4 Kunci Sukses Budidaya Tanaman Hias Hingga Bernilai Tinggi - kliktani.com

4 Kunci Sukses Budidaya Tanaman Hias Hingga Bernilai Tinggi


Budidaya Tanaman Hias - Bagi para pencinta tanaman hias, budidaya tanaman hias menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan, karena selain dapat menyalurkan hobi, budidaya tanaman hias juga bisa mendatangkan pundi - pundi uang yang cukup besar.

Dalam melakukan budidaya tanaman hias, ada beberapa teknik yang mesti di jalani agar dalam pelaksanaanya tidak mengalami hambatan dan kesulitan, Berikut 3 kendala yang sering dialami dalam kegiatan budidaya tanaman hias

  1. Tanaman hias mati.
  2. Bentuk tanaman hias tidak sesuai atau jelek.
  3. Tanaman terkena penyakit dan hama

Untuk mengantisispasi hal tersebut, ada 2 teknik yang harus di lakukan yaitu; pemupukan dan juga pengendalian penyakit.

Pemupukan adalah hal utama  pada budidaya tanaman hias yang harus dilakukan, karena dengan pemupukan tanaman tidak kekurangan unsur hara, sehingga ia bisa tetap tumbuh dengan sempurna.

Sedangkan untuk pengendalian hama dan penyakit, bisa dilakaukan dengan menggunakan pestisida agar hama dan penyakit tidak menyebar.

Setelah memahami atau mengetahu cara menghadapi hambatan (kendala) dalam budidaya tanaman hias, hal selanjutnya adalah membuat tanaman hias menjadi bernilai tinggi (mahal).

Ada 7 kunci sukses budidaya tanaman hias, hingga tanaman hias tersebut bisa bernilai ekonomis yang tinggi.

1. Memilih Jenis Tanaman Hias

Untuk memeilih jenis tanaman hias yang akan di budidayakan, sebaiknya memilih jenis tanaman yang memang memiliki nilai jual yang mahal namun mudah perawatanya. Seperti Budidaya tanaman hias anggrek, atau kaktus.

2. Merawat Tanaman

Setelah memilih jenis tanaman hias yang akan di budidayakan, hal kedua yang harus di lakukan adalah merawat tanaman dengan baik dan benar.

Pada umumnya dalam merawat tanaman hias tidaklah sulit, hanya perlu pemupukan dan penyiraman. Namun pemberian pupuk dan  intensitas penyiraman berbeda-beda, tergantung jenis tanaman hiasnya.

3. Membentuk Tanaman Hias Menjadi Unik

Poin ke tiga ini sangatlah penting, karena yang namanya tanaman hias haruslah indah di pandang mata. Namun keindahan juga belum cukup untuk membuat tanaman hias bernilai tinggi.

Maka bentuklah tanaman hias menjadi suatu bentuk yang berbeda dari pada bentuk pada umumnya, karena prinsifnya sesuatu yang langka akan memiliki nilai jual yang tinggi.

Contohnya, jika anda membudidayakan tanaman hias bonsai, maka bentuklah lekukan-lekukannya  menjadi sebuah huruf atau lafadz yang menandakan sesuatu, seperti lafadz Allah misalnya. Jadi bentuklah tanaman hias menjadi seunik mungkin.

4. Strategi Pemasaran

Setelah berhasil melakukan ketiga poin diatas, berarti itu tandanya telah sukses (berhasil) dalam budidaya tanaman hias.

Langkah ke 4 ini menjadi kunci keberhasilan karena dengan strategi pemasaran yang tepat, tanaman hias akan cepat terjual jual dengan harga yang tinggi.

Untuk memasarkan tanaman hias agar cepat terjual, kita bisa menggunakan promosi di berberapa media social, seperti instagram, facebook, whatsapp atau lainnya.

Demikianlah 4 Kunci sukses budidaya tanaman hias hingga bernilai tinggi, semoga artikel ini bisa bisa memberi insfirasi buat anda yang mau mencoba dalam berbisnis budidaya tanaman hias. Terimakasih.

0 Response to "4 Kunci Sukses Budidaya Tanaman Hias Hingga Bernilai Tinggi"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan