3 Waktu Terbaik Penyemprotan Fungisida Pada Padi - kliktani.com

3 Waktu Terbaik Penyemprotan Fungisida Pada Padi

Waktu Terbaik Penyemprotan Fungisida Pada Padi

penyemprotan

Apakah anda masih bingung menentukan kapan waktu terbaik untuk penyemprotan fungisida pada padi?. Jika anda masih belum tahu waktu terbaik penyemprotan fungisida pada padi sebaiknya anda baca tulisan ini sampai selesai.

Sebagai petani padi sudah barang tentu penyemprotan fungisida merupakan sebuah kegiatan yang lazim dilakukan ketika sudah masuk di musim tanam padi.

Namun tidak sedikit petani yang belum mengetahui kapan waktu terbaik penyemprotan fungisida pada padi harus segera di lakukan.

Berikut ini kami akan sampaikan waktu terbaik penyemprotan fungisida pada padi, agar penggunaan fungisida jadi tepat sasaran dan lebih hemat penggunaanya.

1. Penyemprotan Fungisida Saat Padi Hendak Pindah Tanam

Penyemprotan pertama fungisida pada padi yang pertama adalah ketika padi akan di pindah tanamkan, hal ini bertujuan agar padi tidak terserang jamur dan proses adaftasi padi tidak terganggu.

Ketika padi akan di pindah tanam (tandur), biasanya petani akan memotong ujung ujung daun padi agar bibit padi bisa di tanam dengan posisi yang benar.

Karena efek pemotongan ujung daun padi ini bisa berimbas pada timbulnya jamur pada bekas sisa potongan daun padi.

Untuk mengurangi resiko padi terkena jamur pada saat di pindah tanam, maka lakukanlah penyemprotan fungisida sehari sebelum bibit padi di cabut dari persemaian.

2. Penyemprotan Fungisida Ketika Padi Bunting

Ketika padi bunting atau pada fase generatitf, padi rentan sekali terkena serangan jamur, hal ini tentunya akan sangat merugikan petani apabila jamur tersebut tidak secepatnya dikendalikan.

Karena jika serangan jamur padi di biarkan maka proses pertumbuhan malai padi akan terhambat dan imbasnya padi menjadi tidak berbobot.

Maka dari itu waktu terbaik penyemprotan fungisida pada padi yaitu pada saat padi bunting, selain bertujuan menghindarkan padi dari segala jamur, penggunaan fungisida pada padi bunting beryujuan pula untuk menambah bobot padi.

Untuk lebih jelas mengenai manfaat menggunakan fungisida pada saat padi bunting, anda bisa membaca nya disini.

3. Waktu Penyemprotan Fungisida Pada Padi Ketika terserang jamur

Ini adalah penyemprotan fungisida terpenting yang harus dilakukan petani ketika padinya terkena serangan jamur, berikut adalah nama nama penyakit padi akibat di serangan oleh jamur.



  • Gosong Palsu adalah penyakit jamur padi yang menyerang bulir padi sehingga bulir padi menyerupai oncom
  • Potong Leher adalah penyakit jamur padi yang menyerang leher malai, sehingga mampu memutus malai padi.
  • Hawar daun adalah penyakit jamur padi yang menyerang daun padi bagian ujung, biasanya penyakit ini jiga di sebut debgan penyakit blas.
  • Bercak daun coklat adalah penyakit padi yang menyerang  bagian daun yang disebabkan oleh jamur, penyakit ini membuat daun padi berbintik coklat.


Perlu anda ketahui Waktu terbaik penyemprotan fungisida pada padi sebaiknya di lakukan pada saat pagi hari, dimana kondisi embun masih ada, dengan kondisi ini fungisida akan lebih bekerja lebih efektif.

Demikianlah artikel tentang Waktu terbaik penyemptotan fungisida pada padi, semoga tulisan ini bermanfaat. Terimakasih.

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

3362