Penyebab, Dampak, Mencegah, dan Mengatasi Hama putih palsu pada tanaman padi. | Klik tani

Penyebab, Dampak, Mencegah, dan Mengatasi Hama putih palsu pada tanaman padi.

hama putih palsu
Hama putih palsu atau dalam bahasa latin disebut Cnaphalocrocis Medinalis adalah salah satu hama yang menyerang tanaman padi.

Serangan hama ini biasanya menyerang tanaman padi pada fase vegetatif ditandai dengan daun-daun padi terdapat bercak putih (lihat gambar).

PENYEBAB HAMA PUTIH PALSU

Penyebab terjadinya hama putih palsu itu disebabkan oleh ngengat berwarna kuning coklat yang memiliki 3 buah pita hitam. Pita hitam itu terdapat pada sayap depan dengan garis lurus atau terputus.

Artikel terkait
Cara pemupukan yang tepat dengan dosis yang sesuai
Cara memperbanyak anakan padi ptoduktif
Pasti JOSH.. Menupas bercak daun coklat padi

Ngengat akan melakukan metamorposis, hasil dari metamorposis tersebut berupa larva yang akan menghisap zat kloropil daun, setelah menghisap daun tersebut larva yang bersembunyi di lipatan putih daun tersebut akan berpindah kedaun yang lain.

DAMPAK HAMA PUTIH PALSU

Hama putih palsu pada padi akan berdampak negatif jika terjadi serangan pada fase anakan maksimum, Hal ini akan berefek pada keterlambatan tumbuh sehingga padi tidak besar serempak.

Hama putih palsu memang bukanlah menjadi hama utama tanaman padi, seperti wereng dan tikus.

Tetapi jika di biarkan tentu akan akan menurunkan kualitas gabah, sehingga merugikan bagi para petani.

OBAT UNTUK MENGATASI HAMA PUTIH PALSU

Untuk mengantisipasi hama putih palsu pada tanaman padi ini kita bisa menggunakan Insektisida berbahan aktif dimehipo seperti SPONTAN dan ABACEL.

Sebenarnya Hama putih palsu bisa sembuh sendiri apabila pengelolaan air dan pupuk di lakukan dengan cara yang tepat dan sesuai.

Tetapi agar hama ini tidak meluas, lakukan pengeringan air dari sawah agar tidak terjadi kelembaban, sehingga hama putih palsu ini tidak bisa berkembang.

CARA MENCEGAH HAMA PUTIH PALSU

Cara yang tepat untuk mencegah hama putih palsu menyerang tanaman padi adalah dengan melakukan pemupukan tepat waktu dan sesuai dosis.

Selain itu atur pola air agar tidak terjadi kelembaban yang berlehihan, hal ini bertujuan agar larva-larva ngengat penyebab terjadinya putih palsu sulit untik beradaftasi.



Subscribe to receive free email updates: