Jenis Pohon Cemara Yang Cantik Jika di Jadikan Bonsai - kliktani.com

Jenis Pohon Cemara Yang Cantik Jika di Jadikan Bonsai

Pohon cemara merupakam salah satu jenis tumbuhan yang bisa dibuat bonsai yang cantuik dan unik, bentuknya yang kerucut serta ranting pohon yang beruas-ruas, membuat  tumbuhan yang satu ini menjadi tanaman iconik  ketika perayan Natal tiba. Pohon Cemara sendiri terbagi menjadi 70 Jenis pohon, tetapi hanya beberapa jenis pohon cemara yang cantik jika di jadikan Bonsai.

Pohon Cemara sendiri merupakan tumbuhan hijau abadi yang jika di lihat sepintas mirip seperti tumbuhan tusam, karena ranting pohon cemara yang beruas pada dahan besar kelihatan seperti jarum, dan buahnya mirip runjung kecil. Namun pada kenyataannya pohon cemara ini bukan termasuk Gymnospermae, sehingga mempunyai baik jantan maupun betina pasti berbunga. Perbedaanya bunga betina tampak seperti berkas rambut, kecil dan kemerah-merahan, sedangkan yang jantan tidak.

Berikut ini adalah Jenis pohon Cemara yang bisa di jadi Bonsai cantik.

1. Cemara Angin


Jenis pohon cemara Angin merupakan tanaman yang membutuhkan matahari penuh sepanjang hari dan air yang cukup agar tetap subur, jadi wajib disiram setiap hari agar tetap tumbuh subur.

Pohon Cemara dengan latin Casuarina Junghuhniana ini sanggup tumbuh tinggi mencapai tinggi 5 meter bahkan lebih, daunnya yang tipis serta lembut mudahkanya bergoyang bila tertiup angin.


Salah satu Tanaman asli Indonesia ini dahulu populer sebagai penghias gedung-gedung besar, seperti gedung universitas, Rumah Sakit dan gedung pemerintahan.

2. Cemara Buaya


Cemara Buaya sangat diminati para penggiat bonsai untuk dijadikan bonsai, karena pertumbuhan batangnya yang menyamping dan bisa asimetris, sehingga banyak pencinta bonsai banyak bereksperimen dengan jenis pohon cemara ini

Berasal dari  daerah Amerika Utara, Cemara Buaya  ini memiliki ciri banyaknya cabang percabangan, dengan daunnya yang lebat. Jika dibuat menjadi bonsai, motif bonsai cemara buaya bisa sangat Indah karena seolah-olah pohon purba.

Bonsai cemara buaya ini biasa ditempatkan di pot, dan diletakan di pekarangan rumah anda atau didalam diruangan.  Tetapi perlu diperhatikan agar tanaman ini tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup. 

3. Cemara Kipas


Thuja Occidentalis yang biasa disebut  pohon Cemara Kipas oleh masyarakat Indonesia, Namun tidak sedikit juga orang menyebutnya dengan nama Cemara Ceker Ayam, karena memang daun dari tanaman ini yang berbentuk seperti ceker ayam (kaki ayam).

Di daratan Eropa tanaman Cemara Kipas biasa diperuntukan untuk pengisi taman, hal ini tidak lain karena bentuk pohon cemara ini yang eksotis, selain itu jenis cemara kipas menyukai kondisi tumbuh yang lembap.

Karena pada dasarnya pohon cemara dapat tumbuh secara alami pada hutan basah, atau di rawa-rawa dengan ketinggian mencapai kurang lebih 10-20 meter diatas permukaan laut.

4. Cemara Pensil


Dengan nama Latin Cupressus Sempervirens, atau juga di sebut dengan nama Cypress Mediterania serta Cypress Tuscan.  Cemara Pensil adalah tanaman cemara yang berasal dari wilayah Mediterania.

Cemara Pensil biasa disebut dengan pohon Natal, karena jenis pohon cemara inilah yang selalu di gunakan untuk keperluan Natal. Selain itu juga tanaman ini juga dikenal dengan sebutan “drama tree” sebab pohon cemara ini bisa membungkuk bila terkena angin walaupun anginya pelan atau sepoi-sepoi.

5. Cemara Norfolk


Memiliki nama Latin Asian Araucaria heterophylla. Cemara Norfolk  sering juga disebut dengan cemara ‘bintang pinus’. Jenis cemara yang satu ini berasal dari Pulau Norfolk, pulau kecil di Samudera Pasifik, sehingga samapi saat ini disebut denganm Cemara Norfolk.

Perbedaan Norfolk dengan jenis pohon cemara lainnya adalah banyaknya cabang yang simetris yang berbentuk seperti jarum tumpul berbentuk garis segitiga. Tetapi ketika sudah tinggi Cemara Norfolk menjadi tidak simetris, kemudian cabang-cabang tersebut yang ada di bagian bawahnya akan menjadi cokelat lalu gugur.

6. Cemara Udang


Cemara Udang adalah jenis pohon cemara asli dari Indonesia, dengan nama latin Casuarina equisetifolia linn tanaman tanaman asli Nusantara ini, memiliki batang yang besar, kulit hitam kasar, dan daun dengan ujung lancip seperti jarum.

Jika di jadikan Bonsai Jenis cemara udang ini sangatlah unik dan cantik, karana pada dasarnya pohon cemara ini memiliki batang yang cukup besar, sehingga banyak yng berlomba-lomba membuatnya menjadi se kerdil mungkin. Bonsai dari Cemara Udang bisa di bentuk seartistik mungkin,  karena batang  tanaman ini dapat melengkung seperti udang

7. Cemara Pua


Cemara Pua dapat di kenali dengan daunnya yang berbentuk seperti tanduk rusa selain itu daunya juga memiliki warna hijau tua. Jenis Cemara pua paling sering dijjadikan untuk hiasan taman dan halaman rumah, karena jenis cemara yang satu ini cukup mudah perawatannya.

Cukup memberikan pasokan air, cemara pua dapet tumbuh dengan sehat selain itu pemberian air yang cukup dapat mencegar daun cemara pua rontok.

8. Cemara Lilin / Cemara Pecut


Pohon cemara lilin memiliki bentuk mengerucut di ujung atas tanaman seperti motif pecut (cambuk), maka tidak heran  jika banyak yang menyebutnya dengan nama nama Cemara Pecut.

Cemara khas Indonesia ini biasanya ditanam untuk menghiasi pinggir jalan atau jalan setapak menuju bangunan, karena daun cemara Lilin ini yang menggerombol. Tinggi tanaman ini tsanggup mencapai 10 hingga 15 meter. 

9. Cemara Embun 


Dinamakan Cemara Embun karena tanaman ini daunnya seolah-olah selalu berembun, warna daunnya yang hijau keputih putihan pada daun dari cemara embun seakan-akan selalu basah oleh embun.

Tanaman cemara embun ini memiliki postur relatif sedikit jafi sangat cocok jika ditanam dalam pot untuk memperindah halaman rumah anda.

10. Cemara Renthes


Cemara Renthes adalah tanaman cemara yang daunnya lebat dengan bentuk daun yang runcing, batang tanaman ini tumbuh kesegala arah hingga terkesan semeraut, namun dengan bentuknya yang kurang teratur membuat cemara ini terlihat eksotik.

11. Cemara Chinese Golden


Pohon Cemara Chinese Golden ini mempunyai daun yang unik, sebab seluruh daunnya berwarna kuning.  Sehingga tidak nampak kelihatan suatu perbedaan apapun antara masa daun yang sudah menguning karena tua dan daun cemara ini yang  sehat. 

Jadi sangat tepat dan cocok jika cemara Chinese Golden ini di tanam di pekarangan rumah anda, dan jika di buat bonsai cemara ini menjadi lebih bernilai lagi.

12. Cemara laut


Cemara laut atau Casuarina equisetifolia adalah tanaman cemara yang sering dijumpai di pinggir pantai atau pesisir laut. Nama lain dari pohon cemara laut ialah Australian pine atau beach she-oak.

Pohon ini memiliki batang tipis namun tahan terhadap angin laut yang kencang,  daun cemara laut mudah sekali rontok, tumbuh merunduk, bentuknya seperti jarum dengan warna hijau keabu-abuan. 

Dan jika dibuat bonsai, tanaman crnara laut ini sering disebut dengan nama bonsai cemara perak.


Demikianlah artikel tentang jenis pohon cemara yang dapat di jadikan bonsai yang xantik dan unik, semoga pemaparan tentang tanaman ini bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Jenis Pohon Cemara Yang Cantik Jika di Jadikan Bonsai "

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan