebut masuk dia akan menetap dan memakan batang padi sampai busuk. Begitulah siklus hidup penggerek batang padi.

KLASIFIKASI PENGGEREK BATANG PADI

Dalam klasifikasi penggerek batang padi kita akan menemui dua tahap siklus serangan hama ini, yaitu SUNDEP dan BELUK.

Pengertian SUNDEP

Klasifikasi penggerek batang padi yang pertama adalah sundep. Sundep ialah ketika tanaman padi memasuki masa vegetative atau masa anakan, pohon padi yang terkena serangan ulat penggerek batang padi akan mengalami daun yang melilit/tergulung.

Lama-kelamaan daun tersebut kering dan mati, penyakit ini biasa disebut lompat pucuk namun lebih popular disebut penyakit “SUNDEP”  oleh para petani.

Pengertian BELUK

Klasifikasi penggerek batang padi yang kedua yaitu Beluk. Beluk adalah Serangan hama penggerek batang padi yang menyerang tanaman padi ketika masa generative atau masa-masa padi bunting.

Serangan ini bisa di tandai ketika padi yang baru keluar berwarna putih dan hampa/ gabug.

CARA MENGATASI ULAT PENGGEREK BATANG PADI

Mengatasi hama sundep atau beluk harus dilakukan secara intensif ketika awal-awal ngengat mulai terlihat.

Karena kalau lalai, ngengat akan cepat bereproduksi, dan cara mengatasi hama ulat penggerek batang padi ini akan jauh lebih sulit ketika ulat-ulat pengerek batang padi berada di dalam batang-batang  pohon padi.

Yang menjadi bahaya adalah ketika serangan penggerek batang padi ini terjadi pada masa generative,  Hampir mustahil untuk bisa ditangani karena padi yang terkena beluk mustahil bisa berisi.

Artikel menarik lainnya
Solusi padi terkena potong leher
Cara meningkatkan hasil padi hingga 15 ton/ha
Trik agar padi tahan roboh meski di musim penghujan

Hanya saja upaya pengobatan tetap perlu dilakukan agar serangan hama ulat penggerek batang padi tidak meluas pada padi yang belum keluar.

Cara Alami Mengatasi Ulat Penggerek Batang Padi

Pada vase Vegetatip cara mengatasi penggerek batang padi bisa di tangani dengan cara alami.

Cara alami mengatasi ulat penggerek batang padi itu adalah dengan menggenangi tanaman padi dengan air setinggi pangkal batang padi, tempat ulat penggerek batang bersembunyi.

Dengan cara tersebut memaksa ulat-ulat penggerek batang padi untuk keluar dari persembunyian dan pindah ke tempat lain.

Namun jika terjadi kesulitan dengan cara alami tersebut kita bisa menggunakan jenis insektisida penggerek batang padi.


INSEKTISIDA AMPUH UNTUK PENGGEREK BATANG PADI

Ada berbagai macam jenis insektisida yang dibuat khusus untuk membunuh ulat penggerek batang padi, Namun kebanyakan insektisida yang beredar tidak berdaya membasmi penggerek batang tanaman padi.

Berikut ini kami merekomendasikan beberapa jenis merk insektisida yang ampuh untuk penggerek batang padi yang cukup diandalkan oleh para petani seperti:  Furadan, Prevathon, Abacel, Regent, Trimer, Trisula, dan Virtako.

1. Insektisida FURADAN 3GR

FURADAN 3GR. merupakan Insektisida/Nematisida sistemik berbahan aktif kardafuran, berbentuk butiran berwarna ungu untuk mengendalikan hama penggerek batang, ulet, dan nematoda pada akar tanaman padi, kentang, tomat, kapas, cabai, tembakau, cengkeh dan lain-lain.


Dosis pemakaian Furadan 3G berkisar antara 5 - 10 g/m2 atau 10 kg/ha.

2. Insektisida PREVATHON 50SC

Prevathon 50SC adalah jenis insektisida penggerek barang padi yang berbahan aktif Klorantraniliprol yang bekerja secara kontak dan lambung.

Insektisida Prevathon 50 SC  berbentuk cairan tidak terlalu kental berwarna putih untuk mengendalikan hama Ulat penggerek batang, belalang, wereng, walang sangit, orong-orong, ulat grayak dan hama perusak daun.

3. Insektisida ABACELL 18EC

Insektisida ABACELL 18EC adalah racun penggerek batang padi dengan jenis racun kontak dan lambung yang berbahan aktif Abamektin, berbentuk pekatan yang dapat diemulsikan untuk mengendalikan hama ulat grayak dan penggerek batang pada tanaman padi, bawang merah, cabai, tomat dan lain-lain.

4. Insektisida TRIMER 18EC

Insektisida TRIMER 18EC adalah racun kontak dan lambung yang berbahan aktif Abamektin, berbentuk pekatan yang dapat diemulsikan untuk mengendalikan hama ulat grayak dan penggerek batang pada tanaman padi, dan lain-lain.

jenis Insektisida paenggerek batang padi ini hampir sama dengan Abacell namun, racun ini lebih ekonomis karena lebih rendah kadar dosis pakainya.

5. Insektisida VIRTAKO 300SC

VIRTAKO 300SC Adalah  racun kontak dan sitemik berbahan aktif Klorantraniliprol, racun penggerek batang padi ini berbentuk pekatan yang larut dalam air, berwarna putih kecoklatan, untuk mengendalikan hama penggerek batang, wereng dan pelipat daun pada tanaman padi.

6. Insektisida REGENT 50SC

REGENT 50SC, adalah racun penggerek batang padi yang bekerja secara sistemik, kontak, lambung dan juga berfungsi sebagai Zat Pengatur Tumbuh (ZPT).

Berbentuk pekatan suspensi berwarna putih untuk mengendalikan hama penggerek batang pada tanaman padi, kubis, cabai, kentang, dan lain-lain.

7. Insektisida TRISULA 450 SL

Insektisida Trisula 450 SL adalah racun berbahan aktif manosultap.  Insektisida penggerek batang padi ini digunakan untuk mengendalikan hama ulat penggerek batang padi yang menyebabkan sundep dan beluk.

Kerana racun ini hanya bersifat kontak saja jadi penggunaan jenis insektisoda ini harus langsung mengenai hama ulat penggerek.

Jarang diketahui.. trik sederhana ini bisa memusnahkan hama keong mas dengan bekatul klik Go!

Subscribe to receive free email updates: