Membuat Racun Tikus Alami Yang Mudah dan Murah, namun ampuh membunuh tikus | Klik tani

Membuat Racun Tikus Alami Yang Mudah dan Murah, namun ampuh membunuh tikus

Racun Tikus Alami 

racun tikus
Membuat racun tikus alami yang mudah dan murah bukanlah perkara yang sulit, hanya saja terkadang kita tidak mengetahui bagamana cara membuat racun tikus alami yang ampuh membunuh tikus dengan efektif. Berikut ini kliktani.com akan membahas cara membuat racun tikus alami yang mematikan.

Tikus adalah salah satu hewan pengerat yang paling menyebalkan, bagaimana tidak, keberadaannya selalu mengganggu baik itu di rumah maupun di ladang tanaman. Keberadaan tikus akan membuat kita berupaya secepatnya untuk mengusir tikus ataupun meracuninya dengan racun tikus alami atau kimia (Rodentisida) yang ampuh.

Menggunakan racun tikus kimia memang lebih praktis dan memberikan dampak konstan terhadap hewan pengerat itu, namun penggunaan rodentisida memiliki efek samping bila penggunaannya tanpa pengawasan, salah-salah efeknya membahayakan bagi  sekitar.

Apalagi penggunaan racun tikus kimia di ladang sawah yang pasti harus memerlukan banyak sekali rodentisida, berarti banyak pula uang yang harus kita keluarkan untuk membeli racun tikus kimia.

Jika penggunaan racun tikus kimia memerlukan biaya, maka ada alternatif lain yaitu anda bisa membuat racun tikus yang ampuh dengan menggunakan bahan-bahan yang alami.

Tingkat kecerdasan tikus dan prilakunya

Artikel terkait
Membasmi tikus super efektif
Info terlengkap seputar tanaman padi
Jenis pupuk terbaik

Tikus merupakan hewan yang tingkat kecerdasannya cukup tinggi, itu terlihat dari prilakunya yang selalu curiga terhadap bentuk makanan yang baru. Prilaku ini dinamakan  "Neophobia".

Jika tikus menemukan makan baru, maka tikus akan mecicipi sedikit saja, Jika makanan tersebut langsung membuatnya sakit (terdapat racun) maka tikus akan memberikan signal kepada tikus lain agar tidak memakan makanan tersebut

Untuk mengantisipasi agar tikus tidak mengalami jera umpan, hal yang dilakukan adalah dengan memberi racun tikus yang tidak memberikan efek konstan, artinya jika racun tersebut dimakan oleh tikus efeknya baru terasa 4 sampai 7 hari kemudian.

Anda bisa membuat racun tikus seperti itu untuk mengatasi tikus yang menyerang tanaman padi, meski memiliki waktu kematian yang lama, cara ini lebih efektif dalam membasmi tikus sawah, kenapa? karena Jika anda menggunakan rodentisida (racun tikus kimia) memang tikus yang memakannya langsung mati, tetapi tikus lain tidak akan mau memakan umpan yang sama, karena telah diberi signal oleh tikus yang memakannya.

Berikut ini adalah cara membuat racun tikus alami yang terbuat dari singkong dan air kelapa dengan efek waktu kematian 5 - 7 hari.

Bahan yang di gunakan:

  • Singkong
  • Air kelapa

Cara membuat Racun Tikus Alami


Potong singkong (kecil atau besar tidak masalah) tanpa di kupas atau dicuci (karena cuma buat tikus), lalu rebuslah dengan air kelapa sampai singkong matang. Setelah singkong mata, maka taruh umpan - umpan singkong tersebut disekitar lubang atau jalan tikus, lakukanlah hal ini dalam beberapa hari.

Tikus yang memakan umpan tersebut akan mengalami penurunan nafsu makan secara berkala, selang tiga hari tikus akan berhenti makan dan setelah itu akan mati kelaparan.

Sekali lagi Racun tikus alami seperti ini sangat cocok untuk mengatasi tikus sawah yang sulit di kendalikan. Racun ini telah diterapkan di oleh beberapa orang petani di Bantul Jogjakarta, dan memiliki dampak positif.

Selain itu racun ini juga sangat ramah lingkungan, jika racun ini termakan oleh manusia dampaknya tidak akan menyebabkan kematian seperti rodentisida pada umumnya.

Demikianlah cara membuat racun tikus alami yang mudah dan efektif, Jika anda mempunyai cara lain dalam membuat racun tikus, silakan anda tulis cara tersebut di kolom komentar, agar semakin banyak informasi yang didapat.

Jangan segan untuk membagikan tulisan ini kepada teman-teman anda dengan menekan ikon salah satu media sosial yang anda ikuti jika menurut anda cara membuat racun tikus ini bermanfaat, karena kebaikan akan selalu berbuah manis kepada orang-orang yang suka berbagi terhadap sesama. Terima Kasih.




Subscribe to receive free email updates: