Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Tanam dan pemupukan Padi Sertani 14 Yang Benar

Dalam membudidayakan padi Sertani 14 ada dua hal yang penting yang harus dilakukan oleh petani, agar padi sertaninya bisa tumbuh sesuai dengan harapan mereka, dua hal tersebut yaitu Metode atau Cara Tanam Padi Sertani 14, dan Pemupukan Padi Sertani 14.

Melihat malainya yang panjang dengan bulir padi hampir mencapai 700, hampir seluruh petani terpesona dengan varietas padi galur Lampung yang di beri nama PADI SERTANI, 

Apa lagi dengan keluarnya Padi Sertani 14 hasil modifikasi yang mampu memproduksi anakan padi sertani lebih banyak, makin membuat petani kepincut untuk mencoba menanamnya.

Kedua hal diatas terbilang sangat perlu dilakukan ketika membudidayakan padi Sertani 14 karena jika tidak maka kemungkinan hasilnya akan mengecewakan.

Karena sudah banyak petani yang kecewa dengan padi galur Lampung ini, yang tidak sesuai dengan ekspetasi mereka, ketika pertama kali membeli benih padi Sertani 14.

Untuk menghindari kurang optimalnya pertumbuhan padi Sertani 14 maka ikutilah Cara Tanam dan Pemupukan Padi Sertani 14 Berikut ini:

CARA TANAM PADI SERTANI 14


Lakukan pengolahan tanah yang baik, karena hal ini sangat krusial dalam semua budidaya padi (bukan hanya Sertani). Tanah yang baik untuk di tanami padi sertani  14 adalah tanah yang mempunyai unsur hara yang cukup dengan kondisi berlumpur pekat.

Untuk Penggunaan benih padi sertani 14, gunakanlah 15 –sampai 20 kg/Ha jika menggunakan metode pindah tanam (tandur).

Persemaian


Buat bedengan selebar 130cm, beri pemupukan 2 hari sebelum persemaian dengan pupuk urea 10kg, TSP 5kg, dan KCL 3kg setiap 100m2
Beri pengairan secukupnya pada persemaian.
Taburkan benih merata dengan ukuran 1kg benih untuk luasan 60m2.

Pindah Tanam


Lakukan pindah tanam pada umur 15-18 hari setelah sebar atau pada saat bibit memiliki 4-5 helai daun.
Jarak tanam 20×20 cm setiap lubang diisi 3 bibit atau ditanam jajar legowo ganda (rekomended)

CARA PEMUPUKAN PADI SERTANI 14


Pra tanam : Organik 1 ton
Umur 7-10 HST : Urea 100kg, TSP 150kg, KCL 100kg
Umur 18-22 HST : Urea 100kg
Umur 40-45 HST : Urea 100kg, KCL 100kg

Dosis pemupukan padi settani 14 diatas  untuk ukuran luas lahan 1 hektare, jika luas lahan lebih luas atau lebih kecil maka penggunaan pupuk disesuaikan dengam kondisi luas lahan tersebut.

Demikianlah Cara Tanam dan Pemupukan Padi Sertani 14, Semoga bermanfaat, Terimakasih

1 comment for "Cara Tanam dan pemupukan Padi Sertani 14 Yang Benar"

  1. Benih ya itu mahal. BuAt yg akan menanam. Jadi ragu...nanamya.supaya orang kampung. Itu terpencut jika tetangga ya sudah berasil...

    ReplyDelete