Proses Berlangsungnya Siklus Hidup Walang Sangit - kliktani.com

Proses Berlangsungnya Siklus Hidup Walang Sangit

walang sangit

SIKLUS HIDUP WALANG SANGIT- kliktani.com. Walang sangit (Leptocorisa oratorius ), adalah salah satu serangga yang menjadi hama utama pada tanaman padi. Hewan walang sangit mudah sekali dikenali dari bentuknya yang memanjang, berukuran sekitar 2cm, berwarna merah hitam dan beraroma tidak sedap.

Walang sangit mencari makan dengan menghisap cairan tanaman padi sehingga menyebabkan padi menjadi kekurangan hara dan menguning (klorosis), dan perlahan-lahan melemah. 

Hama walang sangit bukan saja dapat menurunkan hasil panen tetapi juga mampu menurunkan kualitas gabah karena terdapat bintik-bintik coklat pada gabah akibat hisapan dari hama walang sangit pada saat padi matang susu.

SIKLUS HIDUP WALANG SANGIT


1. Fase Telur


Fase pertama siklus hidup Walang sangit adalah bertelur, walang sangit biasa bertelur pada permukaan daun bagian atas padi atau pada rumput-rumputan lainnya secara berkelompok dalam satu sampai dua baris. 

Telur dari walang sangit berwarna hitam, berbentuk segi enam dan pipih, Satu kelompok telur terdiri dari 1 sampai 21 butir, lama periode telur walang sangit rata-rata 5 hari.

2. Fase Nimfa


Fase kedua siklus hidup walang sangit adalah Nimfa. Nimfa walang sangit berukuran lebih kecil dari dewasa dan tidak bersayap, Lama periode dari fase nimfa walang sangit rata-rata 17 hari. 

Kebanyakan nimfa dari serangga penghisap ini berwarna hijau muda dan menjadi coklat kekuning-kuningan pada bagian abdomen dan sayap coklat saat dewasa, walaupun demikian warna walang sangit ini lebih ditentukan oleh makanan pada saat fase nimfa ini berlangsung.

Bagian ventral abdomen walang sangit berwarna coklat kekuning-kuningan jika habitat hidup hama ini berada pada padi, tetapi hijau keputihan bila habitat hidupnya berada pada rumput-rumputan.

3. Fase Imago (Dewasa)


Fase ketiga atau terakhir dari siklus hidup walng sangit adalah fase Imago. Serangga Walang sangit yang sudah menjadi Imago atau dewasa akan berbentuk ramping dan berwarna coklat.

Panjang Serangga bau ini sekitar 14 sampai 17 mm seeangkan lebarnya sekitar 3 sampai 4 mm dengan tungkai dan antenna yang panjang. Perlu di ketahui juga bahwa perbandingan antara jantan dan betina  walqng sangit adalah 1:1.

Setelah menjadi imago,  serangga dengan bau menyengat ini baru dapat melakukan sistem reproduksi setelah 4 sampai 6 hari, dengan masa pra peneluran 8 hari.

Untuk daur hidup walang sangit ini berkisar antara 32-43 hari. Lama periode bertelur rata-rata 57 hari berkisan antara 6-108 hari, sedangkan serangga walang sangit dapat hidup selama rata-rata 80 hari (antara 16-134 hari).

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

3362