Pencegahan dan solusi terbaik, untuk mengendalikan penyakit kerdil pada tanaman padi | Klik tani

Pencegahan dan solusi terbaik, untuk mengendalikan penyakit kerdil pada tanaman padi

padi kerdil

Serangan virus kerdil yang menyerang tanaman padi, dikenal di kalangan petani dengan istilah virus zong.

Belum lama ini virus kerdil padi menyerang tanaman para petani di daerah Karawang, yang mengakibatkan banyak petani yang mengalami gagal panen (Puso).

Virus kerdil padi sangat cepat pertumbuhannya dalam menyerang tanaman padi, maka dari itu para petani harus mewaspadai jika ada sebagian tanaman padi ada yang terkena virus kerdil tersebut.

Virus yang menyebar pada tanaman padi dan membuat pohon padi menjadi kerdil ini di bawa oleh hama wereng coklat, yang mana wereng coklat  ini sebagai vector utama penyebar virus kerdil.

Jadi ketika banyak wereng coklat menyerang, maka kita harus secepat mungkin memusnahkan wereng coklat ini, Agar tanaman padi yang kita tanam tidak terjangkit dengan virus kerdil ini.

Artikel menarik lainnya
Cara membuat pestisida nabati dengan berbagai macam sisa sayuran
Racun terampuh dan terbaik pembasmi wereng

Virus bawaan wereng coklat ini dapat di bedakan menjadi 2 penyakit kerdil yaitu: Penyakit kerdi hampa, dan penyakit kerdil rumput.

1. Penyakit Padi Kerdil Hampa


Seperti yang tadi kita bahas diatas tadi, bahwa virus kerdil hampa  pada padi bisa ditularkan oleh hama wereng cokelat.

Tetapi bukan hanya wereng coklat saja yang dapat menularkan virus kerdil hampa ini, kelompok dari  genus Nilaparvata pun bisa menularkan virus kerdil ini.

Dalam penyebarannya, virus kerdil hampa ini dapat berkembang dan  memperbanyak diri di dalam tubuh vektornya, tetapi virus ini tidak dapat ditularkan melalui telur, air, tanah,  maupun penyebaran secara mekanik.

Jadi dapat diartikan virus ini dapat menyebar ketanaman padi dengan banyaknya vector (wereng coklat) yang ada di tanaman padi.

Gejala tanaman padi terkena penyakit kerdil hampa

Tanaman padi yang  terserang  penyakit kerdil hampa akan mengalami stagnasi pertumbuhan, daunnya akan terlihat agak memendek, dan warna daun akan menjadi hijau tua. Tunas daun padi tumbuhnya memutar dan pada ujung  tepinya terlihat robek.

Ciri lainnya adalah, anakan padi akan bercabang dan pada tulang daun terjadi pembengkakan, selain itu akan terjadi pula penghamabtan saat keluarnya malai yang mana hal tersebut menyebabkan bulir menjadi hampa (beluk).

2. Penyakit padi Kerdil Rumput
 obat padi kerdil rumput, virus penyebab tanaman padi kerdil,gejala kerdil pada tanaman padi, penyakit kerdil disebabkan virus pada tanaman padi,penyebab penyakit kerdil pada tanaman padi, mengatasi kerdil pada tanaman padi, insektisida untuk padi kerdil,penyebab penyakit kerdil pada padi, obat padi kerdil rumput

Seperti halnya dengan penyakit kerdil hampa, penyakit kerdil rumput juga disebabkan oleh virus zong yang dibawa oleh hama wereng coklat.

Virus yang menyebabkan penyakit kerdil rumput berbentuk benang yang sangat halus dengan bentuk melingkar berdiameter 6-8 mm dengan panjang antara 950-1.350 mm.

Partikel virus ini hampir mirip dengan virus yang menyebabkan penyakit daun padi menjadi bergaris putih.
Gejala padi terkena penyakit kerdil rumput.

Tanaman padi yang terserangg penyakit kerdil rumput akan menjadi kerdil dengan batang  pohon yang tegak tetapi jumlah anakan akan meningkat (sangat banyak),  daunnya memendek, sempit, dengan warna daun menjadi hijau pucat atau kekuningan dengan timbulnya bercak berwarna cokelat. 

Efek kerusakan yang timbulkan dari penyakit kerdil rumput  ini tergantung dari usia tanaman padi pada saat terjadinya serangan ( terinfeksi ), Jika pada saat terinfeksi umur tanaman sudah memasuki masa generatip (60 HST), maka persentase kerusakan tanaman akan rendah.

Penularan virus kerdil rumput maupun kerdil hampa terjadi secara persisten oleh wereng cokelat maupun dari  spesies Nilaparvata lainnya.

Virus ini dapat berkembang sangat pesat  di dalam tubuh vektornya, tetapi virus ini tidak dapat menularkan kepada telurnya.

Bila terjadi ledakan serangan hama wereng cokelat maka akan sangat besar kemungkinannya akan timbul endemic kedua  penyakit kerdil ini.

Cara pengendalian penyakit padi kerdil hampa dan kerdil rumput.

Menggunakan pestisida memang banyak di pilih para petani untuk bisa secepatnya mengendalikan hama wereng coklat, karena selain berdampak menimbulkan virus zong yang berakibat padi menjadi kerdil.

Dampak yang paling signifikan dari hama wereng coklat adalah keringnya tanaman padi yang berakibat timbulnya kematian pada pohon padi, kerana terhisap nutrisinya oleh wereng coklat.

Ada beberapa cara dalam membasmi hama wereng coklat, seperti yang pernah kami tulis sebelum tulisan ini. Bagi yang belum membaca kami sarankan untuk membacaya.

Insektisida terbaik menghadapi wereng Dan Tehnik rahasia menghadapi wereng.

Namun demikian penggunaan  pestisida juga  harus dilakukan secara hati-hati dan bijaksana agar tidak timbul dampak resistansi terhadap hama wereng coklat.

Selain membasmi wereng coklat, hal yang tidak kalah pentingnya untuk mengendalikan penyebaran penyakit kerdil hampa ataupun kerdil rumput.  yaitu:

Memusnahkan tanaman padi ataupun gulma yang terinfeksi, bisa dengan cara mencabut ataupun membenamkan tanaman padi dan gulma yang telah terinfeksi.

Agar tanaman padi yang belum terinfeksi dengan virus zong ini bisa diselamatkan.

Pencegahan agar tanaman padi terhindar dari penyakit padi kerdil hampa dan kerdil rumput.

Untuk pencegahaan agar penyakit kerdil rumput maupun kerdil hampa tidak menyerang tanaman padi bisa  dilakukan dengan pengintegrasian dalam satu system.

Artinya terintegrasi satu system itu, mencegah hama wereng coklat dari sedini mungkin.

Dengan cara menanam  varietas padi yang tahan wereng  dan membuat jarak tanam yang ideal agar sirkulasi udara dan penyerapan sinar UV pada daun padi untuk berfotosistesis menjadi lancer dan tercukupi.

Subscribe to receive free email updates: