Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jamur Ustilago, penyakit padi yang membawa berkah.

Jamur Ustilago biasa di temui pada tanaman padi dan jagung, namun bagi petani padi kehadiran jamur ustilago dianggap sebagai pembawa berkah.

Kenapa kehadiran jamur ustilago bisa dianggap sebagai pembawa berkah bagi petani padi?, Berikut ulasan tentang jamur ustilago.

Jamur Ustilago ( Jamur Oncom )

Pernahkah anda melihat atau mendapati tanaman padi anda mengalami pecah bulir sehingga bulir-bulir padi diselimuti jamur menyerupai popcron kuning?, jika situasi tersebut pernah anda alami berarti padi anda terserang jamur Ustilaginoidea Virens atau biasa disebut Jamur Ustilago.


Jamur Ustilago pada padi bisa dipicu karena tanaman padi terlalu banyak mendapat pupuk nitrogen (Urea) sehingga membuat bulir-bulir padi meletus dan berjamur seperti oncom.

Jamur ustilago juga bisa terjadi karena tanaman padi yang terlalu lembab sehingga dapat memicu jamur ini berkembang biak.

jamur ustilago

Agar tanaman padi terhindar dari penyakit jamur ustialgo ini, sebaiknya para petani tidak menggunakan pupuk urea (nitrogen) secara berlebihan, karena selain bisa memicu tumbuhnya jamur Ustilago, penggunaan pupuk urea secara berlebihan dapat mengakibatkan batang-batang padi mudah roboh/rebah.

Selain itu mengatur jarak tanam padi juga diperlukan agar tanaman padi cukup mendapat sinar matahari sehingga tidak terjadi kelembaban pada tanaman sehingga jamur Ustilago tidak bisa berkembang biak.

Jika ditemukan tanaman padi yang terserang jamur ustilago sebaiknya petani membuang bulir padi yang terserang jamur ustilago agar tidak menyebar ke bulir-bulir padi yang lain.

Namun jika terlalu banyak bulir padi yang terserang sebaiknya gunakan fungisida agar jamur ustilago tidak bisa bereproduksi lagi. Ada beberapa fungisida yang mampu mengantisifasi serangan jamur ustilago diantaranya adalah, Delsene, Topsin 500SC, Daconil dan lain-lain.

Artikel menarik lainnya

Dalam beberapa banyak kasus penyakit jamur pada padi, jamur ustilago di anggap sebagai pembawa berkah, terlepas dari benar atau tidaknya, jamur ini biasanya menandakan bahwa tanaman padi petani yang terkena jamur tersebut akan mengalami peningkatan produksi yang cukup signifikan  secara hasil tonasenya.

Demikianlah ulasan tentang jamur ustilago atau biasa disebut jamur oncom, semoga tulisan ini bermanfaat. Terimakasih.