Informasi Terlengkap Seputar Padi Ketan Grendel Terbaru | Klik tani

Informasi Terlengkap Seputar Padi Ketan Grendel Terbaru

ketan grendel

Ketan grendel adalah varietas padi ketan yang banyak ditanam oleh para petani kita, bukan tanpa sebab, menanam ketan grendel memang lebih mudah perawatannya dari pada varietas padi ketan lainnya.

Tidak seperti padi ketan pada umumnya, ketan grendel terbaru banyak memiliki kelebihan, Namun sebelum membahas tentang kelebihan ketan grendel sebaiknya kita mengetahui lebih dalam tentang deskripsi ketan grendel.

DESKRIPSI KETAN GRENDEL

Padi ketan grendel memiliki bentuk tanaman yang tegak begitupun dengan daun bendera yang berbentuk tegak pula. Berikut ini adalah deskripsi ketan grendel.

Bentuk Tanaman : Tegak
Daun Bendera : Tegak
Tinggi tanaman : 90 cm
Usia Tanam : 110 HSS (Hari Setelah Semai)
Potensi Hasil : 10 ton/ha
Rata-rata Hasil : 7 ton/ha
Jumlah Anakan : 35/rumpun
PERAWATAN KETAN GRENDEL

Dalam membudidayakan ketan grendel terbaru tidak ada perbedaan perawatan ataupun cara pemupukannya dengan varietas lainnya. Semua proses dalam perawatan maupun pemupukan ketan grendel sama seperti padi.

Namun seperti padi ketan pada umumnya yang rentan terhadap hama wereng, ketan grendel juga rentan terkena hama ini, untuk itu jika anda menanam ketan grendel waspadailah sedini mungkin ancaman hama wereng ini.

KELEBIHAN KETAN GRENDEL

Ada beberapa kelebihan dalam menanam padi ketan grendel, salah satu keuntungan yang paling terlihat adalah harga beras ketan grendel pasti selalu lebih mahal.

Jika pada umumnya harga gabah kering giling berkisar Rp. 6.000/kg, maka harga gabah ketan grendel dengan kondusi yang sama memiliki selisih kelebihan Rp 1.000 - 1.500/kg dari harga gabah biasa.

Selain itu kelebihan lain dari tanaman padi ketan grendel adalah tidak mudah roboh / rebah, meski varietas padi ketan, batang tanaman memiliki struktur yang kokoh sehingga mampu menopang bobot gabah yang berat.

Jumlah anakan ketan grendel juga terbilang banyak, sehingga mampu rata-rata tiap hektare sawah menghasilkan sebanyak 7 ton gabah kering panen.

KELEMAHAN KETAN GRENDEL

Pada dasarnya setiap padi ketan memiliki kelemahan yang sama yaitu rentan sekali terkena serangan hama wereng.

Untuk memcegah dan mengantisipasi serangan hama ini  anda bisa menggunakan insektisida atau solar dan oli bekas untuk memusnahkan hama ini.

Cara terbaru menggunakan solar dan oli bekas untuk membasmi wereng klik Go!



Subscribe to receive free email updates: