Dampak negatif menggunakan solar dan oli bekas dalam membasmi wereng | Klik tani

Dampak negatif menggunakan solar dan oli bekas dalam membasmi wereng


membasmi wereng
Wereng batang coklat adalah satu dari sekian banyak serangga yang menjadi hama bagi tanaman padi.

Hama wereng menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi para petani, karena ketika membasmi wereng dengan menggunakan pestisida, namun karena tingkat adaptasi wereng begitu tinggi maka dengan mudahnya wereng mengalami resistansi terhadap pestisida.

Jadi tidak heran jika banyak petani yang mencoba berbagai macam jenis pestisida untuk membasmi wereng, namun  berkahir hanya dengan kesia-sian.

Salah satu alternatif dalam membasmi wereng adalah dengam menggunakan solar dan oli bekas, dimana hal ini memang terbukti ampuh dalam mengendalikan wereng hingga 80 % dari populasi.

Memang ada beberapa keuntungan dengan menggunakan oli dan solar dalam upaya menumpas wereng, diantaranya biaya yang di keluarkan sangat ringan bila di bandingkan dengan insektisda pembasmi wereng yang harganya mencapai ratusan ribu rupiah.

Artikel terkait.
Racun terampuh dan terbaik dalam membasmi wereng
Solusi terbaik menghadapi virus kerdil padi
Varietas-varietas padi unggul ini, sangat tahan terhadap hama wereng

Selain itu daya basmi solar dan oli bekas juga tidak kalah dengan pestisida yang khusus dibuat untuk memusnahkan wereng, bahkan tingkat efektifitas oli dan solar bekas menurut beberapa petani yang telah mencoba hal tersebut, masih mengungguli solar dan oli bekas dari padamenggunakan  pestisida.

Namun perlu diperhatikan, bahwa menggunakan solar dan oli bekas dalam mengantisipasi serangan wereng  memiliki dampak negatif bagi tanaman padi yang kita tanam.

Dampak negatif yang paling terasa adalah mudahnya daun padi terserang panyakit kresek atau hawar daun, hal ini di karenakan solar yang mengandung oktan cukup tinggi terpapar kedaun-daun padi.

Selain mudahnya daun padi terkena penyakit hawar daun, dampak selanjutnya adalah berkurangnya bobot gabah. Efek ini tercipta karena berkaitan dengan penyakit hawar daun yang disebabkan oleh bakteri dan jamur akibat dampak penggunaan solar dan oli bekas.

Sudah kita ketahui pohon padi yang terkena penyakit hawar daun akan mengurangi produktivitas dan bobot gabah.

Artikel terkait
Plus minus insektisida Plenum 50WG
Tekhnik rahasia membasmi wereng

Efek samping terakhir dari penggunaan solar dan oli bekas dalam membasmi wereng adalah menurunya tingkat kesuburan tanah akibat tercemarnya tanah sawah oleh solar dan oli bekas. sehinnga tanah makin lama makin kurang tingkat kesuburannya.
Demikianlah efek negatif dari penggunaan solar dan oli bekas dalam membasmi wereng. semoga bermanfaat tulisan ini bermanfaat. Bagikan tulisan ini ke media sosial yang anda ikuti dibawah ini, agar para petani mengetahui efek buruk dari penggunaan oli dan solar dalam mengendalikan wereng. Terimakasih.



Subscribe to receive free email updates: