Cara Kerja (Fungsi) Fungisida Dithane M-45 Untuk Padi, Cabai, Kedelai, Kentang, Jagung, dan Lainnya - kliktani.com

Cara Kerja (Fungsi) Fungisida Dithane M-45 Untuk Padi, Cabai, Kedelai, Kentang, Jagung, dan Lainnya


Fungisida Dithane M-45 merupakan sebuah fungisida yang bekerja dengan cara racun kontak protektif yang berbentuk tepung berwarna kuning kebu-abuan. Fungisida Dithane M-45 berfungsi debagai obat pengendali jamur yang menyerang tanaman Padi, cabai, jagung, dan lainnya.

Cara kerja fungisida Dithane M-45 yaitu membentuk lapisan-lapisan tipis di atas permukaan tanaman dan mengeluarkan senyawa tertentu secara perlahan sehingga mengganggu aktivitas pernafasan jamur. 

Fungisida Dithane M-45 juga mampu mencegah pembentukan spora pada jamur agar tidak menyebar. Keunggulan inilah yang jarang di miliki oleh fungisida sejenis.

Dithane M-45 merupakan sebuah prodak fungisida yang di produksi oleh PT. Dow AgroSciences Indonesia. Fungisida dengan bahan aktif mangkozeb 80% ini bisa digunakan sebagai pengendali penyakit Busuk daun, busuk buah, bercak daun, bercak ungu, cacar daun, gugur daun, mopog, busuk batang, dan karat daun.

Pada laman pestisida.id diketahui bahwa fungisida Dithane hanya di peruntukan untuk komoditas tanaman kentang, kedalai, dan cabai. 

Berikut adalah fungsi fungisida Dithane m-45 pada laman pestisida.id

  • Cabai: penyakit bercak daun Cercospora capsici (Penyemprotan volume tinggi: 6 g/l)
  • Kedelai: penyakit karat daun Phakopsora pachyrhizi (Penyemprotan volume tinggi: 3 g/l)
  • Kentang: penyakit busuk daun Phytophthora infestans (Penyemprotan volume tinggi: 2,4 kg/ha) 

Namun ternyata fungisida ini juga efektif mengendalikan penyakit bercak daun coklat, jamur ustilago, dan hawar daun pada tanaman padi.

Sedangkan pada tanaman jagung dithane juga dapat digunakan sebagai pengendali jamur oncom, busuk pelepah, dan lain-lain.

Fungisida dithane dapat di gunakan dengan cara dilarutkan kedalam air dengan dosis 800 gram/ha. Karena fungisida ini berbentuk tepung, maka aduklah sampai rata hingga seluruh tepungnya larut kedalam air.

Demikianlah Cara kerja (Fungsi) Fungisida Dithane M-45 80WP untuk tanaman padi, cabai, kentang, kedelai, dan Jagung. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Cara Kerja (Fungsi) Fungisida Dithane M-45 Untuk Padi, Cabai, Kedelai, Kentang, Jagung, dan Lainnya"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan