Cara Mengatasi 6 Jenis Hama Yang Sering Menyerang Pohon Mangga - kliktani.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi 6 Jenis Hama Yang Sering Menyerang Pohon Mangga

Hama adalah organisme (binatang) pengganggu yang merusak proses pertumbuhan dan perkembangan pada setiap jenis tanaman  tidak terkecuali juga dengan pohon mangga, meski memiliki batang yang besar tanaman yang satu ini juga cukup rentan diserang oleh berbagai jenis hama. 

Kehadiran hama pada setiap tumbuhan merupakan suatu yang sangat meresahkan karena bisa menimbulkan dampak yang negatif, mulai dari yang hanya menumpang hidup, sampai ada juga jenis hama yang bisa membunuh tanaman.

Oleh sebab itu antisifasi dan pengendalian sangatlah penting agar tanaman yang kita tanam bisa terhindar dan terlepas dari berbagai jenis serangan hama ini.

Dikutip dari situs Agrotani Cipanas sedikitnya ada 6 jenis binatang yang menjadi hama untuk pohon mangga ini, Berikut adalah ke 6 jenis hama dan juga cara mengatasinya.

1. Hama Putih 


Jenis hama ini umunya hanya menyerang daun mangga saja. Ukuran binatang cukup kecil dan memiliki warna putih pada seluruh bagian tubuhnya. Serangga ini bisa terbang sehingga mampu berpindah dengan cepat. 

Hama putih ini merusak dengan cara menghisap cairan yang terdapat pada daun-daun mangga yang bisa mengakibatkan daun menjadi kering dan tampak berwarna putih pada permukaan daun.

Untuk mengatasi hama putih pada pohon mangga yang masih kecil atau ukurannya masih terjangkau bisa dengan cara alami, cara alami ini adalah cara terbaik untuk mengatasi serangga putih jika dibandingkan dengan menggunakan pestisida.

Cara alami membersihkannya adalah dengan cara mengusapnya dengan menggunakan spon atau kain. Ingat. Hal ini bisa dilakukan jika pohon mangga masih kecil, atau masih terjangkau. 

Dan jika pohon mangga sudah tumbuh besar dan tinggi, maka mau tidak mau harus menggunakan pestisida untuk membasmi hama tersebut. Caranya adalah dengan menyemprotkan daun mangga dengan interval 7 sampai 10 hari sekali.

2. Lalat buah


Jenis hama lalat buah mangga ini akan mengakibatkan bintik hitam dan kekuningan, sehingga lama kelamaan akan membuat buah mangga busuk sebelum matang. 

Lalat buah pada pohon mangga termasuk hama utama, karena kehadirannya yang membawa jamur dan bakteri penyebab penyakit tanaman. Maka dari itu hama lalat buah ini perlu ditangani dengan segera agar pengendalian lebih mudah.

Meski tergolong hama utama ternyata cara mengatasi hama ini  cukup mudah, yaitu dengan membungkus buah mangga dengan menggunakan plastik. Atau bisa juga menggunakan metilat (perangkap lalat buah).

3. Thrips

Jenis hama ini menyerang daun muda juga bunga dengan cara menghisap cairan epidermis daun dan buah. Bagian daun yang tertusuk bisa menjadi sumber penyakit dan akan tampak seperti terbakar, berwarna coklat.

Cara mengatasi hama ini yaitu dengan cara melakukan pemetikan pada daun yang terserang dan lakukan pemangkasan secara teratur, anda juga bisa lakukan penyemprotan dengan menggunakan pestisida seperti Demolish 18 EC atau Agrimec 18 EC.

4. Tungau 


Hama ini menyerang dan merusak pohon mangga dengan cara menghambat pada penyerbukan dan pembentukan bunga sampai berbentuk buah.  Untuk mengatasi hama ini yaitu dengan cara menyemprotkan pestisida untuk membasmi tungau seperti Samite 135 EC.

6. Kepik

Jika telah terserang oleh hama kepik ini, maka akan timbul bintik hitam pada buah mangga, dan jika di belah buahnya akan tampak membusuk. Nah ggar tidak menjalar dan menular ke buah mangga lainnya kita bisa mengatasinya dengan menggunakan insektisida Stopper 25EC.

7. Bubuk buah mangga

Jenis Hama ini menyerang tunas muda hingga buah mangga. Hama bubuk ini akan menempel dan bertelur pada kulit buah, setelah menetas hama tersebut masuk ke buah dan mengakibatkan buah mangga akan membusuk dari dalam.

Dari luar tampak buah mangga biasa saja akan tetapi di dalam buah mangga yaitu pada bagian biji membusuk dan lama kelamaan buah mangga jatuh dengan sendirinya jika telah terserang hama bubuk.

Cara mengatasi hama bubuk ini yaitu dengan memberikan zat pengatur tumbuh (ZPT), seperti Fitonutrition yang bekerja secara sistemik dengan menyemprotkannya pada buah.

8. Wereng 

Untuk jenis hama ini biasanya menyerang pada musim kemarau. Hama ini mampu menghambat proses penyerbukan dan pembentukan buah yaitu dengan menyerap cairan pada bunga yang mengakibatkan bunga buah mangga akan rontok dan pohon pun tidak berbuah.


Post a Comment for "Cara Mengatasi 6 Jenis Hama Yang Sering Menyerang Pohon Mangga"