Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Insektisida PREZA 100 OD Basmi Ulat dan Kutu Kebul Sampai Ambrul



Ulat dan Kutu kebul merupakan hama  yang menyerang hampir di semua jenis tanaman budidaya, baik itu tanaman palawija, hortikultura bahkan di tanaman hias. Pada tanaman padi, ulat menyebabkan padi keluar hampa (sundep), sedangkan pada tanaman tomat membuat daun tomat krutung.Sedangkan Kutu kebul merupakan hama yang biasa menyerang tanaman mentimun, tomat dan cabai, yang jika di biarkan akan menimbulkan kerusakan tanaman cukup parah. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan insektisida yang ampuh, yang bekerja secara cepat, efektif, dan efisien agar terhindar dari kerusakan yang parah, salah satu yang perlu di coba adalah Insektisida Preza 100 OD.

PREZA 100 OD adalah Insektisida dengan bahan aktif siantraniliprol (cyantraniliprole) : 100 g/l. Bekerja secara racun kontak dan sistemik berbentuk minyak berwarna putih kekuning-kuningan yang dapat didispersikan kedalam air. Bahan aktif ini sudah teruji efektif dalam membasmi hama yang membandel atau sudah kebal pestisida  berbahan aktif lain (resistensi).

Secara spesifik fungsi siantraniliprol pada Insektisida bisa di lihat dibawah ini:

  • Cyantraniliprole adalah insektisida kelas ryanoid. Bahan aktif ini disetujui untuk digunakan di Amerika Serikat, Kanada, Cina, dan India. Karena mekanisme kerjanya yang tidak biasa sebagai ryanoid, ia memiliki aktivitas melawan hama seperti Diaphorina citri yang telah mengembangkan resistensi terhadap kelas insektisida lainnya.

Dalam mengendalikan hama, Insektisida Preza 100 OD sudah tidak perlu di sangsikan lagi ke ampuhannya, Karena merupakan salah satu produk pestisida unggulan dari PT FMC Agricultural Manufacturing, FMC sendiri merupakan produsen yang sudah terpercaya dan cukup banyak melahirkan pestisida berkualitas seperti; Furadan 3GR, Cronus 18 EC, Arrivo 30 EC dan banyak lagi lainnya.


KUNGGULAN 

1. Sumber Bahan Aktif 

Memiliki tiga sumber bahan aktif dari tiga negara

  • DuPont - Valdosta Manufacturing Centre - USA
  • I DuPont India Pvt. Ltd. - India
  • DuPont Company (Singapore) Pvt. Ltd. - Singapore

2. Berspektrum luas

Berspectrum luas artinya bekerja terhadap lebih banyak hama sasaran, dengan demikian dapat mengendalikan berbagai jenis serangga hama sekaligus dalam satu kali aplikasi/penggunaan. Sehingga lebih praktis dan ekonomis.

3. Efektif dan Optimal

Efektif dan optimal dalam mengendalikan ulat dan kutu kebul dalam waktu yang cukup singkat, sehingga hama tidak menghambat proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

4. Bisa di campur dengan pestisida berbahan aktif lain

Preza juga bisa digunakan secara bersamaan atau di campur dengan pestisida dengan bahan aktif yang berbeda, sehingga dapat meringankan tenaga saat aplikasi.


FUNGSI PREZA 100 OD UNTUK TANAMAN

1. Padi

Pada tanaman padi, ulat menjadi musuh yang nyata bagi para petani. Ada 2 jenis ulat yang biasa mengganggu tanaman padi yaitu; ulat penggerek batang (Scirpophaga incertulas),  dan ulat grayak (Leucania spp dan Spodoptera spp). 

Untuk membasmi jenis hama diatas, gunakan dosis 6-7,5 ml perliter air dengan metode penyemprotan volume tinggi, atau jika menggunakan tengki sprayer ukuran 14 liter, maka dosis yang digunakan adalah 100 ml pertengki. 


2. Cabai

Ulat grayak (Spodoptera litura) merupakan hama yang menyerang bagian daun tanaman cabai secara berkelompok. Daun yang terserang berlubang dan meranggas. Pada serangan stadium tinggi, biasanya terjadi pada saat musim kemarau, menyebabkan defoliasi daun yang sangat parah.

Untuk proses pengendalian gunakanlah penyemprotan volume tinggi dengan dosis 1 liter per hektar untuk cabe, agar pengendalian ulat cabe bisa musnah dalam sekejap.


3. Cabai

Ulat grayak bawang (Spodoptera exigua) merupakan hama utama yang biasa merusak tanaman bawang merah. Serangan larva ini dapat menyebabkan penurunan hasil produksi bawang merah, atau kehilangan hasil yang tidak sedikit jika tidak dilakukan upaya pencegahan dan pengendalian 

Serangan Spodoptera exigua pada bawang merah membuat daun bawang merah menjadi berlubang seperti transparan. Ulat grayak ada di dalam rongga daun dan memakan daun dari dalam. Gunakanlah penyemprotan volume tinggi dengan dosis 1 l/ha.


4. Tanaman Lainnya

  • Bawang merah : ulat grayak Spodoptera exigua, pengorok daun Lyriomyza huidobrensis (Penyemprotan volume tinggi : 1 l/ha)
  • Cabai : hama trips Thrips parvispinus, kutu daun Myzus persicae, perusak daun Helicoverpa armigera (Penyemprotan volume tinggi : 1,25 l/ha)
  • Cabai : kutu kebul Bemisia tabaci (Penyemprotan volume tinggi : 1875 ml/ha)
  • Kacang panjang : hama pengorok daun Liriomyza huidobrensis, hama trips Thrips palmi, penggerek polong Maruca testulalis, kutu daun Aphis craccivora, kutu kebul Bemisia tabaci (Penyemprotan volume tinggi : 1 l/ha)
  • Kubis : ulat daun Plutella xylostella, ulat krop Crocidolomia pavonana (Penyemprotan volume tinggi : 1 l/ha)
  • Mentimun: hama kutu kebul Bemisia tabaci hama pengorok daun Liriomyza huidobrensis (Penyemprotan volume tinggi: 1,25 l/ha)
  • Tomat : kutu kebul Bemisia tabaci, penggerek buah Helicoverpa armigera, hama trips Thrips palmi, kutu daun Myzus persicae (Penyemprotan volume tinggi : 1 l/ha)


PENUTUP

Dalam bisnis budidaya tanaman, tanaman yang tumbuh subur dan sehat merupakan investasi yang berharga, oleh karena itu hama dan penyakit harus secepatnya di tuntaskan sejak pertama kali di temukan, semakin dini ditemukan maka semakin mudah untuk diatasi.

Kehadiran pestisida sebagai racun pengendali hama dan penyakit harus di gunakan secara bijak oleh pembudidaya tanaman, agar residu yang ditinggalkan oleh pestisida tidak berdampak buruk bagi lingkungan di kemudian hari, Gunakanlah pestisida sesuai dengan fungsinya.

Perlu diperhatikan! Jangan tergiur dengan pestisida yang harganya murah namun tidak memiliki efektivitas dalam menangani hama atau penyakit, karena akan berdapak buruk bagi lingkungan dengan residu yang di tinggalkan, atau juga membeli pestisida yang mahal harganya namun belum teruji khasiatnya, karena itu jermatlah dalam memilih prodak pestisida.

Demikianlah ulasan tentang Insektisida PREZA 100 OD, Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua, khususnya bagi anda yang sedang berbisnis budidaya tanaman. Terimakasih.

Post a Comment for "Insektisida PREZA 100 OD Basmi Ulat dan Kutu Kebul Sampai Ambrul"