Golongan Herbisida Selektif Untuk Berbagai Jenis Tanaman - kliktani.com

Golongan Herbisida Selektif Untuk Berbagai Jenis Tanaman

Herbisida selektif adalah racun untuk mengendalikan golongan tanaman tertentu. Jadi penggunaan Herbisida selektif sangat diperlukan pada tanaman budidaya, seperti padi, jagung, atau singkong. Karena dengan menggunakan herbisida selektif anda dapat mematikan gulma tetapi tanaman budidaya tidak mati.

Herbisida selektif dapat anda bedakan berdasarkan golongannya, Ada yang termasuk golongan Diuron, Ametrin, Oksifluorfen, Klomazon, dan Karfentrazon.

1. Herbisida Ametrin.

Ametrin merupakan herbisida selektif untuk mengendalikan gulma pada tanaman tebu, nanas, pisang, jagung dan kentang

Ametrin termasuk herbisida golongan methiltio -s-triazine yang merupakan anggota kelompok herbisida triazine. Herbisida ini diaplikasikan sebagai herbisida pra tumbuh maupun pasca tumbuh. 

2. Herbisida Diuron.

Herbisida diuron bersifat sistemik. Herbisida ini biasanya diabsorbsi melalui akar dan ditranslokasikan ke daun melalui batang. 

Pemakaian lewat daun tidak ditranslokasikan lagi. Di dalam tubuh tumbuhan diuron mengalami degradasi, terutama melalui pelepasan gugus metil. 

Herbisida diuron menghambat reaksi Hill pada fotosintesis, yaitu dalam fotosistem II. Dengan demikian pembentukan ATP dan NADPH terganggu.

Diuron merupakan herbisida dari turunan urea. Herbisida ini merupakan herbisida yang selektif dan dipakai lewat tanah, walaupun ada beberapa yang lewat daun. 

3. Herbisida Oksifluorfen

Herbisida yang mengandung bahan aktif Oksifluorfen ditemukan pada tahun 1975 dan dalam penggolongan HRAC (Herbicide Resistance Action Committee) termasuk golongan E atau berdasarkan penggolongan WSSA golongan 14, yaitu diphenyl ester. Oksifluorfen merupakan herbisida auksin sintetis (yang bertindak seperti asam indolylacetic). 

4. Herbisida Klomazon

Sampai saat ini ada sedikit 5 merk herbisida selektif yang memiliki kandungan bahan aktif klomazon, kelima herbisida itu adalah; herbisida WISH 590 EC, HOLDOWN 430 CS, CONDUCTOR 480 EC, COMMAND 480 EC, dan  METRIC 250 ZC.

5. Herbisida Karfentrazon

Jika Herbisida Klomazon memiliki 5 merk dagang yang bisa di perjual belikan, maka untuk herbisida dengan bahan aktif Karfentrazon memiliki 6 merk  yaitu herbiaida HERBISTAR 380/40/8 ME GLUFOSTAR 135/40/7 ME GLYFORORA 365 EW CORACLE 300 EC CANZONE 40 WG dan AFFINITY 52.6 MUP

Ke 6 merk herbisida selektif diatas memiliki kemampuan dan keunggulan yang berbeda-beda pada masing-masing merk herbisida,  Untuk lebih jelas mengenai hal ini kami akan membahasnya di lain waktu dan kesempatan. Terimaksih

0 Response to "Golongan Herbisida Selektif Untuk Berbagai Jenis Tanaman"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan