Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

GAMPANG BANGETS. Begini Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal Yang Menguntungkan

Cara budidaya ikan nila di kolam terpal merupakan pilihan tepat bagi kita yang tidak mempunyai lahan yang luas. Dengan kolam terpal kita dapat membuat dan menyesuaikan ukuran sesuai kebutuhan, dan mempermudah perawatan ikan nila.


Nila Merah merupakan jenis ikan nila yang unggul di dalam bobot dan ukurannya, oleh karena itu Ikan nila merah menjadi favorit banyak dari peternak ikan, dan hal inipun direkomendasikan bagi para pemula budidaya ikan nila, karena nila merah sangat mudah dalam pemeliharaan.

Seputar Ikan Nila

Sebelum membahas cara budidaya dan pemeliharaanya, sebaiknya kita ketahui dahulu sifat dan kondisi yang bisa membuat ikan nila tumbuh dan berkembang dengan baik.

Ciri-ciri ikan nila:

  • Ikan nila mampu bertahan pada salinitas air 0 hingga 29 permil dan suhu sekitar 14 sampai 38°C
  • Ikan nila termasuk dalam kategori omnivora yang cocok hidup dalam air ber-pH 5 sampai 11.
  • Ikan nila dapat memijah sepanjang tahun sejak usianya memasuki 6 bulan.

Langkah-langkah mempersiapkan kolam terpal ikan nila:

Untuk tahap ini sesuaikanlah ukuran kolam terpal dengan lahan yang ada. Tetapi, diutamakan memilih kolam terpal berbentuk bundar (bioplok) agar tidak ada bentuk sudut yang mengganggu pergerakan nila.

Bersihkan kolam terpal terlebih dahulu sebelum di isi air, agar hilang kotoran yang tampak maupun yang tidak tampak, lalu keringkan.

Setelah bersih, kita bisa memberinya air sekitar 30 cm, kemudian masukkan GDM SaMe Granule Bio Organic sebanyak 50 gram/m². Larutkan GDM Black BOS dengan air di wadah sebanyak 6 gram/m², aduk dan sebarkan ke permukaan air kolam.

Diamkan kolam selama kurang lebih 5 sampai 7 hari.

Hal ini dimaksudkan agar bakteri penyebab penyakit pada ikan mati. Selain itu cara ini bisa menumbuhkan pakan alami untuk ikan seperti zooplankton dan fitoplankton. Pertumbuhan ikan pun nantinya akan lebih cepat besar dan sehat.

Menyiapkan Bibit Ikan Nila

Sambil menunggu kolam siap, pilih bibit nila yang berkualitas dengan memilih bibit dari galur murni hibrid atau mobo ras.

Pastikan usia dan ukurannya sama sekitar 5 sampai 8 cm atau 5 g per ekor.

Pilih bibit ikan yang sehat dan tidak cacat. Cara termudah memilih bibit yang sehat adalah dengan melihat pergerakan bibit ikan nila, semakin lincah bibit ikan nila bergerak, maka semakin sehat.

Anda bisa membeli bibit ikan dari pihak perbenihan yang bersertifikat CPIB.

Menyebar Bibit Ikan Nila di Kolam Terpal

Sebar bibit pada kolam yang telah siap sebanyak 10 ekor per m², tetapi sebelumnya lakukan penyesuaian agar ikan tidak stres.

Caranya untuk menyebar bibit ikan nila yang benar adalah dengan memasukkan bibit ke kantong plastik, lalu letakkan di permukaan kolam beberapa jam untuk penyesuaian suhu air. Setelah itu, keluarkan dari plastik dan ikan akan menyebar dengan sendirinya.

Tambahan Vitamin dan Nutrisi Ikan Nila

Anda dapat memberikan vitamin dan nutrisi untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila dan menjaga tetap sehat.

Nutrisi dan vitamin yang dapat Anda berikan pada ikan nila adalah: probiotik, asam amino esensial dan nonessensial, multivitamin, makro dan mikronutrien.

Vitamin dan nutrisi tersebut akan menyokong pertumbuhan ikan dengan baik dan membunuh bibit penyakit.

Pemberian Makan Ikan Nila

Pellet ikan yang baik umumnya mengandung 20-25 persen protein. Anda bisa gunakan pakan apung dan juga pakan tenggelam.

Beri ikan makan sekitar 2-3 kali sehari, tetapi jika pakan alaminya banyak, cukup pagi dan sore saja.

Proses Masa Panen

Proses pemeliharaan akan selesai pada saat ikan dipanen, lalu didistribusikan. Ikan yang sudah bisa dipanen harus sudah memenuhi syarat permintaan pasar dari segi ukurannya.

Dengan pemeliharaan yang baik, maka hasil panen ikan nila akan memiliki bobot yang berat dan sehat.

Cara budidaya ikan nila di kolam terpal adalah solusi bagi Anda yang memiliki lahan terbatas. Selain menghemat tempat, budidaya ikan nila di kolam terpal pun menghemat biaya.

Post a Comment for "GAMPANG BANGETS. Begini Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal Yang Menguntungkan"