Jenis Kaktus Yang Unik Untuk Dijadikan Tanaman Hias - kliktani.com

Jenis Kaktus Yang Unik Untuk Dijadikan Tanaman Hias

Jenis Kaktus yang cantik untuk di jadikan Tanaman Hias – Kliktani.com. kaktus merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah dan Brazi. Jenis kaktus di dunia ini mencapai  jenis, namun hanya beberapa jenis kaktus yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias, dan biasanya jenis kaktus yang banyak di gunakan sebagai tanaman hias jenis kaktus mini merupakan jenis tanaman yang cantik dan unik.

Tanaman Kaktus merupakan tumbuhan berbunga anggota dari famili Cactaceae. Kaktus sendiri dapat bertahan hidup tanpa air dalam waktu yang sangat lama, tak heran jika kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering seperti gurun berpasir.

Tanaman Kaktus mini yang biasa di jadikan tanaman hias baik itu outdoor maupun indoor  juga memiliki beberapa jenis, nah,  bagi anda yang ingin  mempercantik halaman atau ataupun ruang kerja anda, anda bisa memilih beberapa jenis kaktus berikut ini.

1. Kaktus Ariocarpus


Kaktus Ariocarpus ini adalah salah satu tanaman jenis kaktus yang sangat spesial, kenapa bisa disebut sepesial?, karena jenis kaktus ini merupakan satu-satunya kaktus yang tidak berduri, selain itu tanaman kaktus ini juga bisa  bermutasi.

Jika  Kaktus Ariocarpus sudah bermutasi maka harga dari tanaman ini menjadi sangat fantastis, karena Kaktus Ariocarpus yang sudah bermutasi keradaanya sangat langka, sehingga banyak kolektor tanaman hias yang memburu jenis kaktus ini.

Kaktus Ariocarpus dianggap sebagai “Rajanya Kaktus”, Karena kaktus ini sangat  melambangkan kemewahan. Diberkahi bunganya yang cantik dengan warna kelopak bunga yang beragam dan cerah, seperti pink, ungu, merah putih, dan kuning.

Selain bunganya yang cantik, Daun kaktus Ariocarpus ini juga sangatlah unik, karena memiliki 3 jenis daun yang berbeda bentuk ada yang tumpul, meruncing, dan melengkung, bahkan ada juga daun yang berbentuk menyerupai prisma.

2. Kaktus Cereus Tetragonus


Jenis Kaktus Cereus Tetragonus ini memiliki bentuk yang menyerupai seperti sebuah Istana. Bentuk Kaktus Cereus Tetragonus ini  seperti menara, tingginya bisa mencapai 2 meter, sehingga jika tumbuh banyak maka akan terlihat seperti kastil negri dongen.

Kaktus Cereus Tetragonus Cocok buat dijadikan tanaman hias dalam pot, ataupun sebagai tanaman pagar karena tinggi menara Kaktus Cereus Tetragonus yang bisa mencapai 6 kaki.

3. Kaktus Astrophytum


Sudah sama-sama kita ketahui bahwa jenis tanaman kaktus memang terkenal dengan pertumbuhannya yang sangat lambat. Seperti Jenis kaktus Astrophytum ini, Untuk mencapai ukuran 5 cm saja membutuhkan waktu 4 hingga 5 tahun untuk bisa mencapai ukuran tersebut.

Untuk mempercepat proses pertumbuhan Jenis kaktus Astrophytum adalah dengan cara meletakannya diruangan yang tertutup 100% . Dan jika kaktus tersebut sudah mulai terlihat tumbuh, maka, untuk merangsangproses  pertumbuhan bunganya adalah dengan cara meletakkan di tempat yang memiliki suhu sekitar 40 0C  dan jangan terlalu sering terkena paparan sinar matahari.

Kaktus Astrophytum ini memiliki warna yang cantik pada bunganya yang berwarna kuning dan merah muda. Kaktus ini cukup indah jika di jadikan tanman hias yang menghiasi pekarangan rumah anda.

4. Kaktus Chepalocereus Senilis


Kaktus Chepalocereus Senilis  merupakan Salah satu jenis kaktus terunik, karena memiliki daun mirip dengan helaian rambut putih seperti orang tua, maka banyak yang menyebutnya dengan nama Kaktus Uban.

Bentuk badan Kaktus Chepalocereus Senilis agak membulat dibagian atas mirip dengan kepala manusia. Panjang dari bulu daun kaktus yang berwarna putih bersih tersebut bisa mencapai hingga 12 cm, oleh karena itu Kaktus Chepalocereus Senilis ini nuga memiliki julukan lain selain kaktus uban, yaitu old man cactus.

Suhu yang diperlukan untuk jenis kaktus ini dapat tumbuh dengan sempurna yaitu sekitar 35 0C   sampai 40 0C. Untuk di jadikan tanaman hias Kaktus ini biasanya ditaruh pada rak teratas, dekat dengan atap rumah kaca, selain memperindah halaman rumah meletakannya di dekat atap rumah juga berfungsi agar suhu yang ditargetkan tercapai.

5. Kaktus Parodia


Kaktus Parodia (Ball Cactus), Dinamakan Ball cactus karena bentuk badan Kaktus Parodia yang menyerupai bola dengan duri di sekelilingnya.

Berbeda dengan jenis  kaktus lainnya yang hidup dengan suhu yang panas, jenis Kaktus Parodia ini memiliki sifat yang tidak biasa yaitu menyukai tempat yang teduh untuk tumbuh. Sehingga untuk menanam kaktus Parodia ini jangan sekali-kali menanamnya ditempat yang panas.

Demikianlah beberapa  jenis kaktus mini yang cocok dijadikan tanaman hias  diluar rumah maupun di dalam rumah. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Jenis Kaktus Yang Unik Untuk Dijadikan Tanaman Hias"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan