Tips CERDAS! Cara Membuat Pakan ( Makanan ) Ikan Lele Alternatif Dari Tumbuhan Yang Paling Baik - kliktani.com

Tips CERDAS! Cara Membuat Pakan ( Makanan ) Ikan Lele Alternatif Dari Tumbuhan Yang Paling Baik

Pakan ikan lele alternatif dari tumbuhan merupakan salah satu pakan pengganti yang bisa kita olah sendiri sebagai pakan tambahan dalam budidaya ikan lele. Pakan alternatif lele dari tumbuhan ini bertujuan untuk penghematan karena biasanya proses budidaya ikan lele memerlukan pakan yang cukup banyak agar proses pertumbuhan ikan lele menjadi optimal. 

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pakan atau makanan yang baik merupakan salah satu sumber energi untuk perkembangan serta pertumbuhan ikan lele. Banyak sekali pakan tambahan untuk budidaya ikan lele yang berasal dari alam  seperti plankton, anak katak, cacing, keong mas, bekicot, jasad renik, dan masih banyak lagi hewan-hewan kecil yang bisa di manfaatkan sebagai pakan tambahan ikan lele

Namun seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, banyak sekali produsen/pabrik pembuat pakan lele yang memproduksi pakan secara masal (pelet). Memang dengan menggunakan pakan buatan pabrik (pelet), tentunya akan sangat membantu dan memudahkan kita dalam memberi makan untuk budidaya ikan lele.

Dengan menggunakan pakan lele buatan pabrik seperti pelet, prospeknya memang cukup menjanjikan karena dengan penggunaan pelet buatan pabrik lele menjadi lebih cepat besar dalam waktu yang relatif sangat cepat, dengan hanya waktu 2 bulan ikan lele sudah siap untuk di panen.

Namun harga pelet yang semakin kesini semakin mahal harganya, membuat para peternak lele banyak yang mencoba membuat pakan alternatif yang berasal dari bahan organik yang berasal dari alam. Salah satu pakan lele alternatif yang paling banyak di gunakan adalah dengan menggunakan tumbuhan sebagai bahan dasar pembuat  pakan lele alternatif.

Karena jika tetap di paksakan dengan tetap memberikan pelet pabrik untuk pakan sehari-hari lele, maka kemungkinan besar peternak tidak mendapat untung dan hanya dapat "lelahnya" saja dalam budidaya ikan lele, karena jika di kalkulasikan harga beli pakan dengan harga jual lele tidak seimbang.

Untuk mengatasi hal tersebut, menggunakan pakan lele alternati dari tumbuhan  menjadi salah satu jalan keluar yang terbaik. Karena dengan menggunakan metode ini peternak bisa untung berkali-kali lipat, jika di bandingkan dengan tetap menggunakan pakan pabrik.

Ada banyak cara dalam membuat pakan alternatif lele dari tumbuhan yang bisa di gunakan, namun kami hanya membagikan 2 cara dalam membuat pakan lele alternatif dari tumbuhan ini, karena menurut kami 2 cara ini yang paling baik hasilnya.

Berikut adalah 2 cara dalam membuat Pakan Alami Ikan Lele dari Tumbuh-tumbuhan

1. Pakan Ikan Lele Dari Eceng Gondok


Berdasarkan uji coba Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, pakan ikan alternatif atau mandiri dari eceng gondok, dapat menghasilkan pakan dengan kadar protein 32%. konversi pakan ke daging ikan yang dihasilkan sekitar 1,6-1,7.
 
Kadar protein ini sudah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). hal ini membuktikan bahwa eceng gondok dapat dimanfaatkan dan dijadikan sebagai bahan baku pakan alternatif.

Seperti di ketahui, bahwa eceng gondok selama ini dikenal sebagai gulma, dan kehadirannya sudah dirasakan sangat mengganggu bagi perairan waduk, baik bagi peterenak ikan di waduk maupun pengelola waduk tersebut.

Dengan pemanfaatan eceng gondok sebagai alternatif bahan baku pakan ikan ini, maka permasalahan gulma eceng gondok sedikit demi sedikit akan dapat diatasi dengan solusi yang positif.

Cara membuat pakan lele alternatif dari eceng gondok bisa anda lihat dengan memutar video di bawah ini yang kami sematkan dari chainel youtube BBPBAT SUKABUMI.

2. Pakan Ikan Lele Dari Dedaunan


Bahan-bahan yang harus di siapkan :

  • Daun kankung
  • Daun papaya
  • Daun lamtoro
  • Daun turi

Dalam membuat pakan lele alternatif dari tumbuhan ini, kita tetap tidak lepas juga dari bantuan pelet, namun penggunaan peletnya tidak terlalu banyak yang di butuhkan. 

Dengan menggunakan pakan alternatif ini, dalam waktu 2 bulan, dari 1000 bibit lele yang di budidayakan hanya membutuhkan 42 Kg pelet pabrik.

Sedangkan jika dalam budidaya ikan lele dengan menggunakan pakan lelet secara murni tanpa pakan tambahan, paling tidak membutuhkan 80 Kg pelet dari 1000 bibit lele.

Cara Pemberian Pakan Lele

  • Minggu pertama, benih lele dengan ukuran panjang 5/7cm di berikan pakan pelet sebanyak 2 Kg
  • Minggu kedua, benih lele di beri pakan pelet sebanyak 3 Kg
  • Minggu ketiga, benih lele di beri pakan pelet sebanyak 4 Kg
  • Minggu keempat, lele baru bisa di beri pakan tambahan seperti daun-daunan tapi masih di beri pakan dari pelet. Pada minggu keempat ini, lele di berikan pakan pelet sebanyak 4 Kg, daun kangkung sebanyak 1 Kg, daun papaya sebanyak 2 Kg, daun lamtoro sebanyak 1 Kg, dan daun turi sebanyak 2 Kg. Untuk pemberian pakan tambahan seperti daun-daunan ini harus di potong kecil-kecil untuk mempermudah dalam memaknnya.
  • Minggu kelima, lele di beri pakan pelet sebanyak 5 Kg, daun kangkung sebanyak 2 Kg, daun papaya 2 Kg, daun lamtoro sebanyak 1 Kg, dan daun turi sebanyak 2 Kg.
  • Minggu keenam, lele di beri pakan pelet sebanyak 6 Kg, daun kandkung sebanyak 3 Kg, daun papaya sebanyak 3 Kg, daun lamtoro sebanyak 2 Kg, dan daun turi sebanyak 3 Kg.
  • Minggu ketujuh, lele di beri pakan pelet sebanyak 8 Kg, daun kangkung sebanyak 4 Kg, daun papaya sebanyak 4 Kg, daun lamtoro sebanyak 2 Kg, dan daun turi sebanyak 4 Kg.
  • Minggu kedelapan, lele di beri pakan pelet sebanyak 10 Kg, daun kangkung sebanyak 5 Kg, daun papaya sebanyak 5 Kg, daun lamtoro sebanyak 3 Kg, dan daun turi sebanyak 5 Kg.

Pada saat minggu ke 6, dalam pemberian pakan daun-daunan tidak perlu di potong kecil-kecil lagi, karena setelah mengincak usia 6 minggu lele sudah besar dan kuat. Untuk daun kangkung sendiri anda bisa menggantikannya dengan daun singkong.

Demikian artikel yang saya sajikan kali ini tentang pakan ikan lele alternatif dari tumbuh-tumbuhan. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda yang membutuhkannya.

0 Response to "Tips CERDAS! Cara Membuat Pakan ( Makanan ) Ikan Lele Alternatif Dari Tumbuhan Yang Paling Baik "

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan