Cara tepat dan super efektif.. Mencegah padi terkena potong leher akibat jamur | Klik tani

Cara tepat dan super efektif.. Mencegah padi terkena potong leher akibat jamur

cara mengatasi penyakit patah leher pada tanaman padi, fungisida untuk patah leher padi, obat padi potong leher, solusi potong leher, mencegah padi terkena potong leher.
Penyakit potong leher pada padi sering di jumpai ketika masa tanam padi di musim penghujan, karena pada masa itu jamur Pyricularia Orizae ( penyebab utama serangan potong leher ) dapat berkembang biak dengan baik. Temperatur suhu yang rendah membuat jamur penyebab potong leher dapat berkembang dengan pesat.

Selain faktor cuaca, faktor yang menyebabkan padi terkena jamur potong leher adalah terlalu banyaknya kandungan Nitrogen pada padi sehingga daun-daun padi akan melemah yang membuat spora jamur ini dapat mudah berkembang biak. 

Cara super efektif membasi tikus Klik Disini.

Faktor ketiga yang membuat jamur Pyricularia Orizae cepat berkembang biak adalah jarak tanam yang terlalu dekat sehingga penularan jamur ini akan semakin cepat menyebar.

Pada awalnya (masa vegetatip) padi yang terkena jamur potong leher akan mengalami blast pada daun yang di tandai bintik-bintik berwarna ungu kekuning-kuningan. Tanpa penanganan jamur ini makin lama bercaknya akan semakin meluas dan membesar sehingga bercak ungu kekuning-kuningan berubah menjadi bercak kecoklatan.

Pada masa generatip serangan jamur ini membuat padi membusuk pada batang-batang leher sehingga pengisian padi tidak sempurna dan berakibat padi menjadi tidak berbobot.

Lalu solusi apa yang harus di lakukan petani padi agar tanaman padinya tidak terkena panyakit potong leher?. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat menghindarkan tanaman padi dari serangan potong leher.

  1. Gunakan bibit padi yang bebas penyakit. Artinya jangan menggunakan bibit yang pernah terkena penyakit jamur ini, karena biasanya jamur ini lebih cepat berkembang biak pada padi yang sudah terkena penyakit.
  2. Bersihkan lahan dari bekas jerami atau gulma (rumput), karna jerami dan gulma dapat memicu Miselia blas.
  3. Gunakan pupuk Urea sesuai takaran (jangan berlebihan), karena Urea mengandung banyak nitogen.
  4. Jika diperlukan gunakan Fungisida seperti, Antracol, Top Sin, Score, dan lain-lain, Untuk menghindari tanaman padi terserangan potong leher makin parah.
Hasilkan padi 15 ton/ha, Silakan Klik Go!

Subscribe to receive free email updates: