Deskripsi Padi Ciherang Putih - kliktani.com

Deskripsi Padi Ciherang Putih

padi ciherang

Padi Ciherang Putih adalah salah satu dari sekian banyak varian padi Ciherang yang banyak di cari oleh petani, bukan tanpa sebab, karena masih jarang petani yang membudidayakan varietas padi Ciherang Putih ini.

Deskripsi Padi Ciherang Putih

Secara umum Padi Ciherang putih memiliki bentuk daun dan batang sama persis dengan padi ciherang biasa, hanya saja keunikan dari padi ini adalah ketika malai padi mulai keluar.

Ketika keluar malai akan tampak memutih seperti terkena beluk, namun bedanya malai dan bulirnya tidak layu seperti padi terkena penggerek batang.

Padi ciherang putih berdaun bendera tegak dengan batang tanaman juga tegak, dan dengan tinggi kurang lebih 1 meter, Padi ini mampu memiliki jumlah anakan  yang cukup banyak sekitar 18 sampai dengan 25 tiap rumpunnya.

Masa tanam padi Ciherang Putih terbilang cukup genjah yaitu sekitar 110 hari setelah tanam dan berpotensi menghasilkaan 7 sampai 8 ton perhektare dengan hasil rata rata 5 sampai 6 ton/ha.

Keunggulan padi Ciherang Putih teeletak pada daya tahannya terhadap penyakit blas biotip 2 dan 3 dan juga memiliki tampilan padi yang cukup cantik.

Kelemahan padi Ciherang Putih rentan terkena penggerek batang dan juga mudah mengalami kerebahan, oleh sebab itu penting bagi petani untuk memperhatikanproses pemupukan padi ciherang putih.

Untuk pemupukan padi Ciherang Putih petani bisa mengikuti petunjuk proses pemupukan padi yang tepat demi menghindari padi ini dari kerobohan. 

Cara menanam padi Ciherang Putih bisa menggunakan metode Sri, Tabela, Hazton, ataupun Tapin. Semua metode tanam padi tersebut bisa menghasilkan padi ciherang putih terbaik jika dirawat dengan tepat.

Karena kunci sukses dari pertanian padi adalah perawatan, sabaik apapun benih yang kita tanam jika tidak dirawat dengan benar maka hasilnya akan mengecewakan.

Demikianlah ulasan singkat tentang Padi Ciherang Putih, semoga bermanfaat. Jika anda mempunyai informasi tambahan tentang salah satu varietas padi ciherang ini, silakan tulis di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih.

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan