Pasti jossss.. Hadapi penyakit bercak daun coklat pada tanaman padi dengan fungisida ini. | Klik tani

Pasti jossss.. Hadapi penyakit bercak daun coklat pada tanaman padi dengan fungisida ini.

obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi,
 Penyakit bercak daun coklat banyak di temui di negara-negara produsen  padi di kawasan  Asia dan di Afrika. Di Indonesia sendiri, penyakit ini sering ditemukan pada tanaman padi,  terlebih lagi di tanah marginal yang memang kondisinya kurang subur. Di Indonesia ada daerah yang sudah menjadi endemic penyakit bercak daun coklat ini seperti daerah Gogorancah di NTB,  Gunung Kidul, dan sebagian Lampung.

Penyakit bercak daun coklat ini dapat menyerang tanaman padi pada saat persemaian yang mengakibatkan tanaman padi mati karena adanya pembusukan pada koleoptil, batang dan akar tanaman padi. Serangan ini juga bisa menyerang daun dan bulir padi, dan apabila bulir-bulir padi yang  terserang akan dapat di pastikan menurunnya kualitas gabah. 

Gejala awal yang sering muncul dari penyakit bercak daun coklat ini adalah adanya bercak berwarna coklat tua pada permukaan daun padi, berbentuk oval hingga bulat kecil-kecil, dan lama-kelamaan bercak tersebut akan semakin membesar sehingga membuat daun padi menjadi kering. Selain menyerang daun padi, penyakit ini juga bisa menyerang tangkai malai, bulir, dan batang tanaman padi. Menurut Palmer dan Supriaman (1979) gejala serangan penyakit bercak daun coklat mulai tam¬pak 2 - 4 minggu setelah tanaman padi dipindahkan, dan gejala paling hebat terjadi sekitar satu bulan sebelum panen.
obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi, obat padi bercak daun coklat, bercak daun coklat pada padi,

Penyakit bercak daun coklat (brown leaf spot) pada tanaman padi (oryza sativa l) ini disebabkan  kurangnya ketersediaan unsur hara tanah. Tanaman yang kurang sehat akan  sangat mudah terserang jamur  ini. Selain itu penyakit bercak daun coklat bisa di sebabkan oleh jamur Helminthosporium oryzae atau Drechslera oryzae (Cochliobolus miyabeanus). Kedua jamur ini hidup sebagai pada
Ada beberapa cara pencegahan dagar tanaman padi tidak terserang penyakit bercak daun coklat yaitu antara lain:

  • Atur jarak tanam agar tidak terlalu rapat apalagi di saat musim hujan. Dan sangat di anjurkan menggunakan cara tanam sistem legowo.
  • Gunakan urea secukupnya dan  di imbangi dengan unsur K.
  • Gunakan benih bervarietas tahan terhadap jamur 
  • Pemupukan berimbang yang lengkap, yaitu 250 kg urea, 100 kg SP36, dan 100 kg KCl per ha.
Namun jika serangan sudah terjadi pada lahan pertanian padi kita, segera lakukan antisipasi dengan memberikan penyemprotan fungisida dengan bahan aktif difenoconazol, karbendazim, metil tiofanat, difenokonazol, tebukonazol azoxistrobin, belerang, atau klorotalonil. Funggisida berbahan aktif tersebut bisa kita dapatkan dari berbagai merk seperti antracol, dithane, score, anvil, folicur, Nativo, opus, indar, dan lain-lain.

 
Namun perlu di ingat penggunaan fungisida juga harus menyesuaikan dosis yang di anjurkan  agar tidak menimbulkan efek samping yang berakibat jamur tersebut mengalami resistansi.


Subscribe to receive free email updates: