11 Jenis Tanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) Yang Paling Banyak Di Cari Orang - kliktani.com

11 Jenis Tanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) Yang Paling Banyak Di Cari Orang

tanaman toga

Tanaman obat kelurga yang disingkat menjadi tanaman TOGA merupakan jenis -jenis tanaman yang di budidayakan di sekitar rumah atau kebun. Tanaman toga memilki banyak manfaat, ada yang berkhasiat sebagai obat penyembuh sakit gigi, pencernaan, dan lain-lain.

Selain sebagai tanaman obat keluarga, tanaman toga juga bisa di fungsikan sebagai tanaman hias, karena banyak dari jenis tanaman ini yang memang memiliki keindahan sebagai penghias pekarangan rumah.

Tanaman toga banyak sekali jenisnya, karena memang hampir semua jenis tanaman bisa digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai macam penyakit.

Karena banyak yang mencari tanaman obat keluarga, maka ini tidak menutup kemungkinan membuka peluang bisnis rumah yang menjanjikan.

Namun dari banyaknya jenis tanaman toga, hanya ada beberapa saja yang banyak di cari oleh masyarakat, dan tentunya memiliki nilai ekonomis.

Berikut ini akan kami ulas 11 jenis tanaman obat keluarga (Tanaman Toga) yang memiliki khasiat dan banyak di cari oleh masyarakat.


1. Kunyit 

Kunyit merupakan salah satu tanaman toga yang banyak di cari oleh masyarakat, kunyit biasanya digunakan sebagai bumbu dapur. Kunyit juga bisa mengobati berbagai macam penyakit, diantaranya : menyembuhkan penyakit maag, menurunkan kadar lemak, dan kolesterol dalam darah, mengatasi rasa mual, pembalut luka dan menghilangkan gatal - gatal pada kulit. Kunyit juga bisa di gunakan sebagai anti mikroba, pencegah kanker, anti oksidan

2. Jahe

Tanaman jahe ini sudah cukup dikenal sebagai salah satu jenis tanaman toga, Khasiat jahe dapat menghangatkan tubuh dikala musim hujan (dingin). 

Selain itu beberapa penyakit juga dapat diatasi oleh jahe antara lain : menyembuhkan batuk, meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh, mangobati masuk angin, obat sakit kepala, mengatasi mabuk darat dan laut, obat luka memar dan menghambat oksidasi kolesterol.

3. Kencur

Tanaman Toga yang ke 3 adalah Kencur, Tanaman obat keluarga ini dapat juga digunakan sebagai bumbu dapur yang digunakan umumnya untuk membuat sayur bening. Beberapa khasiat kencur antara lain adalah ; untuk memperlancar haid, menghilangkan rasa lelah, mengatasi batuk, dan anti peradangan lambung.
 

4. Brotawali 

Tanaman brotowalu ini biasanya tumbuh dengan liar di daerah atau tempat yang panas. Rasanya tanaman toga yang satu begitu pahit. Akan tetapi dibalik rasanya yang pahit tersebut, tersimpan khasiat yang luar bisa dalam mencegah dan mengobati berbagai penyakit diantaranya : mempercepat penyembuhan luka, mengatasi penyakit kulit,, menurunkan demam, mengobati kencing manis, dan sakit rematik.

5. Daun Kemangi

Tanaman kemangi berkhasiat sebagai penetralisir racun yang mungkin terbawa masuk saat kita sedang makan, Selain sebagai penetralisir makanan tanaman obat keluarga yang satu ini juga memiliki banyak sekali manfaat dan khasiatnya.

Berikut adalah khasiat dari tanaman kemangi; menambah stamina pria (sel sperma), mencegah kemandulan, sebagai antiseptik alami, memperbaiki fungsi hati, memperkuat sistem iumun tubuh, mencegah ejakulasi dini, mencegah bau badan, menurunkan kadar gula darah, mencegah tulang kropos, memperlancar asi dan menghilangkan jerawat.

6. Daun Dewa

Daun dewa memiliki ragam manfaat dan khasiat yang sangat banyak, mulai dari daun hingga akar memiliki kandungan minyak atsiri, flavonoid, dan saponin yang berlimpah, sehingga dapat menyembuhkan berbagai penyakit. 

Penyakit yang dapat diatasi oleh daun dewa ini adalah: menurunkan demam, mengobati tekanan darah tinggi, obat diabetes (kencing manis), obat pereda nyeri, memar dan luka akibat gigitan binatang. 

Selain itu tanaman obat keluarga ini juga berkhasiat sebagai penghilang racun dalam tubuh,
dan dapat juga di fungsikan sebagai pelancar aliran darah.

7. Sirih

Daun sirih dapat fungsi kan sebagai pengkuat enamel gigi dan juga mampu membunuh bakteri yang aktif yang ada dalam mulut. Selain itu daun sirih juga berkhasiat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti mimisan, sakit gigi, gusi bengkak, bisul, bau badan, bau ketiak, menghilangkan penyakit kulit, melancarkan datang bulan tidak teratur, mengatasi batuk, sariawan, mempercepat proses penyembuhan luka bakar, demam berdarah dan obat kumur alami untuk membunuh bakteri aktif dalam mulut.

8. Lidah Buaya

Tanaman toga yang ke 8 adalah lidah buaya, khasiat tanaman ini biasanya berhubungan dengan kecantikan seperti digunakan sebagai obat penghilang jerawat, menjaga kesehatan bulu mata, memperkuat rambut dan menghilangkan ketombe, menghilangkan flek hitam pada wajah dan menutup pori-pori wajah yang terlalu besar.

Selain itu, berbagai penyakit juga dapat dicegah dan diobati dengan tanaman obat keluarga yang satu ini diantanyanya : melancarkan peredaran darah, membantu mempercepat proses penyembuhan setelah operasi, menyembuhkan TBC Asma Batuk, anti peradangan, dan menyembuhkan tekanan darah tinggi.


9. Temulawak 

Zat aktif berupa kurkumin pada temulawak terbukti sangat berkhasiat sebagai obat anti peradangan, seperti mengatasi keracunan empedu, dan hepatitis B.

10. Lengkuas

Tanaman Lengkuas memiliki zat aktif galangol, methyl-cinnamae, galangin, sineol, kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat dan amilum. Zat aktif ini terbukti ampuh mengatasi beberapa penyakit diantaranya : melancarkan peredaran darah, membuang toxin dan radikal bebas yang ada dalam tubuh, penambah nafsu makan, menyembuhkan rematik dan limfa, meredakan diare, mengatasi mabuk darat dan laut, dan mencegah tumor.

11. Selederi

Tanaman Toga yang satu ini juga dikenal dengan nama daun sop karena memang seledri salalu di gunakan sebagai pelengkap masakan soto, bakso dan sebagainya. Disamping aromanya yang khas, khasiatnya adalah mengatasi penyakit asam urat dan obat cuci ginjal juga terbilang efektif.


Demikianlah 11 Jenis Tanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) Yang Paling Banyak Di Cari Orang, semoga dengan ulasan ini bisa menambah pengetahuan buat kita semua. Terima Kasih.

0 Response to "11 Jenis Tanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) Yang Paling Banyak Di Cari Orang"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan