Keunggulan dan Cara Aplikasi Herbisida Rumpas Untuk Tanaman Padi Sawah, Cabe, Bawang Merah, dan lainnya - kliktani.com

Keunggulan dan Cara Aplikasi Herbisida Rumpas Untuk Tanaman Padi Sawah, Cabe, Bawang Merah, dan lainnya


Cara aplikasi herbisida Rumpas untuk tanaman padi sawah -  Herbisida Rumpas termasuk herbisida terbaik untuk padi, karena aplikasi Herbisida Rumpas bisa di gunakan pada semua jenis dan varietas padi, baik padi Gogo (inpago) maupun vatietas padi irigasi (inpari, Ciherang, dan lainnya), selain itu juga toksisitas herbisida ini juga aman di gunakan pada jenis padi yang ditanam secara Tabela.

Rumpas 120 EW merupakan herbisida selektif yang bekerja secara kontak dan juga sistemik, Rumpas juga termasuk kedalam herbisida purna tumbuh yang mampu mengendalikan gulma pada tanaman padi, bawang merah, cabai, kacang panjang, dan tanaman lainnya.

Pada tanaman padi sawah, rumpas cukup efektif dalam mengendalikan gulma berdaun sempit yang terkenal bandel seperti rumput grintingan, teki, pepadian, dan gulma berdaun sempit lainnya. Begitupun dengan gulma pada tanaman cabe, mentimun, bawang merah Herbisida rumpas cukup piawai dalam mematikan gulma penggangu.

Selain mampu mengendalikan gulma, Herbisida rumpas juga memiliki kandungan zat pengatur tumbuh (ZPT) yang bagus untuk tanaman. Sehingga pada saat aplikasi (penyemprotan), padi dan tanaman lainnya tidak akan mengalami masa stres setelah penyemprotan herbisida ini.

Keunggulan Herbisida Rumpas 120 EW 

1. Sangat efektif mengendalikan gulma golongan rumput-rumputan:
  • Echinochloa crusgalli (sari betteng, jawan, jajagoan)
  • Echinochloa colonum (sari betteng, jawan, jajagoan)
  • Leptochloa sp (sari ace-ace, reu, dengkulan)
2. Daya kerja sangat cepat, gulma akan berhenti tumbuh 2-3 hari setelah aplikasi dan gulma akan mati total dalam waktu 1-2 minggu

3. Tidak perlu menyiang, hemat tenaga kerja

Cara Aplikasi Rumpas Untuk Tanaman Padi, Cabe, dan Lainnya

Sebagai herbisida selektif yang memiliki kandungan ZPT, herbisida rumpas yang berbahan aktif fenoksaprop-p etil (fenoxaprop-P-ethyl) 120 g/l juga mudah untuk aplikasikan (di gunakan), Karena herbisida ini berbentuk emulsi minyak dalam air. Sehingga penggunaanya atau aplikasinya menjadi mudah.

Namun perlu dikatahui, karena Rumpas 120EW adalah herbisida berbentuk EW (emulsi minyak), maka sebelum aplikasi kocoklahlah terlebih dahulu botol kemasan rumpas agar  kandungan bahan aktifnya merata.

Setelah di kocok barulah campur herbisida rumpas kedalam air, dengan dosis 100 - 200 ml/ha dengan penyemprotan voleme tinggi. Dan untuk cara pemakaian herbisida rumpas untuk tanaman seperti cabe, bawang merah, dan lainnya bisa dilihat dibah ini.

  • Bawang merah : gulma berdaun lebar Alternanthera sesilis, Amaranthus sp., gulma berdaun sempit Digitaria adcendens, teki Cyperus iria (Penyemprotan volume tinggi : 2 ml/l )
  • Budidaya kacang tanah : gulma berdaun sempit Cynodon dactylon, Digitaria ciliaris, teki Cyperus rotundus (Penyemprotan volume tinggi : 1,5 - 2 ml/l)
  • Cabai : gulma berdaun sempit Digitaria ciliaris, Eleusine indica, teki Cyperus iria (Penyemprotan volume tinggi : 1,5 - 3 ml/l)
  • Kacang hijau : gulma berdaun sempit Echinochloa colonum, Eleusine indica, teki Cyperus iria (Penyemprotan volume tinggi : 1,5 - 2 ml/l)
  • Kacang panjang : gulma berdaun sempit Echinochloa colonum, Digitaria ciliaris, teki Cyperus iria (Penyemprotan volume tinggi : 1,5 - 2 ml/l)
  • Kedelai : gulma berdaun sempit Echinochloa colona (Penyemprotan volume tinggi : 0,1875 - 0,375 l/ha)
  • Kedelai : teki Cyperus iria (Penyemprotan volume tinggi : 0,375 - 0,75 l/ha)
  • Ketimun : gulma berdaun lebar Paspalum conjugatum, teki Fimbristylis spp. (Penyemprotan volume tinggi : 1,5 - 3 ml/l)
  • Nanas : gulma berdaun sempit Digitaria sp., teki Cyperus iria (Penyemprotan volume tinggi : 1,5 - 2 ml/l)
  • Padi sawah : gulma berdaun sempit Echinochloa crus-galli (Penyemprotan volume tinggi : 100 - 200 ml/ha)  

 
Demikianlah ulasan tentang keunggulan dan cara aplikasi herbisida rumpas 120 EW untuk tanaman padi, cabe, bawang, dan lainnya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimaksih

0 Response to "Keunggulan dan Cara Aplikasi Herbisida Rumpas Untuk Tanaman Padi Sawah, Cabe, Bawang Merah, dan lainnya"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan