Waktu dan Dosis Pupuk NPK Untuk Tanaman Hias Yang Tepat dan Sesuai. - kliktani.com

Waktu dan Dosis Pupuk NPK Untuk Tanaman Hias Yang Tepat dan Sesuai.


Bagi anda yang baru menanam tanaman hias di dalam pot, biasanya suka kesulitan dalam menentukan dosis pemberian pupuk NPK untuk tanaman hias, karena jika melebihi dosis maka tanaman hias bisa mati, tetapi jika dosis pemberian pupuk NPK sedikit atau kurang, maka hasilnya akan sia-sia.

Dalam pemberian pupuk NPK untuk tanaman hias ada dua kunci utama dalam penggunaan, yang pertama adalah waktu pemupupukan tepat, dan yang kedua adalah takaran dosis pupuk yang sesuai.

1. Waktu Pemberian Pupuk

Waktu yang tepat pemberian pupuk NPK adalah ketika tanaman hias belum mengalami kekurangan unsur hara dan vitamin, karena jika tanaman hias yang di tanam dalam pot kekurangan nutrisi maka, proses pemupukan menjadi tidak efektif.

Seperti kata pepatah "Lebih baik mencegah dari pada mengobati". Hal inpun berlaku pada tanaman, ketika tanaman kekurangan hara maka pertumbuhannya akan melambat, dan tanaman hias mudah terkena jamur dan bakteri.

Lebih parahnya jika waktu pemupukan di lakukan pada saat yang tidak tepat, seperti tanaman hias yang  sedang terkena penyakit, maka pemupukan NPK untuk tanaman hias menjadi tidak berguna.

Karena fungsi pupuk NPK bukan untuk penyembuhan penyakit tetapi menyediakan unsur hara yang di butuhkan tanaman, oleh sebab itu tanaman hias yang sudah di beri pupuk dengan tepat pasti lebih subur dan kuat melawan penyakit.

Jadi, Waktu yang tepat dalam pemberian pupuk NPK untuk tanaman hias adalah pada saat tanaman hias dalam kondisi atau keadaan sehat.

2. Dosis Pupuk NPK Untuk Tanaman Hias

Dosis pemberian pupuk NPK untuk tanaman hias sangat krusial, karena jika salah dalam menentukannya takarannya resikonya tanaman hias yang anda budidayakan akan mati jika pemberian pupuknya berlebihan.

Namun jika pupuk NPK yang di gunakan dosisnya terlalu sedikit, maka hasilnya tidak akan berpengaruh terhadap tanaman, itu sama saj membuang - buang waktu, tenaga, dan juga biaya.

Dosis yang tepat untuk pemupukan tanaman hias dengan menggunakan pupuk NPK adalah dengan mengikuti kaidah NPK 10-15-9. 
  • 10% unsur Nitrogen (N)
  • 15% unsur Phosfat (P)
  • 9% unsur Kalium (K)

Jika anda sulit menemukan pupuk NPK 10-15-9, anda bisa membuat pupuk NPK dengan mencampur  UREA 10 gram, SP-36 15 gram, dan KCL 9 gram. Dosis pupuk NPK 10-15-9 ini bisa digunakan untuk 1 buah tanaman hias sejenis bunga anggrek. Untuk tanaman hias palem dosisnya di kali 10.

Jadi jika anda mempunyai tanaman hias lebih dari satu maka tinggal di kalkulasi saja berapa keperluan dosis pemberian pupuk NPK nya.

Demikianlah ulasan singkat tentang "Waktu dan Dosis Pupuk NPK Untuk Tanaman Hias", Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

0 Response to "Waktu dan Dosis Pupuk NPK Untuk Tanaman Hias Yang Tepat dan Sesuai."

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan