Cara Asyik Menanam Pohon Mangga dengan Mudah dan Cepat Berbuah - kliktani.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Asyik Menanam Pohon Mangga dengan Mudah dan Cepat Berbuah

Salah satu buah meja yang sangat populer dan banyak di senangi adalah mangga, ya mangga merupakan tanaman tropis yang banyak di temui di sekitar kita, namun masih ada sebagian orang yang masih kesulitan dalam menanam pohon mangga, ada saja kendala seperti tanaman tidak tumbuh (mati) atau malah seperti hidup segan mati tak mau. Nah kali ini kita akan membahas cara asyik menanam pohon mangga yang mudah dan cepat berbuah.


Sebelum membahas cara menanam pohon mangga, kami akan memberikan sedikit informasi mengenai pohon ini agar pengetahuan kita bertambah. Pohon mangga atau mempelam merupakan tanaman yang berasal dari perbatasan India dengan Burma (sekarang Myanmar), tanaman ini menyebar luas ke negara -negar asia tenggara termasuk Indonesia sekitar 1500 tahun yang lalu. Jadi tidak heran jika masing-masing negara asia tenggara memiliki jenis pohon mangga yang berbeda beda. 

Di Indonesia ada beberapa jenis pohon mangga yang menjadi primadona dan komoditas unggulan seperti jenis Arumanis, Manalagi, Indramyu dan lain-lain. Meski memiliki banyak sekali jenisnya, tampilan fisik pohon mangga hampir sama baik batang atau daunnya, yang membedakannya biasanya bentuk dan warna pada buahnya.

Itulah sedikit informasi yang kami berikan menganai pohon mangga, nah sekarang kita akan langsung ke pembahasan tentang bagaimana cara menanam pohon ini dengan mudah.

Ada tiga syarat wajib sebelum kita mencoba menanam pohon ini, agar pohon mangga yang di tanam ini tumbuh dan cepat berbuah yaitu, Iklim, Tanah, dan Ketinggian Lokasi.

Iklim 

Iklim merupakan syarat no 1 agar tanaman mangga bisa tumbuh sempurna, Iklim yang cocok untuk tumbuh dan berkembang yang sempurna adalah Tropis. Satu syarat ini sudah terpenuhi oleh masyrakat seluruh Indonesia karena kita berada di negara dengan iklim tropis.

Mangga memang merupakan tanaman tropis, terbukti sebagian besar penghasil buah mempelam ini adalah negara dengan iklim tropis (lihat Gambar di bawah)


Ketinggian Lokasi

Daerah dengan tingkat ketinggian diatas 500 meter diatas permukaan laut sangat sulit untuk menanam pohon ini, karena pohon ini termasuk tanaman dataran rendah, jadi bagi anda yang yang tinggal di dataran tinggi sebaiknya jangan menanam pohon mempelam ini.

Tanah

Tempat tumbuh kembang yang sempurna bagi sebagian besar tanaman adalah tanah yang banyak mengandung humus, begitupun dengan  pohon mangga, cara terbaik menanam pohon mangga ini adalah di tempat yang tanahnya banyak mengandung humus dan teksturnya gembur.

Dengan menanam mangga di tanah yang kondisinya demikian, maka pertumbuhannya akan cepat, efeknya tanaman jadi lebih besar dan cepat berbuah.

Cara Menanam Pohon Mangga 

Cara asyik menanam pohon mangga dengan mudah dan cepat berbuah adalah dengan cara mencangkok atau bahasa kerenya adalah okulasi, ya memang benar mencangkok adalah cara paling mudah untuk menanam pohon. Selain mudah proses pembuahannya pun terbilang cepat jika di bandingkan dengan menanam dari awal atau dari biji.

Jika menanam mangga dari biji kemungkinan membutuhkan waktu 7 tahun bahkan lebih untuk bisa berbuah, tetapi jika menggunakan cangkokan paling hanya 2 sampai 3 tahun pohon mangga sudah bisa berbuah

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah dari mencakok pohon mangga, mau tau caranya?. Caranya adalah dengan membeli cangkokan pohon mangga yang biasanya ada di pinggirr-pinggir jalan. heheheeeee

Nah ini yang krusial, yaitu memindahkan media cangkokan ke tanah, karena ada sebagian orang yang masih belum faham bagai mana cara memindahkan cangkokan alami ke tanah. (Kalau cangkokan dari polybag biasanya lebih mudah).


Untuk cangkokan alami (seperti gambar) setelah di potong atau di pisah dari tanaman induk, pohon mangga jangan langsung di letakan kedalam tanah, karena akar yang ada dalam cangkokan kurang kelembabanya, oleh sebab itu rendamlah terlebih dahulu selama beberapa jam sebelum di pindah tanamkan.

PENTING!. Tanah yang jadi media tanam harus gembur dan banyak mengandung humus (syarat 3), jika ini tidak terpenuhi kemungkinan tanaman akan mati dan cara menanam pohon mangga di anggap gagal, dan jang lupa untuk memberi patok agar tanaman ini kokoh. Selain itu jangan lupa untuk membuang plastik yang membungkus cangkokan.

Setelah proses pindah tanam selesai, hal yang terpenting lainnya adalah proses prawatan termasuk penyiraman dan pemupukan. Siramlah tanaman ini pada pagi dan sore hari sampai akar tanaman menyatu ke tanah. Setelah akar sudah menyatu penyiraman sudah bisa di hentikan.

Demikianlah cara menanam pohon mangga dengan mudah dan cepat berbuah, semoga tulisan ini mudah di mengerti dan bisa bermanfaat bagi semua. Terimakasih.

Post a Comment for "Cara Asyik Menanam Pohon Mangga dengan Mudah dan Cepat Berbuah"