Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CURACRON 500 EC Insektisida Ampuh Basmi Ulat Dalam Sekejap



CURACRON 500 EC adalah insektisida berbahan aktif profenfos 500 g/l, bekerja secara racun kontak dan lambung berbentuk pekatan berwarna kuning kecoklatan yang dapat diemulsikan. Bahan aktif profenofos ini sudah teruji efektif dalam memberantas segala jenis ulat yang merusak tanam, Apa lagi Insektisida ini memiliki sifat translaminar, sehingga ulat yang bersembunyi di balik daun atau menyelinap di dalam batang pun tetap tewas terkena efek racun ini.

Seperti di ketahui bahwa ulat merupakan hama penting yang menyerang di hampir semua jenis tanaman, baik itu tanaman palawija, hortikultura bahkan di tanaman hias pun ulat selalu menjadi hama yang meresahkan. Pada tanaman padi ulat menyebabkan padi keluar hampa (sundep), sedangkan pada tanaman tomat membuat daun tomat krutung. Dalam membasmi hama ulat tanaman ini dibutuhkan insektisida yang ampuh, yang bekerja secara cepat, efektif, dan efisien agar terhindar dari kerusakan yang parah.

Dalam memberantas ulat dalam sekejap, Insektisida Curacron 500EC sudah tidak di ragukan lagi kehandalanyan, Karena Curacron 500 EC merupakan salah satu produk unggulan dari PT. SYNGENTA INDONESIA, Syngenta sendiri merupakan produsen yang sudah terpercaya dan cukup banyak melahirkan pestisida berkualitas seperti; SCORE 250EC, VIRTAKO 300SC, GRAMOXON 276SL, PEGASUS 500 SC, AMISTAR TOP 325 SC, ANVIL 50 SC, AGRIMEC 18 EC, ALIKA 247ZC, RIDOMIL GOLD MZ 4/64 WG dan banyak lagi lainnya.


KUNGGULAN 

Efek Translaminar. Translaminar adalah kemampuan bahan aktif insektisida untuk melakukan penetrasi ke dalam kutikula daun hingga ke jaringan daun di bawahnya tempat dimana larva dan hama golongan penghisap berada.

Mudah Larut. Dengan formulasi Emulsible Concentrate (EC) menjadikan ia mudah larut kedalam air tanpa perlu diaduk lama, juga bersifat stabil. Biasanya pestisida dengan kode formulasi ini berupa pekatan yang ketika di campur air akan berubah warna jadi putih susu.

Dosis Rendah. Rata-rata dosis yang digunakan sekitar 1 - 2,5 ml per liter air, menjadikan dosis Curacron rendah di bandingkan dengan merk lainnya, dan dengan dosis yang rendah ini membuat keuntungan lebih karena mampu mangikis biaya pembelian pestisida.

Spectrum Luas. Berspectrum luas artinya bekerja terhadap lebih banyak hama sasaran, dengan demikian dapat mengendalikan berbagai jenis serangga hama sekaligus dalam satu kali aplikasi/penggunaan. Sehingga lebih praktis dan ekonomis.

Daya Simpan. Daya simpan insektisida ini terbilang cukup lama sekitar setengah tahun, meski tutup pestisida ini terbuka.

Ekonomis. Di bandrol dengan harga RP. 35.000 untuk ukuran 100 ml, dan Rp. 135.000 untuk ukuran 500 ml. Ini termasuk ekonomis untuk ukuran pestisida berkualitas seperti ini.


FUNGSI CURACRON UNTUK TANAMAN

1. PADI 

Pada tanaman padi, ulat menjadi musuh yang nyata bagi para petani. Ada 2 jenis ulat yang biasa mengganggu tanaman padi yaitu; ulat penggerek batang (Scirpophaga incertulas),  dan ulat grayak (Leucania spp dan Spodoptera spp). Selain dua jenis ulat tersebut, fungsi insektisida Curacron 500 EC untuk padi juga bisa digunakan sebagai pengendali hama lalat daun, dan thrip.

Untuk membasmi jenis hama diatas, gunakan dosis 2 ml perliter air dengan metode penyemprotan volume tinggi, atau jika menggunakan tengki sprayer ukuran 14 liter, maka dosis yang digunakan adalah 28 ml/tengki. 


2. CABAI

Ulat grayak (Spodoptera litura) merupakan hama yang menyerang bagian daun tanaman cabai secara berkelompok. Daun yang terserang berlubang dan meranggas. Pada serangan stadium tinggi, biasanya terjadi pada saat musim kemarau, menyebabkan defoliasi daun yang sangat parah.

Untuk proses pengendalian gunakanlah penyemprotan volume tinggi dengan dosis 2,25 ml/l Curacron untuk cabe, agar pengendalian ulat cabe bisa musnah dalam hitungan menit.


3. BAWANG MERAH

Ulat grayak bawang (Spodoptera exigua) merupakan hama utama yang biasa merusak tanaman bawang merah. Serangan larva ini dapat menyebabkan penurunan hasil produksi bawang merah, atau kehilangan hasil yang tidak sedikit jika tidak dilakukan upaya pencegahan dan pengendalian 

Serangan Spodoptera exigua pada bawang merah membuat daun bawang merah menjadi berlubang seperti transparan. Ulat grayak ada di dalam rongga daun dan memakan daun dari dalam.

Gunakanlah penyemprotan volume tinggi dengan dosis 1 - 1,25 ml/l, meski dosis rendah efek traslaminar pada insektisida ini mampu membasmi larva yang bersembunyi di dalam daun.


4. SEMANGKA

Fungsi insekisida Curacron untuk semangka adalah membasmi Kutu daun, thrips, penggerek daun, penggerek batang, penggerek buah, dan lalat buah. Gunakanlah penyemprotan volume tinggi dengan dosis 1 - 2  ml/l.


5. Tanaman Lainnya.

  • Kedelai : ulat grayak Spodoptera litura (Penyemprotan volume tinggi : 0,5 - 1,0 l/ha)
  • Kentang : pengorok daun Liriomyza huidobrensis (Penyemprotan volume tinggi : 0,5 - 1 ml/l)
  • Kubis : perusak daun Plutella xylostella (Penyemprotan volume tinggi : 0,5 - 1,0 ml/l)
  • Kubis : perusak daun Crocidolomia binotalis (Penyemprotan volume tinggi : 1 - 2 ml/l)
  • Jeruk : kutu loncat Diaphorina citri (Penyemprotan volume tinggi : 1 - 2 ml/l)


PENUTUP

Dalam bisnis budidaya tanaman, tanaman yang tumbuh subur dan sehat merupakan investasi yang berharga, oleh karena itu hama dan penyakit harus secepatnya di tuntaskan sejak pertama kali di temukan, semakin dini ditemukan maka semakin mudah untuk diatasi.

Kehadiran pestisida sebagai racun pengendali hama dan penyakit harus di gunakan secara bijak oleh pembudidaya tanaman, agar residu yang ditinggalkan oleh pestisida tidak berdampak buruk bagi lingkungan di kemudian hari, Gunakanlah pestisida sesuai dengan fungsinya.

Perlu diperhatikan! Jangan tergiur dengan pestisida yang harganya murah namun tidak memiliki efektivitas dalam menangani hama atau penyakit, karena akan berdapak buruk bagi lingkungan dengan residu yang di tinggalkan, atau juga membeli pestisida yang mahal harganya namun belum teruji khasiatnya, karena itu jermatlah dalam memilih prodak pestisida.

Demikianlah ulasan tentang Insektisida CURACRON 500 EC, Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua, khususnya bagi anda yang sedang berbisnis budidaya tanaman. Terimakasih.

Post a Comment for "CURACRON 500 EC Insektisida Ampuh Basmi Ulat Dalam Sekejap"