Info Terlengkap Tentang Tanaman Padi | Klik tani

Info Terlengkap Tentang Tanaman Padi

tanaman padi

Tanaman padi menjadi salah satu tanaman pokok terpenting bagi kehidupan, Karena nasi yang bermula dari tanaman padi menjadi makanan utama bagi manusia, maka keberadaan beras menjadi sesuatu yang diburu keberadaanya, Sehingga tanaman padi banyak dibudidayakan oleh sebagian besar petani.

Sebagai makanan utama nasi yang berasal dari bulir-bulir padi menjadi makanan favorit manusia hampir di seluruh belahan dunia ini. Jadi tidak heran jika banyak di negara lainpun membudidayakan tanaman padi untuk ketahanan pangannya.

Bahkan di negara tetangga seperti Vietnam dan Thailand budidaya tanaman padi menjadi salah satu pemasok devisa yang cukup besar, karena tingginya produktivitas padi disana.

Sejarah Tanaman Padi di Indonesia

Jika kita menilik asal usul atau sejarah tanaman padi, Tanaman padi berasal dari Negeri Hindustan dan daratan Indocina yang di bawa oleh nenek moyang kita masuk ke Nusantara sejak 1.500 SM.

Tapi sebagian masyarakat kita terutama masyarakan Pasundan Sejarah tanaman padi tidak lepas dari legenda seorang dewi yang bernama Dewi Sri.

Diceritakan ada seorang dewi yang cantik jelita, karena kecantikannya itu banyak sekali raja yang ingin memperistrinya, namun Dewi Sri tidak pernah mau menikah hingga akhir hayatnya.

Karena keteguhannya itu dan wasiatnya sebelum meninggal, makam Dewi Sri ditumbuhi berbagai macam tanaman dan salah satu tanaman itu adalah padi, Begitulah sejarah tanaman padi.

Ciri - ciri  Tanaman Padi


Bahasa latin tanaman padi adalah Oryza sativa yang termasuk kedalam Family Poaceae

Artikel Terkait
Perbedaan Insektisida, Herbisida, Fungisida dan Jenis Pestida lain.
Kode Formulasi Pestisida Seperti EC, GR, SC dan lain-lain
Nama-nama padi yang beredar di Indonesia

Untuk mengetahui deskripsi tanaman padi sebaiknya kita lihat gambar di bawah ini sebagai informasi susunan klasifikasi tanaman padi.
tanaman padi
Klasifikasi Tanaman Padi

Karena masih termasuk suku Padi-padian, maka bentuk tanaman padi berdaun sempit memanjang berwarna hijau dan berserat, akar serabut, batang tegak, berbunga majemuk, serta  buah yang berupa bulir yang tidak dapat dibedakan antara buah dan biji (Kariopsis).

Ciri-ciri tanaman padi di atas merupakan ciri umum tanaman yang tergolong dalam suku Poaceae.

Manfaat Tanaman Padi

Salah satu yang menjadikan tanaman ini menjadi tanaman budidaya terpenting adalah karena manfaat tanaman padi cukup lengkap bagi manusia. Berikut ini 2 manfaat tanaman padi bagi manusia.

1. Sumber Nutrisi

Kandungan karbohidrat yang cukup bagi manusia sehingga nasi menjadi makanan pokok, selain karbohidrat, nutrisi lain juga terdapat padi nasi yaitu, protein, gula, dan vitamin dan lain-lain.

Dengan begitu banyaknya nutrisi jadi tidak heran, nasi mampu memenuhi hampir semua nutrisi yang di perlukan tubuh manusia untuk baraktivitas.

2. Mampu Menjaga Kesehatan.

Dengan mengkonsumsi nasi secara teratur dan sesuai, tubuh dan stamina manusia akan lebih terjamin daya tahannya dengan demikian kesehatannya pun akan terjaga dengan baik.

Untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang budidaya tanaman padi, perawatan dan pemupukan tanaman padi, hingga mengatasi hama dan  penyakit tanaman padi, anda bisa berkunjung ke Sini sebagai referensi blog pertanian dan info terupdate tentang dunia pertanian.

Subscribe to receive free email updates: