Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi dan Dosis Fungisida Delsene MX 80 WP

Fungisida Delsene

Fungisida Delsene MX 80 WP merupakan produk unggulan dari PT. DuPont Indonesia, Delsene MX 80 WP ini merupakan fungisida yang bekerja dengan racun kontak dan sistemik, dengan 2 kandungan bahan aktif  MANCOZEB 73.8%, dan CARBENDAZIM 6.2%. Fungisida Delsene MX 80 juga memiliki kandungan  ZPT yang baik untuk tanaman.

Fungisida Delsene ini berbentuk tepung berwarna kuning pucat yang dapat emulasikan untuk mengendalikan jamur pada tanaman bawang merah, cabe, cengkeh, jagung, kacang tanah, karet, kentang, padi sawah, tembakau, tomat.

Racun kontak yang terdapat pada Delsene MX bekerja dengan cara mematikan dan mencegah stadia pertumbuhan jamur patogen, sedangkan racun sistemik dapat mencegah penyebaran jamur patogen secara epidemis dalam jaringan tanaman.

Bahan aktif MANCOZEB 73.8% yang terdapat pada Delsene MX merupakan bahan aktif fungisida kontak yang  berspektrum luas, bekerja secara protektif Menghambat metabolisme lemak, respirasi dan produksi.

Bahan aktif  mancozeb berfungsi mengendalikan berbagai penyakit, misanyal hawar daun, bercak daun, karat, downy mildew, kudis/scab,early/late blight, sigatoka, damping off, yang biasa menyerang pada jenis tanaman buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran,tanaman hias, dan lain-lain.

Sedangkan bahan aktif CARBENDAZIM 6.2% bekerja secara sistemik dengan cara protektif dan kuratif yang diserap melalui akar, dan jaringan hijau lain. Setelah itu ditranslokasikan secara acropetal dengan cara menghambat perkembangan germ tubes, pembentukan appresoria, dan pertumbuhan miselium patogen.

Bahan aktif Carbendazim dgunakan secara foliar, untuk mengendalikan penyakit yang diakibatkan oleh jamur seperti ; Septoria, Fusarium, Erysiphe, Pseudocercosporella Sclerotinia, Alternaria, Cylindrisporium, Cercospora Uncinula, Botrytis, Cladosporium, Venturia, Podosphaera dan Monilia.

Fungsi dan Dosis Fungisida Delsene MX 80 WP.


Dosis fungisida Delsene MX 80 WP adalah 1 - 2 gram/liter air atau 15 - 30 gram per tengki, ukuran dosis Delsene ini merata untuk seluruh jenis tanaman.

Berikut ini fungsi fungisida Delsene untuk masing-masing tanaman.
  1. Bawang merah: penyakit bercak daun alternaria porri.
  2. Cabe: penyakit antraknosa colletotrichum capsici, penyakit bercak daun cercospora sp.
  3. Cengkeh: penyakit cacar daun phyllosticta sp.
  4. Jagung: penyakit hawar daun helminthosporium turcicum.
  5. Kacang tanah: penyakit bercak daun cercospora sp.
  6. Karet (di pembibitan): penyakit gugur daun colletotrichum gloeosporioides.
  7. Kentang: penyakit busuk daun phytophthora infestans.
  8. Padi: meningkatkan persen gabah, isi bobot gabah kering giling.
  9. Padi sawah: penyakit bercak daun cercospora sp, penyakit blast pyricularia oryzae, penyakit hawar pelepah rhizoctonia oryzae.
  10. Tembakau (di persemaian): penyakit rebah batang phytophthora sp, Pythium sp, dan rhizoctonia sp.
  11. Tomat: penyakit busuk daun phytophthora infestans.
Demikianlah ulasan tentang Fungsi dan Dosis fungisida Delsene MX 80 WP, Semoga artikel singkat ini bisa membantu dalam mengendalikan hama dan merawat tanaman anda. Terimakasih.

Post a Comment for "Fungsi dan Dosis Fungisida Delsene MX 80 WP"