Varietas dan Jenis Jenis Pepaya Berikut Dengan Ciri-cirinya - kliktani.com

Varietas dan Jenis Jenis Pepaya Berikut Dengan Ciri-cirinya

Bisakah anda membedakan antara veriatas pepaya California dengan pepaya madu?. Jika pertanyaan ini kita sampaikan pada petani pepaya atau pedagang buah, pastilah mereka mengetahui jawabanya. Mana yang jenis pepaya Calina, pepaya red lady, atau pepaya madu.

Pepaya adalah tanaman asli yang berasal dari negara Meksiko, dan kini sudah beredara luas diseluruh penjuru dunia terutama di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia.

Di Indonesia banyak sekali jenis pepaya yang di budidayakan, mulai dari hasil kultivar IPB sampai pepaya yang di peroleh dari impor.

Berikut ini adalah varietas atau jenis - jenis pepaya berikut dengan ciri - cirinya;

1. Pepaya Arum Bogor

Ciri pepaya Arum Bogor bersosok kecil atau mini, bobotnya hanya sekitar 0,63 kg hingga praktis untuk dikonsumsi.

2. Pepaya Prima Bogor

Ciri dari pepaya Prima Bogor adalah daging buahnya berwarna merah, bobot hingga 2.257 kg dan dapat bertahan selama 1 minggu masa penyimpanan.

3. Pepaya Carisya

Ciri dari Pepaya Carisya yaitu berdimensi kecil sehingga praktis dikonsumsi untuk satu orang. Kulit buah halus mulus, berwarna hijau tua, rasa daging buah sangat manis, daging buah agak kenyal dan berwarna merah jingga, tidak ada berbau "burung" sehingga banyak disukai oleh konsumen. 

Kadar gula dari pepaya carisya adalah 140 briks. Carisya lebih tahan tungau dibandingkan dengan Arum Bogor.

4. Pepaya Sukma

Pepaya Sukma memiliki keunggulan daging buah yang benar-benar merah. Ketika matang, warna kulitnya bersemburat kuning pada bagian ujung buah. Bobot dapat mencapai2 kg. Cocok untuk dikonsumsi oleh satu keluarga besar.

5. Pepaya Mas / Golden


Ciri pepaya mas atau Golden sangatlah berbeda dari pepaya yang lain, kulit buah pepaya mas berwarna kuning sejak dari kecilnya, yang menandakan buah ini sudah masak aatau belum terletak pada tekstur dagingnya. jika masih keras berarti pepaya Mas belum matang.

6. Pepaya bangkok

Pepaya bangkok merupakan pepaya yang diintroduksi dari Thailand. Ciri dari buah pepaya yang satu ini permukaan buahnya tidak rata dan kulit luarnya relatif tipis, sehingga sulit dikupas. Kelebihannya, dagingnya manis dan berair. Buahnya berukuran besar bisa mencapai 6 kg/buah.

7. Pepaya Hawaii

Ini adalah pepaya kultivar hibrida unggul dari Hawaii. Buahnya yang kecil-kecil dan rasanya yang manis disukai oleh konsumen yang biasanya berasal dari barat. 

8. Pepaya Red Lady


Ciri pepaya Red Lady adalah rasa buah yang lebih manis dari pada pepaya Calina, ukuran buah lebih besar, dagingnya sangat kenyal walaupun kulit buah sudah jingga.

9. Pepaya Calina / California

Pepaya calina memiliki ciri yang khas pada permukaan kulit buahnya yang sangat mulus, dan berwarna hijau. Bila dibelah daging buahnya berwarna Jingga kemerahan dengan rasa yang lezat. 

Daging buahnya tebal dan lembut. Bobot dapat mencapai 1,5 kg dengan tingkat kemanisan 110 briks. Kadar gulanya lebih tinggi dari pepaya Cibinong yang berkadar gula 9-100briks.

10. Pepaya Gantung

Pepaya gantung adalah jenis pepaya jantan, jikapun pohon ini berbuah, buah pepaya gantung tidak semanis buah pepaya pada umumnya. 

Demikianlah 10 jenis pepaya dan ciri - cirinya, semoga tulisan tentang jenis  pepaya ini bisa bermanfaat luas bagi kita semua. Terimakasih.

0 Response to "Varietas dan Jenis Jenis Pepaya Berikut Dengan Ciri-cirinya"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan