Herbisida untuk menumpas gulma berdaun sempit dan lebar | Klik tani

Herbisida untuk menumpas gulma berdaun sempit dan lebar

Gulma berdaun lebar dan Sempit

Sudah menjadi takdir Illahi bahwa setiap kali kita menanam padi pasti akan tumbuh rumput. Tetapi berbeda dengan sebaliknya ketika kita mananam rumput tidak akan tumbuh padi.

Falsapah diatas memang sangatlah tepat, ketika kita sedang membudidayakan padi pasti akan disertai munculnya Gulma pengganggu tanaman.

Jenis gulma yang tumbuhpun beragam, dari mulai yang berdaun lebar hingga berdaun sempit.

Kedua jenis gulma tersebut sangat lazim ditemui di sela-sela tanaman padi. Semisal jenis gulma berdaun lebar seperti eceng atau sejenis rumput berdaun sempit seperti rumput grintingan.
Biasanya jenis gulma berdaun lebar lebih banyak ditemukan di area pesawahan dibandingkan dengan gulma berdaun sempit.

Dalam membasmi gulma di sela-sela tanaman padi, Jenis gulma berdaun lebar lebih mudah untuk di kendalikan dari pada gulma yang berdaun sempit.

Hal itu di karenakan karena kebanyakan gulma berdaun lebar memiliki struktur tubuh lebih rentan dan lemah, jadi ketika terpapar herbisida maka akan langsung bereaksi.

HERBISIDA UNTUK GULMA BERDAUN LEBAR

Herbisida yang cocok untuk gulma berdaun lebar yang tidak memiliki dampak negatif ke tanaman padi sudah sering kita jumpai dan banyak beredar dan dijual di kios-kios pestisida.

Merk TIGOLD dan ALLY PLUS adalah herbisida yang paling banyak digunakan di kalangan petani untuk membersihkan gulma berdaun lebar, karena memang terbukti tidak memiliki efek samping terhadap tanaman padi.

HERBISIDA UNTUK GULMA BERDAUN SEMPIT

Untuk herbisida membasmi gulma berdaun sempit, seperti glintingan, teki, adas-adasan. biasanya petani memilih herbisida dengan merk INDAMIN, RECISTAR, BANTAENG.

Ketiga obat rumput tersebut mampu untuk menghentikan pertumbuhan rumput-rumput berdaun sempit, namun herbisida diatas memiliki efek samping terhadap tanaman padi.

Tanaman padi yang terkena herbisida tersebut akan menguning ujung-ujung daunnya, maka perlu diperhatikan dosis penggunaan herbisida tersebut, agar dampaknya tidak terlalu signifikan terhadapan tanaman padi tang kita tanam.

Subscribe to receive free email updates: